MACAM-MACAM MEDIA PEMBELAJARAN

Pada artikel sebelumnya saya telah menyampaikan dasar-dasar dari media pembelajaran. Dimana, media pembelajaran merupakan semua media yang digunakan dalam pembelajaran untuk mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran.

Loading...

Menurut Heinich dkk. (2002, p. 10) pada dasarnya ada 6 (enam) jenis media pembelajaran yaitu: Teks, Audio, Visual, Gambar bergerak, Miniatur atau obyek manipulatif, dan Manusia. Media ini bisa dikombinasikan sedemikian rupa sesuai kebutuhan pembelajaran dan pengajaran.

Macam-macam media pembelajaran menurut Laurillard

Dari perspektif pengajaran Laurillard (1993) menggolongkan menjadi beberapa media pembelajaran. Media pembelajaran tersebut secara singkat diuraikan sebagai berikut:

  • Media Naratif. Media naratif adalah media presentasi linier yang meliputi media cetak (teks dan grafik), audio, audio visual, dan siaran televisi atau film. Media naratif sering juga disebut media presentasi yang digunakan guru untuk menyampaikan informasi pada siswanya. Media ini tidak interaktif, ia tidak mampu menanggapi respon dari audiens. Siswa hanya belajar dari isi maupun petunjuk dari media ini.
  • Media Interaktif. Media interaktif adalah media presentasi yang meliputi hiperteks, hipermedia, multimedia, dan material berbasis web yang dikirimkan melalui internet. Pada dasarnya media ini adalah media linear yang disampaikan dalam lingkungan terbuka yang dapat dikendalikan pengguna, baik secara offline maupun online. Pada dasarnya linear, media ini seperti media biasa hanya saja menawarkan pengalaman yang lebih luas. Walaupun interaktif, media ini tidak dapat diubah oleh pengguna. Media didesain sedemikian rupa sehingga mampu menawarkan akses terbuka ke bagian mana pun dari materi, berurutan atau tidak, memungkinkan respons pengguna walaupun terbatas. Istilah interaktif yang mendukung aksi timbal balik tidak menyiratkan kesetaraan antara siswa dan media/guru. Namun, “interaktif” lebih pada istilah seni, dan maknanya telah berubah. “Interaktif” saat ini mengacu pada media di mana pengguna dapat menavigasi dan memilih konten pembelajaran sesuka hati. Konten-konten tersebut dapat berupa teks, grafik, audio, video, atau kombinasi dari semuanya.
  • Media Adaptif. Media adaptif adalah media berbasis komputer yang mampu menyesuaikan dengan respons pengguna. Walaupun tidak terjadi bentuk timbal balik yang sepenuhnya, seperti halnya komunikasi antar manusia, di mana ada kesetaraan respon antara kedua pihak dalam interaksi komunikatif. Program adaptif menggunakan kemampuan pemodelan program komputer untuk menerima input dari pengguna, mengubah keadaan model, dan menampilkan output yang dihasilkan sesuai dengan respon dan perilaku pengguna. Seakan-akan ia ‘tahu’ apa yang telah dilakukan pengguna di dunianya, dan karenanya dapat memberikan umpan balik intrinsik langsung pada tindakan mereka. Program komputer ini menggunakan algoritma pemrograman yang canggih yang sering disebut “kecerdasan buatan”. Umpan balik sangat penting untuk proses pembelajaran, sebagaimana diakui oleh setiap teori pembelajaran, mulai dari behavioris hingga sosial konstruktivis.
  • Media Komunikatif. Media komunikatif adalah media yang melayani tingkat diskursif Kerangka Percakapan atau komunikasi dua arah. Media ini memiliki tugas untuk menyatukan orang dalam berdiskusi. Diskusi mungkin terjadi antara guru dan siswa, atau antar siswa. Media komunikasi dapat berupa teks / grafik, audio, video, atau kombinasi ketiganya.
  • Media Produktif. Media ini memungkinkan siswa untuk berkontribusi dan menghasilkan sesuatu dalam proses belajar mereka melalui kertas, disket, file, dan jaringan. Meraka mempunyai kesempatan untuk membuat media pembelajaran sendiri, misalnya membuat animasi, model digital, peta, atau lainnya. Kemampuan perangkat lunak saat ini sudah sangat luar biasa, siswa bisa dengan mudah membuat skema model 3D bahkan membuat game menggunakan berbagai game engine. Pada intinya siswa dapat membangun sesuatu dan mereka terlibat secara langsung dengan subyeknya.
Loading...

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional media and technologies for learning. Merrill.

Laurillard, D. (1993). Rethinking University Teaching: A Framework for the Effective Use of Educational Technology. Routledge.

One comment

Tinggalkan Balasan