download artikel jurnal gratis

Mudah! Begini cara download artikel jurnal gratis di DOAJ

Bila Anda sedang mencari tempat untuk download artikel jurnal gratis maka DOAJ adalah pilihan yang sangat tepat. Dilihat dari namanya saja DOAJ yang merupakan singkatan dari “Directory of Open Access Journals” sudah menunjukkan bahwa memang laman ini khusus menyediakan jurnal open access alias gratis tis.

Laman DOAJ menyediakan akses jurnal gratis bagi siapapun di dunia ini tanpa batasan sama sekali. Istilah ini dinamakan open access. Ada lebih dari 5 juta artikel ilmiah yang bisa Anda download dengan gratis. Ya, semuanya gratis, alias percuma kata tetangga sebelah.

DOAJ adalah direktori online yang dikurasi oleh komunitas ilmiah dan mengindeks serta menyediakan akses ke jurnal berkualitas tinggi, akses terbuka, dan melalui proses peer-review. DOAJ ini bersifat independen. Semua pendanaan melalui donasi, 18% berasal dari sponsor dan 82% dari pendukung dan pendukung penerbit.

Semua layanan DOAJ gratis termasuk diindeks di DOAJ. Juga yang terpenting adalah siapapun bisa mengakses artikel fulltext tanpa dipungut biaya sepeser pun. Semua data tersedia secara gratis bagi seluruh masyarakat di dunia.

Sejarah dan Misi DOAJ

Loading...

Direktori ini kali pertama diluncurkan pada tahun 2003 di Lund University, Swedia. Walaupun awalnya hanya memiliki database dari 300 jurnal saja, namun saat ini sudah mencapai lebih dari 15.000 jurnal, yang mencakup bidang sains, teknologi, kedokteran, ilmu sosial dan humaniora.

Misi DOAJ adalah untuk meningkatkan visibilitas, aksesibilitas, reputasi, penggunaan dan dampak kualitas, peer-review, serta akses gratis (terbuka) jurnal penelitian ilmiah secara global. DOAJ akan bekerja dengan editor, penerbit, dan pemilik jurnal untuk menyediakan semua itu dengan standar praktik terbaik pengelolaan jurnal.

Sudah menjadi komitmen DOAJ untuk 100% mandiri dan mempertahankan semua layanan dan metadatanya bebas untuk digunakan atau digunakan kembali oleh semua orang. Jadi, siapapun bisa dengan mudah untuk download artikel jurnal gratis di sini. Akses jurnal gratis ini sudah menjadi komitmen DOAJ sejak awal.

Prosedur download artikel jurnal gratis DOAJ

Loading...

Baiklah, tidak banyak cingcong lagi. Sekarang saatnya saya tunjukkan bagaimana mengakses jurnal gratis melalui DOAJ. Ikuti prosedur di bawah ini.

lama doaj
  • Pilih mode pencarian yang akan dilakukan. Silakan atur artikel saja, jurnalnya saja, atau bisa keduanya. Kemudian masukkan kata kunci yang diinginkan.
kotak pencarian jurnal gratis
  • Kali ini saya mencontohkan dengan menggunakan kata kunci “media pembelajaran ekonomi”. Silakan klik gambar pencarian atau tekan enter de keyboard Anda.
kata kunci jurnal gratis
  • Hasilnya seperti berikut ini. Kita bisa download artikel jurnal gratis sebanyak 90 artikel.
hasil pencarian jurnal gratis
  • Silakan pilih artikel mana yang ingin anda unduh. Bila sudah menemukan silakan klik “Full Text” untuk unduh artikelnya.
plih artikel jurnal gratis
  • Kita akan diarahkan ke laman uduhan di sumber jurnalnya langsung. Kecepatan loading page-nya tergantung jurnal tujuan. Jadi, silakan tunggu sebentar prosesnya.
laman artikel jurnal open access
  • Nah, bila sudah terbuka seperti gambar di atas silakan cari tombol unduhan PDF-nya. Biasanya terletak di bawah abstrak. Seperti contoh berikut ini.
tombol download artikel pdf
  • Klik saja “PDF” seperti yang saya tandai dengan lingkaran merah. Maka kita akan diarahkan pada preview unduhannnya. Silakan langsung download di bagian seperti di bawah ini.
unduh artikel pdf
  • Tara… sekarang file artikel jurnal yang Anda butuhkan sudah berhasil diunduh dan tersimpan di gawai Anda.
hasil unduhan artikel
  • Selesai

Nah, beginilah cara download artikel jurnal gratis di laman DOAJ. Mudah bukan?. Anda tidak butuh biaya apapun untuk mendapatkannya. Hanya sediakan kuota internet yang cukup.

Untuk database lainnya silakan kunjungi artikel ini. Bila Anda khawatir lupa tempatnya bisa juga unduh aplikasi yang saya buat DI SINI. Sampai jumpa lagi.

Tinggalkan Balasan