Gambar Menjadi Teks

Cara Mudah Konversi Tulisan Di Gambar Menjadi Teks Tanpa Aplikasi

Suatu saat saya menemukan tulisan lama saya dalam bentuk cetak ketika bersih-bersih rumah. Tulisan ini cukup menarik dan masih relevan dengan keadaan sekarang. Saya kemudian ingin menulis ulang tulisan saya tersebut. Sejurus kemudian terpikir dalam benak saya untuk memanfaatkan alat scan saya yang sudah lama tidak saya pakai. Maksud hati ingin mengubah cetakan tersebut dalam bentuk digital namun berupa teks. Daripada mengetik ulang tentu tidak kebayangkan capeknya.

Harapan saya dengan melakukan scan pada teks tercetak ini, saya bisa memanfaatkan teknologi optical character recognition (OCR) untuk mengubah teks fisik menjadi teks digital. Teknologi ini sudah lama ada, sejak saya masih unyu-unyu hehehe.

Loading...

Teknologi OCR ini berupa software yang berfungsi untuk merubah file Image menjadi file Teks dengan format TXT. Teknologi ini sangat berguna untuk menyelesaikan masalah seperti yang saya hadapi tadi.

Scanner hanya mampu menghasilkan file image dalam format TIFF dari obyek yang kita pindai. Setelah file gambar dihasilkan, file tersebut di kirim ke komputer dan kemudian diproses oleh program OCR untuk diproses menjadi file teks berformat TXT.

Agar hasilnya maksimal ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Diantaranya adalah:

  • Usahakan waktu scan obyek teks lurus. Oleh OCR file image akan diatur kemiringannya, apabila hasil scan ada kemiringan, maka gambar akan dibuat sejajar atau lurus. Jadi ada sudut kemiringan yang bisa ditoleransi, namun semakin lurus akan semakin baik.
  • Usahakan orientasinya jelas. Bila tidak bisa memenuhi orientasi yang sesuai bisa memilih misalnya 90 derajat, 180 atau 270 derajat.
  • Ada kontras yang jelas antara teks dan background.

Nah sejauh saya menggunakan scanner lalu mempercayakan software bawaan scanner keakuratan hasilnya masih belum bisa maksimal. Saya pun mencoba cara lain yaitu menggunakan foto gawai seluler saya. Anda boleh memakai cara ini atau tetap menggunakan scanner namun jangan langsung di OCR.

Kali ini saya akan menggunakan aplikasi OCR online yang tentunya lebih up to date dari pada OCR bawaan scanner saya. Saya akan menggunakan jasa onlineocr.net, walaupun gratisan namun sangat handal. Cara ini saya anggap adalah cara paling praktis untuk mengubah gambar menjadi teks online. Ada tiga tahap yang harus kita lakukan, yaitu: upload file gambar, memilih bahasa dalam teks dan format teks luaranya, kemudian tinggal klik convert.

Loading...

Berikut ini adalah contoh file yang saya unggah melalui “Select file..” berupa file PNG. Bisa juga pakai JPG. Tergantung selera Anda.

Hasil OCR nya adalah seperti di bawah ini. Tentunya akan sangat membantu bila di browser kita sudah terpasang extensions grammarly. Hasil OCR yang tidak akurat akan dengan mudah dan cepat kita koreksi.

Seperti gambar di bawah ini. Hasil OCR yang tidak valid langsung bisa kita koreksi dengan sekali klik saja.

Ternyata sangat mudah dan praktis ya. Cara ini juga sering saya gunakan untuk menerjemahkan buku-buku pdf saya yang tidak bisa dicopy teksnya. Tentunya buku-buku berbahasa asing dan ingin saya translate ke bahasa Indonesia dengan cepat.

Puluhan halaman buku bisa ditranslate dengan cepat menggnakan cara ini. So, kita tidak perlu buang-buang waktu lagi untuk ketik ulang atau memperbaiki hasil OCR yang tidak akurat. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan