Apa Saja Fungsi Uang

Tahukah Anda Apa Saja Fungsi Uang?

Mungkin bagi kita sebagai masyarakat umum mengenal banyak sekali fungsi atau kegunaan uang. Mulai dari membeli kebutuhan sehari-hari sampai membayar biaya sekolah. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya fungsi utama uang sebenarnya hanya ada tiga saja.

Uang adalah sesuatu yang dapat dipakai/diterima secara sah untuk melakukan pembayaran baik barang, jasa, maupun utang. Uang juga dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang secara umum mempunyai fungsi sebagai berikut:

Uang Sebagai Satuan Pengukur Nilai

Melalui keberadaan uang, maka nilai dari barang dan jasa dapat diketahui dan diperbandingkan dengan barang yang lain. Misalnya kita dapat mengetahui nilai jual dari sebuah mobil dalam satuan rupiah karena adanya uang rupiah tersebut. Kita juga bisa dapat menghitung dan membandingkan jumlah kekayaan seseorang atau perusahaan dengan satuan rupiah.

Uang Sebagai Alat Pertukaran

Fungsi ini memisahkan antara keputusan membeli dengan keputusan menjual. Melalui keberadaan uang sebagai alat tukar, maka dapat menghilangkan perlunya adanya kesamaan keinginan sebelum terjadinya pertukaran. Kesamaan keinginan harus ada terlebih dahulu untuk terjadinya tukar-menukar barang dengan barang (barter). Melalui penggunaan uang keharusan adanya kesamaan keinginan ini tidak perlu ada untuk terjadinya pertukaran. Prosesnya, barang ditukar dengan uang, dan dengan uang ini dapat membeli / menukarkan dengan barang lain.

Loading...

Uang Sebagai Alat penimbun Kekayaan

Kekayaan seseorang dapat berupa barang atau uang. Dalam bentuk barang misalnya: rumah mobil, perhiasan dan sebagainya, sedangkan dalam bentuk uang misalnya uang kas dan surat-surat berharga. Dengan demikian seseorang dapat menyimpan kekayaannya dalam bentuk uang kas, dan dalam pengertian inilah uang berfungsi sebagai alat penimbun kekayaan.

Arti Penting Uang dalam Perekonomian

  1. Arti Penting Uang dalam Produksi. Produsen memproduksi serta menjual barang dan jasanya sehingga memperoleh keuntungan dalam bentuk uang pada investasi kapitalnya. Bila keuntungan yang diperoleh ditanamkan kembali untuk memperluas pabrik atau peralatan baru, maka investasi ini akan menguntungkan bagi masyarakat karena bertambahnya aliran barang dan jasa yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat.
  2. Arti Penting Uang dalam Pertukaran dan Konsumsi. Melalui keberadaan uang yang diterima secara umum sebagai alat pertukaran barang dan jasa, maka aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen semakin lancar. Kelancaran pada sistem pertukaran uang ini meningkatkan standar hidup masyarakat. 
  3. Arti Penting Uang bagi Masyarakat. Masyarakat pada umumnya menggunakan uang untuk membeli barang dan jasa, dimana ini menjamin kesediaan masyarakat dalam menukarkan uangnya dengan barang-barang dan jasa-jasa. Sehingga setiap orang puas pada pekerjaannya yang sudah sesuai untuk mendapatkan penghasilan dalam bentuk uang. Pembagian tugas (spesialisasi) merupakan ciri khas dari masyarakat modern yang akan meningkatkan produsksi, pertukaran, dan kesejaheraan masyarakat.

Media Interaktif Belajar Ekonomi Moneter

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang fungsi uang dan ekonomi moneter secara lebih luas Anda bisa menggunakan salah satu platform media interaktif Ekonomi Moneter yang sudah saya sediakan di bawah ini. Ada yang berbasis HTML dan berbasis Aplikasi Android. Bila Anda ingin menggunakan dalam versi Android juga sudah saya sediakan unduhan file APK-nya di bagian bawah tulisan ini.

Loading...

EkoMon Versi Web:

Bila sulit dibuka silakan gunakan Yang INI.

EkoMon Versi Android:

Tinggalkan Balasan