maglearning.id

Gambar 0 Dimensi (0D)

Piksel atau titik adalah contoh gambar 0 Dimensi. Jarang satu piksel atau titik (baik hitam atau warna) digunakan sebagai gambar yang berdiri sendiri. Piksel atau titik adalah level terendah dari sebuah gambar terutama gambar digital.

Unit paling dasar dari gambar digital akan selalu menjadi piksel atau titik. Ketika sebuah gambar digital digunakan untuk merepresentasikan sesuatu yang sangat kecil sampai tingkat atom dan bahkan sub-atom, gambar tersebut biasanya digambarkan melalui penggunaan banyak piksel untuk memperbesar gambar-gambar yang sangat kecil.

Piksel (pixel) berasal dari kata Picture Element yang disingkat Pixel. Setiap gambar terdiri dari banyak piksel atau titik dengan berbagai tingkatan warna. Semakin banyak jumlah piksel dalam dalam sebuah gambar, maka gambar tersebut akan semakin detail.

Pada gambar di atas kita bisa melihat bahwa sejatinya sebuah gambar itu terdiri dari kumpulan titik-titik. Gambar pertama adalah gambar keseluruhan dari lilin yang menyala, sedangkan gambar kedua adalah ketika gambar tersebut diperbesar. Pada gambar feature (di bawah judul artikel) adalah gambar lilin yang menyala namun disajikan menggunakan jumlah titik yang jauh lebih sedikit.

Banyaknya detail gambar yang tersimpat di sebuah gambar disebut dengan resolusi gambar. Berikut ini sebuah ilustrasi tentang detail sebuah gambar.

Demikian ulasan singkat dari saya tentang gambar 0 Dimensi. Walaupun gambar ini sangat jarang dipakai namun menjadi elemen dasar dari setiap gambar. Terimakasih atas kunjungan ke blog ini….

Exit mobile version