Transformasi Industri dan Pertumbuhan Industri Kreatif di Era Ekonomi Digital

Internet telah mengubah cara kerja industri yang sudah ada, juga mendorong munculnya industri baru. Industri baru ini sebagian besar berbasis pengetahuan atau apa yang kita sebut dengan istilah ‘kreatif’. Transformasi industri yang sudah eksis sangat terkait dengan pengorganisasian ulang operasi bisnisnya. Perusahaan modern sudah beroperasi di berbagai bagian jaringan. Ini telah mengarah pada bentuk organisasi baru, yang disebut sebagai ‘perusahaan jaringan’. Jaringan operasi bisnis ini tidak hanya secara operasional internal produksi barang atau jaringan operasi pelayanan untuk jasa, serta aktivitas pemasaran untuk melayani konsumen yang tersebar di berbagai wilayah geografis, tetapi bisa lebih rumit lagi misalnya jaringan pemasok dan jaringan produksi bersama antar perusahaan. Pendeknya, jaringan proses bisnis perusahaan modern sudah menyangkut dan menyatu dalam bagian input, proses, serta output. Perusahaan ini terletak dalam arsitektur ekonomi global yang jauh lebih rumit daripada beberapa dekade sebelumnya. Tampaknya ekonomi baru ini diatur di sekitar jaringan modal, manajemen, dan informasi global, yang mempunyai akses ke pengetahuan teknologi sebagai akar dari produktivitas dan daya saing. Perusahaan bisnis, dan semakin banyak, organisasi atau institusi diorganisasikan dalam jaringan yang saling terkait menggantikan perbedaan tradisional antar perusahaan dan unit-unit bisnis, melintasi sektor, dan menyebar di berbagai kelompok ekonomi geografis yang berbeda. Walaupun saat ini ekonomi global masih banyak didominasi oleh perusahaan-perusahaan multinasional yang ditenagai oleh modal transnasional, namun perusahaan-perusahaan ini tidak lagi berkuasa. Sebaliknya, banyak perusahaan kecil atau bahkan individu berpeluang dapat bernegosiasi dengan mereka melalui jaringan yang saling terhubung. Inilah yang dipercaya sebagai jalan kemakmuran. Jika kita melihat fenomena ini secara sederhana, maka kita dapat mengidentifikasi elemen positif dari ekonomi baru ini. Dalam lingkungan yang lebih meritokratis, situasi persaingan baru dapat dikatakan telah mampu mengguncang pasar yang didominasi oleh monopolis yang tidak efisien. Keberhasilan perusahaan yang relatif muda seperti Amazon dan eBay dalam mengguncang penjualan buku dan ritel umum membuktikan adanya peluang bagi siapa saja yang memiliki kemampuan untuk meraihnya. Tentu saja bermodal kecerdasan dan kreativitas.

%%footer%%
Pages ( 1 of 5 ): 1 2345Lanjut »

Tinggalkan Balasan