maglearning.id

PAI Kelas 4 Pelajaran 9: Mari Melaksanakan Sholat

Mari melaksanakan sholat, karena sholat itu dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Lalu, Hikmah apa lagi yang kita peroleh jika kita sholat?. Temukannya di pembelajaran 9 ini ya.

Pada pembelajaran 9 PAI Kelas 4 ini kamu akan mempelajari keutamaan makna bacaan dan perilaku-perilaku yang mencerminkan pemahaman dan pelaksanaan ibadah sholat. Semoga Allah memberikan kemudahan dan kemurahan-Nya, sehingga kita bisa mengambil hikmah sholat tersebut. Aamiin!

Keutamaan Sholat

Sholat memiliki beberapa keutamaan. Di bawah ini adalah keutamaan tersebut.

Makna Bacaan Sholat

Sholat adalah ibadah dengan cara menghadap kepada Allah secara langsung. Ketika menghadap itulah kita membaca bacaan Sholat. Kita harus memahami arti bacaan Sholat.

Dengan memahaini arti bacaannya, Sholat kita akan menjadi khusyuk. Hati dan pikiran kita bisa lebih berkonsentrasi sehingga ibadah Sholat akan membekas dan berpengaruh terhadap tingkah laku kita. Mari Melaksanakan Sholat, tapi sebelum itu simak arti dari bacaan Sholat berikut ini dan resapi maknanya.

Perilaku yang Mencerminkan Pemahaman Ibadah Sholat

Kebajikan terhadap Sesama

  1. Melalui kekompakan Sholat yang dikerjakan secara berjamaah akan melatih kekompakan. Seorang imam sebelum memulai imam selalu memperhatikan kesiapan makmumnya.. Sahafharus disusun rapi, lurus, dan rapat. Selanjutnya, imam memulai sholat diikuti oleh makmumnya dengan kompak. Kekompakan sholat tersebut dapat dijadikan teladan. Misalnya, kekompakan dalam kerja bakti membersihkan sekolah. Semua harus saling bahu-membahu agar tugas kerja bakti selesai dengan baik.
  2. Mematuhi perintah ketua kelompok. Dalam sholat berjamaah, imam selalu diikuti oleh makmumnya. Pelaksanaan salat berjamaah dapat dijadikan teladan. Imam sholat, sama halnya ketua kelompok. Perilaku ketua kelompok harus benar dan baik agar dapat diikuti oleh anggotanya. Anggota kelompok juga harus patuh kepada ketuanya.
  3. Tidak marah bila dinasihati. Imam sholat harus mau diberitahu kesalahannya. Makmum juga harus mau dan berani memberitahu kesalahan imamnya. Ketika gerakan imam salah, makmum berucap”subhanalloh!” Ketika bacaan imam salah atau lupa, makmum harus membetulkannya. Semua tindakan tersebut hanya untuk kebenaran dan diikhlaskan karena Allah semata.
  4. Suka mengirimkan salam dan mendoakan teman. Setiap salat selalu diakhiri dengan ucapan salam. Salam adalah ucapan untuk keselamatan, kerahmatan, dan keberkahan bagi orang lain. Dengan demikian, salat mengajarkan kita untuk saling inemberikan salam sesama teman. Salam juga bisa bermanfaat untuk mendoakan teman.
  5. Menepati janji. Orang yang terbiasa salat di awal waktu akan pandai mengatur waktu. Ia tidak suka menunda-nunda waktu salat-nya. Seperti ia sudah punya janji kepada Allah Swt. untuk menjumpai-Nya pada awal waktu salat. Dengan demikian, orang yang terbiasa salat tepat waktu akan selalu menepati janji kepada sesamanya.
  6. Memupuk rasa solidaritas. Shalat diwajibkan bagi setiap muslim tanpa adanya pembedaan kaya, miskin, laki-laki, wanita, pejabat, rakyat jelata, pintar, bodoh, sehat, atau yang sakit sekalipun. Bahkan, tidak ada pembedaan atau pengkhususan, ketika salat di dalam masjid, bagi yang datang duluan, boleh menempati shaf terdepan. Ajaran salat yang demikian itu dapat memupuk rasa solidaritas.

Menghindari Perilaku Tercela

Mari Melaksanakan Sholat dengan memahami bacaannya. Beberapa perilaku tercela akan dapat dihindari jika kita memahami makna ibadah shalat secara benar. Beberapa perilaku tercela tersebut adalah seperti di bawah ini.

  1. Suka mengungkit-ungkit pemberian. Salat senantiasa mengajarkan keikhlasan, yaitu, semua amal hanya untuk Allah. Apabila niat sudah ikhlas, maka tidak peduli dengan penilaian orang lain, tidak inengharapkan pujian, tidak bersedih karena dicaci atau berkurang harta, serta tidak menyebut-nyebut sesuatu yang sudah diberikan karena dilakukan dengan ikhlas hanya karena Allah semata.
  2. Suka meremehkan teman. Shalat mengajarkan kita mengagungkan Allah dan merendahkan diri di hadapan-Nya. Segenap pujian keagungan dan kemuliaan hanyalah milik Allah. Oleh karena itu, tidak pantaslah kita meremehkan ciptaan Allah, termasuk meremehkan teman.
  3. Ingin menang sendiri. Siapa yang datang lebih dahulu di masjid, maka ia berhak menempati shaf terdepan atau yang ia inginkan. Untuk yang datang belakangan, hanya berhak menempati shaf yang tersisa. Tidak bisa bersikap ingin menang sendiri. Tidak boleh menggeser atau meminta jamaah lain pindah ke tempat lain karena akan ditempatinya.
  4. Suka mencuri. Tatkala membaca doa iftitah di dalam salat, kita sebenarnya kita telah berikrar bahwa “sholatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanya tmtuk Allah Swt. Salat akan mencegah kita dari niat berbuat jahat, termasuk mencuri.
  5. Suka meminta-minta. Selama salat, kita banyak meminta kepada Allah. Baik meminta ampunan, petunjuk, pertolongan, belas kasih, derajat, rezeki, kesehatan, kesejahteraan, rahmat, dan keberkahan-Nya. Maka, tidak patut kita meminta-minta kepada selain-Nya.
  6. Suka berbohong. Orang dapat saja berbohong kepada orang lain, tetapi sebenamya ia tidak bisa berbohong kepada dirinya sendiri dan kepada Allah. Setiap salat kita selalu diingatkan. Ketika akan berbohong, kita akan teringat terhadap pengawasan Allah, dan kita akan mengurungkannya.
  7. Suka mengganggu teman. Kita tidak boleh mengganggu teman yang sedang salat. Apalagi sampai membatalkan sholat-nya. Kita harus saling menjaga kondisi agar sholat dapat dijalankan secara khusuk. Dengan demikian kita terbiasa untuk tidak saling mengganggu.

Pengalaman Salat di Rumah dan di Masjid

Pengalaman Sholat di rumah

Mari Melaksanakan Sholat, bagaimana pengalamanmu Sholat di rumah?

Pengalaman Sholat di masjid

Selain di rumah, kamu dapat melakukan sholat di masjid. Orang yang senantiasa sholat di masjid akan mendapatkan keutamaan dari Allah Swt. Sholat wajib (subuh, zuhur, asar, raaghrib, dan isya) sebaiknya dilakukan secara berjamaah karena lebih utama daripada sholat sendirian.

Latihan Soal PAI Kelas 4 Pelajaran 9, Mari Melaksanakan Sholat

Kamu bisa mengasah pemahaman dan kemampuanmu menggunakan latihan soal versi online ini. Silakan klik tautan atau gambar di bawah ini!

Latihan Soal PAI Kelas 4 Pelajaran 9

Untuk latihan soal PAI kelas 4 Seluruh Pelajaran silakan klik tautan di bawah ini

Latihan Soal PAI Kelas 4

Latihan Soal PAI Kelas 4 Versi Android

AkbarHana Education

Bila kamu ingin belajar menggunakan latihan soal secara offline, silakan gunakan aplikasi latihan soal yang telah kami terbitkan di Android PlayStore. Untuk download aplikasi latihan soal PAI kelas 4 SD/MI versi Android silakan klik tautan di bawah ini:

Latihan SOAL PAI SD Kelas 4

Buku Digital PAI Kelas 4

Buku PAI versi digital (FlipBook) yang bisa kamu baca secara online pada tautan di bawah ini. Ukuran file buku digital ini sengaja dibuat lebih kecil sehingga bisa diakses dengan cepat. Bila membutuhkan membaca secara offline bisa diunduh di tautan yang telah disediakan. Ukuran file buku pdf juga sudah disesuaikan (lebih kecil) sehingga tidak makan banyak kuota internet, cepat dalam pengunduhan, serta tidak banyak mengurangi ruang penyimpanan.

Silakan baca bukunya di sini:

FlipBook PAI Kelas 4

Bila ingin mengunduhnya silakan klik DI SINI.

NB:

Media pembelajaran online ini kami kembangkan dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada secara online hasil para guru-guru kreatif Indonesia. Adanya media ini juga untuk mendukung kreatifitas mereka, video pembelajaran yang kami gunakan kami ambil langsung dari channel YouTube mereka. Video-video tersebut kami embedd di media ini, sehingga tidak mengurangi viewer mereka, justru akan menambah viewer mereka serta meningkatkan rating pencariannya.

Exit mobile version