maglearning.id

High Teach dengan High Tech

Pembelajaran dewasa ini semakin mengarah pada pembelajaran menggunakan teknologi tinggi (high tech). Manusia semakin tergantung pada teknologi. Terutama teknologi informasi dan komunikasi yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan setiap orang termasuk urusan belajar.

Pembelajaran yang saat ini sangat masif tengah berubah dari pembelajaran konvensional menuju pembelajaran online (high tech) berkat dorongan wabah pandemi Covid-19. Pembelajaran di masa pandemi menggantungkan pada teknologi dan jaringan internet.

Pembelajaran menggunakan berbagai perangkat canggih tidak serta merta merupakan pembelajaran yang bagus dan dapat diandalkan. Teknologi tetaplah sebuah alat (tools) yang hanya dapat bermanfaat optimal bila digunakan secara tepat. Secanggih apa pun teknologi yang digunakan pembelajaran yang tidak terencana dengan baik tidak akan menghasilkan outcome signifikan bagi perkembangan pengetahuan siswa.

Pembelajaran yang biasa saja tidak langsung berubah menjadi hebat ketika menggunakan teknologi yang hebat sekalipun. Namun, pembelajaran yang hebat juga tidak akan berjalan di masa pandemi ini tanpa bantuan teknologi. Walaupun tidak ada pandemi, pembelajaran yang hebat tentu saja tetap mempunyai keterbatasan tanpa didukung oleh teknologi. Misalnya keterbatasan waktu dan ruang serta kemampuan manusia yang terbatas sehingga seorang guru tidak akan mampu mengajar dengan baik bila jumlah peserta didik di dalam kelas sangat banyak. Lain halnya bila pembelajaran tersebut dirancang menggunakan platform teknologi yang tepat, maka banyak manfaat penting yang diperoleh untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pembelajaran.

Berikut ini adalah kuadran kualitas pembelajaran dan teknologi:

Low teach dengan Low tech

Jelas kombinasi pembelajaran dan penggunaan teknologi seperti ini merupakan kombinasi yang sama sekali tidak kita harapkan. Tidak ada yang bisa kita sandarkan dari pembelajaran semacam ini. Lembaga pendidikan yang mempertahankan pembelajaran semacam ini hanya menunggu waktu kehancurannya. Siswa tidak akan mendapatkan apa-apa selain menyia-nyiakan waktu dan sumberdaya. Jelas ada kesalahan mendasar yang harus cepat diubah oleh pemangku kebijakan. Hampir mustahil tujuan pembelajaran bisa dicapai oleh setiap siswanya.

Low teach dengan high tech

Pembelajaran semacam ini juga tidak akan berguna bagi perkembangan siswa. Penggunaan teknologi canggih tidak akan berarti apa-apa selain menghabiskan dana dan sumberdaya. Tidak ada yang mampu dipromosikan oleh teknologi bila memang pembelajarannya tidak berguna. Siswa hanya akan belajar ala kadarnya bahkan cenderung akan mendapatkan dampak negatif dari pembelajaran yang tidak sesuai dengan harapan mereka. Teknologi hanyalah sebuah alat yang mampu mendorong pembelajaran yang baik agar lebih optimal. Pembelajaran yang biasa saja tidak akan bisa diubah hanya dengan penerapan teknologi. Harus ada perubahan pada sistem pembelajaran sebelum menggunakan teknologi. Analisis komponen komponen sistem pembelajaran harus segera dilakukan untuk melihat penyebab jeleknya pembelajaran.

High Teach dengan Low Tech

Kondisi ini bukan kondisi yang ideal, namun tetap membawa dampak signifikan terutama bagi para siswa di lingkaran utama pembelajaran. Siswa yang siap akan dengan mudah mengikuti alur pembelajaran. Walaupun bagus, pembelajaran seperti ini tetap disayangkan, sebab seharusnya lebih banyak lagi siswa yang bisa mengambil manfaat dari pembelajaran ini. Potensi siswa untuk lebih berkembang juga menjadi terbatas karena sebenarnya masih banyak hal yang bisa dieksplorasi lebih jauh lagi.

Walau bagaimana pun manusia mempunyai banyak kelemahan. Salah satunya adalah masalah konsistensi. Pembelajaran yang baik bisa jadi tidak terjamin akan berulang secara konsisten di masa depan.

High Teach dengan High Tech

Pembelajaran yang baik dan didukung teknologi canggih yang tepat akan semakin meningkatkan kapasitas dan kualitas pembelajaran. Waktu dan energi guru dapat dikelola dengan tepat. Begitu pula dengan pengakomodasian karakteristik dan kapasitas siswa. Berbagai skema dan strategi pembelajaran dapat dirancang menggunakan bantuan teknologi. Teknologi juga bisa menjadi media yang tepat dalam menghubungkan pembelajaran guru yang berpengalaman ke pada siswa dengan berbagai gaya dan karakteristik. Teknologi pembelajaran saat ini sudah mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi siswa. Tinggal bagaimana perancang sistem pembelajaran menyatukan kekuatan guru dan teknologi secara cerdas.

Exit mobile version