Indahnya Saling Menghormati

PAI Kelas 6 Pelajaran 1: Indahnya Saling Menghormati

Kita akan mempelajari tentang Indahnya Saling Menghormati. Negara kita adalah negara yang besar. Terdiri dari berbagai suku, bangsa, dan agama. Luas wilayahnya membentang dari barat sampai ke timur, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai pulau Rote.

Bermacam-macam kebudayaan, bahasa, adat istiadat dan kebiasaan. Agamanya pun berbeda-beda, walaupun sebagian besar masyarakatnya memeluk Agama Islam, namun tetap hidup berdampingan dan saling menghargai.

Sejarah panjang kehidupan berbangsa dan bernegara nenek moyang kita telah mengajarkan pada penerusnya akan indahnya hidup berdampingan dan saling menghormati.

Sekilas Pengenalan Q.S. al-Kafirun

Surat al-Kafirun adalah surat ke-109. Jumlah ayat surat al-Kafirun 6 (enam) ayat. Surat al-Kafirun mengisyaratkan tentang pupusnya harapan orang-orang kafir Qurays Mekah zaman itu tehadap dakwah Nabi Muhammad saw.

Nabi Muhammad saw. tidak mau mengikuti tata cara beribadah orang-orang kafir Quraisy. Mereka dipersilakan beribadah menurut ajaran agamanya sendiri. Surat al-Kafirun tergolong surat Makkiyah karena diturunkan di Kota Mekah sesudah surat al-Ma’un. Dinamai ”al-Kafirun” (orang-orang kafir) diambil dari perkataan “al-Kafirun” yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Cara Membaca Q.S. al-Kafirun

Al-Qur’an berisi firman-firman Allah Swt. yang disampaikan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad saw.. Tata cara memulai membaca al-Qur’an surat al-Kafirun dengan membaca isti’azah dan basmalah. Kemudian, cermati tulisannya dan bacalah dengan pelan-pelan.

Menulis Q.S. al-Kafirun

Menulis huruf al-Qur’an harus benar dan baik. Kita harus bisa menulis huruf al-Qur’an dengan baik, benar, dan indah. Kita harus giat berlatih. Kita harus teliti, disiplin, dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan tulisan.

Agar tulisan benar dan baik, kita harus memperhatikan huruf hijaiyah yang dapat disambung di awal, di tengah, dan di akhir. Juga harus memperhatikan huruf yang hanya bisa disambung di akhir.

Ayo, berlatih menyalin ayat-ayat surat al-Kafirun. Agar pekerjaan menyalin benar dan baik, perhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Menulis ayat al-Qur’an dari kanan ke kiri.
  2. Telitilah harakat atau tanda baca fatha tegak atau rebah.
  3. Tulislah kalimat al-Qur’an dengan pensil agar kita bisa membentuk tipis-tebal tulisan.

Menghafal Q.S. al-Kafirun

Jika kita sudah berlatih menyalin semua ayat Q.S. al-Kafirun, selanjutnya hafalkan semua ayat tersebut hingga lancar. Silakan tonton video ini untuk membantu mempermudah menghafal surat al-Kafirun.

Memahami arti Q.S. al-Kafirun

Arti setiap ayat dari surat al-Kafirun adalah sebagai berikut:

  1. Katakanlah (Muhammad), ”Wahai orang-orang kafir!
  2. aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah,
  3. dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah,
  4. dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,
  5. dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah.
  6. Untukmu agamamu, dan untukku agamaku.”

Latihan Soal PAI Kelas 6 Pelajaran 1

Kamu bisa mengasah pemahaman dan kemampuanmu menggunakan latihan soal versi online ini. Silakan klik tautan atau gambar di bawah ini!

Latihan Soal PAI Kelas 6 Pelajaran 1

Untuk latihan soal PAI kelas 6 Seluruh Pelajaran silakan klik tautan di bawah ini

Latihan Soal PAI Kelas 6

NB:

Media pembelajaran online ini kami kembangkan dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada secara online hasil para guru-guru kreatif Indonesia. Adanya media ini juga untuk mendukung kreatifitas mereka, video pembelajaran yang kami gunakan kami ambil langsung dari channel YouTube mereka. Video-video tersebut kami embedd di media ini, sehingga tidak mengurangi viewer mereka, justru akan menambah viewer mereka serta meningkatkan rating pencariannya.

Mohon maaf, karena ribuan soal yang kami input jadi ada beberapa soal yang kunci jawabannya salah, mohon jangan kecewa karena itu semata-mata adalah kesalahan kami sebagai manusia. Bila menemukan kesalahan tersebut silakan kirim tangkapan layar (screenshot) kesalahan tersebut kepada kami di email ghofurach@gmail.com atau melalui Whatsapp di 085648017971. Bisa juga melalui komentar di laman ini disertai dengan keterangan subtema berapa. Terimakasih….

Buku Digital PAI Kelas 6

Buku PAI versi digital (FlipBook) yang bisa kamu baca secara online pada tautan di bawah ini. Ukuran file buku digital ini sengaja dibuat lebih kecil sehingga bisa diakses dengan cepat. Bila membutuhkan membaca secara offline bisa diunduh di tautan yang telah disediakan. Ukuran file buku pdf juga sudah disesuaikan (lebih kecil) sehingga tidak makan banyak kuota internet, cepat dalam pengunduhan, serta tidak banyak mengurangi ruang penyimpanan.

Silakan baca bukunya di sini:

FlipBook PAI Kelas 6

Bila ingin mengunduhnya silakan klik DI SINI.

Loading...

Tinggalkan Balasan