AKTIVITAS MATEMAGENIK SISWA

AKTIVITAS MATEMAGENIK SISWA – “Mathemagenic” adalah istilah yang diciptakan oleh Rothkopf pada tahun 1970 untuk merujuk pada “kegiatan-kegiatan yang melahirkan pembelajaran”, seperti “penyesuaian sistematis yang dilakukan oleh mata saat membaca”. Rothkopf mengatakan, “Anda bisa menuntun kuda ke air tetapi hanya air yang masuk ke perutnya yang diminumnya”. Bahkan seorang guru bisa berada dalam posisi yang lebih buruk, ketika seorang guru tidak mampu menjadi penyebab belajar secara langsung, mereka bahkan tidak dapat merasakan pembelajaran siswa terjadi sebagaimana si penuntun kuda yang setidaknya dapat melihat dan mendengar apakah seekor kuda minum dan berapa banyak air yang diminum.

Otonomi pembelajaran siswa dan tidak langsungnya kekuatan guru tentu saja merupakan aspek konstruktivisme. Ini terkait dengan gagasan bahwa tindakan siswa memiliki efek besar pada pembelajaran. Akan sangat membantu guru jika jenis kegiatan siswa dapat dikaitkan dengan jenis pembelajaran. Gagasan aktivitas matemagenik dan upaya untuk mengklasifikasikan jenisnya adalah inti dari pendekatan ini untuk memahami instruksional dan pembelajaran.

Laurillard (1993) berbendapat bahwa konsep kegiatan matemagenik menunjukkan secara persis gagasan bahwa ada kegiatan yang dapat dilakukan siswa yang akan menghasilkan pembelajaran mereka.

Kegiatan matemagenik juga memiliki dua interpretasi, yaitu: generatif ketika diprakarsai oleh siswa, dan pelengkap ketika dipaksakan oleh model pembelajaran.

Ketika perilaku matemagenik dikendalikan atau dimanipulasi oleh atribut desain spesifik pembelajaran, hasilnya bisa menjadi pendekatan reduktif untuk belajar. Siswa menjadi “pemain aktif”, merespons kegiatan yang dipaksakan oleh pembelajaran daripada “peserta didik aktif” di mana peserta didik memaksakan kegiatan metakognitif mereka sendiri untuk menghasilkan hasil belajar yang diinginkan.

Laurillard (1993) mengusulkan model di mana ada 12 aktivitas matemagenik siswa yang berlaku untuk semua bidang pelajaran. Pendekatan dasarnya adalah bahwa hingga saat ini tidak ada perangkat lunak yang mencakup ke-12 aktivitas ini, sehingga pendekatan lengkap apa pun akan menggabungkan perangkat lunak (multimedia, dll.) dengan aktivitas lain.

Model ini bukan tanpa masalah: untuk menjelaskan bagaimana pembelajaran terjadi tanpa dukungan nyata dan pengamatan beberapa kegiatan, kita harus berhipotesis bahwa ini dapat diinternalisasi. Ini mengarah ke prediksi lebih lanjut yang belum diuji dengan benar. Misalnya, bahwa siswa akan melaporkan kegiatan yang diinternalisasi ini ketika diwawancarai, dan bahwa pelatihan keterampilan belajar akan mempersenjatai siswa untuk melakukan kegiatan tersebut secara internal tanpa dukungan lebih lanjut.

12 AKTIVITAS MATEMATIKA LAURILLARD

Deskripsi konseptual

  • Guru menggambarkan konsepsi.
  • Siswa mengekspresikan kembali konsepsi.
  • Guru menjelaskan konsepsi berdasarkan ekspresi atau tindakan siswa.
  • Siswa menjelaskan konsepsi berdasarkan penjelasan guru.

Pengalaman / tindakan pribadi

  • Guru menetapkan tujuan tugas.
  • Siswa melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tugas.
  • Guru memberikan umpan balik atas tindakan tersebut.
  • Siswa memodifikasi tindakan berdasarkan umpan balik.

Refleksi (menghubungkan deskripsi dan pengalaman)

  • Siswa merefleksikan tindakan untuk memodifikasi deskripsi.
  • Siswa menyesuaikan tindakan berdasarkan konsep.
  • Guru menyesuaikan tujuan tugas dengan mengingat deskripsi siswa.
  • Guru merenungkan tindakan untuk memodifikasi deskripsi.

Demikianlah rangkuman sederhana kami mengenai apa itu aktivitas matemagenik siswa. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu kembali dengan maglearning.id.

Referensi:

Laurillard, D. (1993). Rethinking University Teaching: A Framework for the Effective Use of Educational Technology. Routledge.

%%footer%%

One comment

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan