Ruang Lingkup Ekonomi Moneter

Ruang Lingkup Ekonomi Moneter

Ekonomi Moneter merupakan bagian dari Ilmu Ekonomi yang mempelajari tentang sifat, fungsi serta pengaruh uang terhadap kegiatan ekonomi. Secara umum, kegiatan ekonomi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang mempengaruhi tingkat penggunaan produksi, harga dan hubungan perdagangan atau pembayaran internasional. Oleh karena itu, ekonomi moneter mencakup atau mempelajari beberapa hal antara lain sebagai berikut :

  1. Pengaruh dan fungsi uang dalam perekonomian
  2. Sistem moneter serta pengaruhnya terhadap jumlah uang dan kredit
  3. Struktur dan Fungsi dari Bank Sentral
  4. Pengaruh jumlah uang dan kredit terhadap kegiatan ekonomi
  5. Pembayaran serta sistem moneter Internasional
  6. Pasar modal

Uang menjadi sangat penting untuk dibahas, karena fungsi dan peranan uang dalam kegiatan ekonomi manusia. Seluruh aspek dalam kehidupan manusia modern saat ini tidak terlepas dan ditopang sepenuhnya oleh uang Tidak ada satu peradapan di dunia yang tidak mengenal dan menggunakan uang. Oleh karena itu, pada bab ini kita akan membahas tentang apa itu uang, apa peranan uang, serta bagaimana perkembangan dari uang itu sendiri.

Mahasiswa yang belajar tentang ekonomi moneter akan mendapatkan pengetahuan yang mendalam tentang keuangan dalam lingkup ekonomi makro khususnya tentang kebijakan-kebijakan ekonomi moneter. Bahasan ini sangat cocok untuk mahasiswa ilmu ekonomi, manajemen, pendidikan ekonomi, pendidikan bisnis dan sejenisnya.

Media Interaktif Belajar Ekonomi Moneter

Untuk belajar ekonomi moneter dengan mudah dan ringkas, saya akan menerbitkan tulisan-tulisan yang membahas beberapa topik penting dalam ekonomi moneter. Tulisan ini akan saya buat ringkas demi kenyamanan belajar.

Media pembelajaran ekonomi moneter ini juga telah saya sediakan dalam format interaktif yang bisa Anda gunakan kapan saja dimana saja. Ada sebelas pokok bahasan yang saya sampaikan dalam media interaktif ini, yaitu: Uang, Uang dan inflasi, Teori tingkat bunga, Bank sentral, Nilai ekonomis waktu, Bank dan lembaga keuangan, Teori kebijakan moneter, Permintaan uang, Sistem pembayaran, Jumlah uang yang beredar, dan Nilai tukar.

Silakan gunakan salah satu platform yang sudah saya sediakan di bawah ini. Ada yang berbasis HTML dan berbasis Google presentation. Bila Anda ingin menggunakan dalam versi Android juga sudah saya sediakan unduhan file APK-nya di bagian bawah tulisan ini.

Mudah-mudahan Anda menyukai media ini. Bila bermanfaat silakan share dan beri masukan kepada saya untuk pengembangan lebih lanjut. Ke depan saya berencana untuk menambahkan latihan soal untuk meningkatkan pemahaman dan mengetahui sampai dimana Anda belajar.

EkoMon Versi Web:

Media Interaktif Ekonomi Moneter

Bila sulit dibuka silakan gunakan Yang INI.

EkoMon Versi Android:

Ekonomi Moneter Versi Android
Loading...

Tinggalkan Balasan