maglearning.id

Elastisitas Permintaan dan Jenisnya

Elastisitas permintaan adalah elastisitas yang mengukur  perubahan jumlah barang yang diminta karena Adanya perubahan harga barang yang diminta. Elastisitas adalah konsep yang mengukur kepekaan perubahan jumlah barang terhadap perubahan jumlah harga. Beberapa elastisitas diantaranya yaitu elastisitas permintaan, elastisitas penawaran, elastisitas titik, elastisitas busur, elastisitas silang, dan elastisitas pendapatan.

Elastisitas permintaan dicari dengan cara perubahan jumlah barang yang diminta (∆Q) dibagi dengan perubahan harga (∆P). Hasilnya dikalikan dengan harga dan dibagi jumlah barang semula. Koefisien elastisitas titik  sebagai berikut :

Keterangan :

Perhitungan elastisitas permintaan, disajikan dalam tabel dan kurva berikut ini.

PQ
5 1090 80
Tabel Harga dan Jumlah Barang Yang Diminta

Maka, koefisien elastisitas permintaan adalah

Kurva Elastisitas Permintaan

Jenis Koefisien elastisitas permintaan

Jenis permintaan dari sudut pandang elastisitasnya, meliputi permintaan elastis,  permintaan in elastis, permintaan uniter, permintaan elastis sempurna dan permintaan in elastis sempurna. Penampakan elastisitas dijelaskan dalam kurva-kurva berikut ini.

Kurva Permintaan Elastis

Koefisien elastisitas permintaan Ed > 1, artinya perubahan kuantitas barang yang diminta lebih besar dari perubahan harga.

Kurva Permintaan Inelastis

Koefisien elastisitas permintaan Ed < 1, artinya perubahan kuantitas barang yang diminta lebih kecil dari perubahan harga.

Kurva Permintaan Uniter

Koefisien elastisitas permintaan Ed = 1, artinya perubahan kuantitas barang yang diminta sama dengan dari perubahan harga.

Kurva Permintaan Elastis Sempurna

Koefisien elastisitas permintaan Ed = ∞, artinya perubahan kuantitas barang yang diminta tidak terhingga sedang harga barang tetap.

Kurva Permintaan Inelastis Sempurna

Koefisien elastisitas permintaan Ed = 0, artinya perubahan kuantitas barang yang diminta tetap pada perubahan harga berapapun.

Media Pembelajaran Interaktif

Untuk mempelajari ekonomi mikro secara cepat dan ringkas Anda juga bisa menggunakan media pembelajaran interaktif yang sudah saya kembangkan untuk Anda semua. Media ini saya sediakan dalam dua versi, yatu versi web dan versi Android. Untuk versi web hanya bisa digunakan secara online, sedangkan versi Android bisa digunakan secara offline jadi silakan install aplikasi ini terlebih dahulu di gawai Anda.

EkoMik Versi Web:

EkoMik Versi Android:

Exit mobile version