EKONOMI DIGITAL, DARI MANA MULAINYA?

EKONOMI DIGITAL, DARI MANA MULAINYA? – Perkembangan teknologi digital dan internet dalam satu dasawarsa terakhir sungguh menjadi pusat perhatian banyak kalangan. Mulai dari masyarakat umum, dunia bisnis, sampai kalangan akademis tak henti-hentinya mendiskusikan perkembangan teknologi digital dan bagaimana mereka berusaha untuk menerapkannya di berbagai bidang agar tidak tertinggal dengan masyarakat lain.

Bidang ekonomi menjadi kunci bagaimana teknologi digital mengubah secara mendasar perilaku para pelaku ekonomi. Teknologi digital berpotensi untuk mengubah tidak hanya setiap tahap produksi, distribusi, dan konsumsi, tetapi juga mekanisme yang digunakan untuk mengoordinasikan dan mengatur ekonomi.

Ekonomi yang dimediasi secara digital, di mana teknologi digital, data, dan algoritma berada di antara pembeli dan penjual, dikontraskan dengan teori pasar ‘sempurna,’ atau pasar ‘bebas’ yang lebih tradisional. Fitur unik dari pasar yang dimediasi secara digital termasuk efek jaringan dan dinamika pemenang-ambil-semua, dorongan untuk memiliki data eksklusif, dan penggunaan algoritma rahasia.

Sejak “privatisasi” internet di Amerika Serikat yang terjadi pada pertengahan tahun 1990-an, jaringan internet telah berkembang pesat. Perkembangan ini diimbangi oleh gelombang inovasi teknologi informasi, serta di banyak bidang penerapannya, sehingga memunculkan banyak layanan online dan “model bisnis” baru.

Pada periode yang sama, Amerika Serikat mengalami pertumbuhan non-inflasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sebagai hasil dari konjungsi ini, beberapa komentar muncul dan menganggap Internet sebagai jantung dari rezim pertumbuhan baru, yang memenuhi syarat sebagai “ekonomi baru”. Ini berkontribusi pada penciptaan dan kemudian amplifikasi gelembung spekulatif di sekitar bisnis yang terkait dengan internet.

Karena harapan yang tidak berdasar ini tentu bertemu dengan kekecewaan, euforia menghilang pada pergantian abad ke-21. Pada saat yang sama, perkiraan sejumlah ekonom dipastikan posteriori. Prakiraan ini telah menyoroti, pertama, bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) tidak mengarah pada ipso facto ke peningkatan kinerja ekonomi mikro; kedua, bahwa informasi barang dan jasa tidak lepas dari aturan (teori) fundamental ekonomi; dan ketiga, bahwa pertumbuhan Amerika pada 1990-an tidak harus didasarkan pada inovasi yang terkait dengan penggunaan TIK secara eksklusif.

Namun, analisis ini tidak mengklaim bahwa tidak ada yang berubah dengan penyebaran skala besar jaringan digital dan praktik terkaitnya. Teknologi digital sebagai teknologi umum yang mempunyai pengaruh terhadap kinerja ekonomi terkait dengan transformasi dalam praktik di semua dimensi kehidupan ekonomi dan sosial: norma-norma konsumsi, cara produksi, bentuk-bentuk organisasi, dan sebagainya. Dengan cara yang sama seperti penemuan-penemuan besar pada akhir abad ke-19, teknologi ini akan secara radikal mengubah ekonomi, memicu pertumbuhan dan mengubah wajah masyarakat, tetapi hal ini terjadi dalam jangka panjang.

Internet terletak pada pertemuan dua evolusi teknologi yang lebih tua. Teknologi pertama adalah teknologi jaringan telekomunikasi, diciptakan pada abad ke-19 yang berevolusi menjadi elektronik pada paruh kedua abad ke-20. Teknologi kedua adalah penemuan komputer yang juga sejak lama dimulai yaitu sejak era Perang Dunia Kedua.

Saat ini kedua teknologi ini sudah berevolusi sangat radikal dari sisi kecepatan transfer data sampai perangkat yang digunakan. Teknologi wireless telah mengubah cara manusia mengakses internet. Evolusi komputer dari perangkat dengan dimensi sebesar truk menjadi segenggaman tangan dengan penambahan kecepatan proses sampai berkali lipat juga berkontribusi pada perubahan ini.

Transformasi masyarakat, di bawah pengaruh teknologi, telah digerakkan jauh sebelum kemunculan tiba-tiba jaringan jaringan yang karenanya tidak menandai awal dari transformasi terkait TIK. Sebaliknya, terlalu dini untuk menganggapnya sebagai puncak dari teknologi ini.

Mengingat bahwa sebagian besar lintasan perubahan baru saja dimulai, sulit untuk memberi penilaian atas hasil akhir gerakan inovasi yang masih muncul dan tidak stabil. Namun, Internet, dan jaringan digital yang lebih umum, memiliki sifat khusus yang meninggalkan jejak mereka pada sejumlah fenomena yang menjadi dasar mereka: pemrosesan informasi dan sirkulasi, transaksi komersial, koordinasi organisasi, manajemen jaringan, dan sebagainya.

Sejak tahun 1980-an, jaringan telekomunikasi telah membentuk wadah peleburan, di satu sisi, praktik baru dalam pengelolaan “fasilitas publik”, regulasi persaingan, desain layanan jaringan, dll., Dan, di sisi lain, konsep analitis baru sedang berkembang, seperti pengertian pasar, kompetisi “tolok ukur”, penetapan harga “insentif”, dll., yang kemudian diterapkan pada semua industri. Demikian pula, Internet yang memunculkan praktik-praktik inovatif yang menyerukan konseptualisasi baru.

Ada tiga alasan utama yang menjelaskan peran ganda Internet sebagai katalisator praktik dan teori. Pertama, Internet adalah federasi planetary dari jaringan digital, yang potensi teknisnya, terutama kemampuan untuk bertindak sebagai media modalitas manajemen informasi yang sangat berbeda, menginduksi “digitalisasi” kegiatan yang berkembang: akses ke jaringan yang saling terhubung dan fleksibel ini “menghasut” pelaku ekonomi untuk meningkatkan intensitas informasi layanan mereka dan untuk melipatgandakan pertukaran informasi mereka.

Kedua, logika jaringan modular dan terdesentralisasi ini, berfungsi sebagai platform untuk penyediaan layanan yang didirikan berdasarkan informasi dan inovasi, yang digunakan dalam ruang global, menjadikannya pola dasar ekonomi kontemporer, di mana industri cenderung diatur secara fleksibel namun dengan tampilan standar; daya saing sangat terkait dengan kemampuan untuk berinovasi; produk dan layanan mengalami peningkatan intensitas informasi; dan ruang ekonomi lebih dan lebih transnasional, dll.

Ketiga, inovasi organisasi yang disebabkan oleh jaringan internet digital secara bertahap menyebar ke seluruh struktur ekonomi. Salah satu karakteristik utama Internet adalah kemampuannya memberikan pelaku ekonomi untuk mengontrol informasi dengan sangat halus, sesuai dengan perubahan individual dengan preferensi individu produsen maupun konsumen.

Selain itu, kontrol ini dapat sepenuhnya didesentralisasi melalui penggunaan antarmuka standar. Karakteristik ganda ini menemukan kekhasan Internet sebagai jaringan dan ekonomi digital yang dilayaninya. Karakteristik lain yang sering disebutkan seperti sifat global dan multimedia dari Internet atau pengaruhnya terhadap informasi menjadi faktor yang sangat penting, tetapi sangat mungkin tidak sendirian memberikan kontribusi yang begitu besar pada ekonomi Internet. Ekonomi digital sampai saat ini masih belum menampakkan dirinya secara utuh. Masih banyak bagian-bagian yang belum berhasil dieksplorasi dengan sempurna, termasuk katerkaitan antar bagian.

Namun di sisi lain ia terus berkembang dan sangat berpeluang untuk berevolusi melampaui pemikiran para ahli sekalipun. Ekonomi digital masa depan mungkin masih sangat tergantung dengan teknologi internet di mana kemampuan untuk mengelola informasi dengan cara yang terdesentralisasi dan tersesuaikan dieksploitasi secara besar-besaran oleh produsen maupun konsumen. Namun, tidak tertutup kemungkinan muncul teknologi lain yang membawa perubahan tak kalah radikal. Kita tunggu saja (maglearning.id).

%%footer%%

One comment

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan