Berolahraga Sambil Mendengarkan Musik

Manfaat Berolahraga Sambil Mendengarkan Musik

Berolahraga sambil mendengarkan musik memang sudah jamak dilakukan oleh setiap orang. Hal ini sah-sah saja asal kita tetap hati-hati dan waspada. Sebenarnya apasih manfaatnya?

Olahraga sejatinya harus dilakukan menyenangkan. Agar kita tidak merasa lelah dan terbebani. Tujuan olahraga akan lebih cepat tercapai saat kita merasa rileks saat berolahraga.

Salah satu cara agar olahraga terasa menyenangkan adalah dengan mendengarkan musik. Alunan melodi dari lagu kesukaan akan menambah mood kita saat berolahraga.

Loading...

Untuk lebih lengkapnya tentang manfaat mendengarkan musik saat berolahraga silakan baca artikel ini.

Meningkatkan Performa

Musik mampu membangkitkan semangat dalam berolahraga. Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan peningkatan performa atlet sepeda setelah mendengarkan musik.

Mereka mendengar musik bertempo cepat. Tanpa mereka sadari tubuh bergerak lebih cepat dari biasanya. Musik mampu mempengaruhi gerakan pendengarnya. Dan musik yang disarankan bagi Anda yang ingin berolahraga berkecepatan 120 – 140 BPM.

Meningkatkan Semangat

Olahraga seyogyanya dilakukan dengan semangat. Kita tidak boleh merasa olahraga adalah hal yang membebani. karena Perasaan sangat mempengaruhi bagaimana hasil olahraga kita.

Mendengarkan musik kesukaan mampu membuat kita lebih bergairah dalam berolahraga. Meskipun kita harus melakukan berbagai hal melelahkan seperti berlari, push up, bersepeda dan lainnya. Musik bisa memberi sensasi olahraga yang menyenangkan.

Mengalihkan rasa lelah dan sakit

Memang benar olahraga adalah aktivitas yang akan membuat kita berkeringat dan lelah. Kita dipaksa bergerak, berlari, melompat, dan menendang. Tapi mendengarkan musik akan memberi rasa yang berbeda.

Olahraga sambil mendengarkan musik akan mengalihkan kita dari rasa sakit. Seakan setiap alunan melodi itu adalah energi yang membuat tubuh kita tidak cepat lelah.

Loading...

Saat Berolahraga dengarlah musik favorit kita. Kalau perlu buatlah playlist yang berisi lagu yang membuat kita semangat. Dan putar saat kita berolahraga. Intinya buat suasana olahraga jadi menyenangkan.

Menjaga tempo berolahraga

Seringkali kita kesusahan dalam menjaga tempo dan frekuensi berolahraga. Hal ini membuat kita malas dan tidak mau berolahraga lagi dilain waktu. Padahal efek olahraga akan terlihat saat kita melakukannya secara rutin.

Salah satu alasan kenapa harus mendengar musik saat berolahraga adalah karena mampu menjaga tempo dan frekuensi kita saat melakukan berbagai gerakan saat olahraga. Ini terjadi karena musik menimbulkan rasa senang pada pendengarnya.

Menjaga Suasana Hati

Suasana hati akan berpengaruh dalam performa kita saat berolahraga. Ketika semangat, semua rintangan saat berolahraga tidak akan membuat kita lelah. Namun ketika sedih, sebaliknya kita akan malas-malasan dan mudah merasa lelah saat berolahraga.

Untuk itu mari dengarkan musik saat berolahraga karena musik mampu menjaga suasana hati. Pilihlah lagu yang disukai karena akan mempengaruhi bagaimana perasaan kita saat berolahraga.

Nah, demikianlah beberapa alasan berolahraga sambil mendengarkan musik. Selain menyenangkan, mendengarkan musik saat olahraga ternyata mampu memberi pengaruh positif.

Namun, ada yang perlu diingat saat mendengarkan musik saat berolahraga, yaitu keamanan. Tk jarang kita berolahraga di luar rumah. Nah, di sinilah yang perlu kita perhatikan. Kita wajib tetap waspada dengan lingkungan di sekitar kita waktu berolahraga.

Jangan sampai suara musik yang kita dengarkan ketika berolahraga mengurangi kewaspadaan kita terhadap lingkungan sekitar. Bila ini yang terjadi, alih-alih tubuh kita semakin sehat, malah bisa jadi justru kita akan mendapatkan masalah. So, hati-hati dan semoga sehat selalu.

Tinggalkan Balasan