maglearning.id

Cara Menggunakan QuickSubmit Plugin di OJS 3

Adakalanya kita memulai jurnal dari terbitan cetak (offline) sekaligus bekerja secara offline pula. Jurnal seperti ini sangat banyak di Indonesia. Jadi, sebelum menggunakan platform online mereka sudah menerbitkan beberapa nomor yang diterbitkan dengan media cetak. Bukan berarti kualitas jurnal ini tidak bagus, bahkan banyak diantaranya yang sudah sangat kredibel. Nah, jika sekarang pengelola memilih platform online karena mempunyai banyak sekali keuntungan dibanding cetak (offline), maka biar tidak kehilangan jejak, dan meneruskan reputasi yang sudah lama dibangun maka sebaiknya nomor-nomor yang dulu diedarkan secara offline juga disediakan secara online.

Open Journal System (OJS) sudah menyediakan fasilitas ini. Kita bisa mengunggah artikel kita langsung ke tahapan produksi sehingga bisa langsung dipublikasikan. Kita bisa memanfaatkan fitur “QuickSubmit Plugin”. Fitur ini juga bermanfaat apabila kita bekerja secara offline sehingga OJS hanya kita fungsikan sebagai tempat penerbitan dan indeksasi saja, sedangkan untuk proses editorial masih dijalankan secara offline. Walaupun sebenarnya bekerja secara offline jauh lebih melelahkan namun terkadang pengelola membutuhkan waktu untuk melakukan transisi ini.

Pada kesempatan ini saya akan mencoba sedikit menunjukkan bagaimana cara menggunakan “QuickSubmit Plugin” di OJS versi 3. Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan “QuickSubmit Plugin”.

Demikianlah uraian singkat tentang pemanfaatan “QuickSubmit Plugin” untuk mengunggah artikel yang sudah siap dipublikasikan dan akan masuk di bagiak “Production”. Bila Anda ingin menambahkan bukti review di artikel ini silakan baca caranya Di Sini. Langkah ini sangat penting untuk persyaratan pengajuan akreditasi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat……

Exit mobile version