Daun kemangi

Manfaat Daun Kemangi yang jarang diketahui

Daun kemangi sering dikenal sebagai lalapan. Menjadi pendamping masakan seperti ayam goreng, ayam bakar, olahan ikan dan lainnya. Kemangi memiliki aroma yang harum sehingga bisa dijadikan pencuci mulut.

Meski dikenal sebagai pelengkap, daun kemangi juga memiliki berbagai macam khasiat yang bagus untuk kesehatan. Kandungan seperti Vitamin K, Vitamin A, Asam Folat, magnesium dan fosfor sangat diperlukan butuh.

Untuk lebih lengkapnya kita bisa membaca ulasan tentang macam-macam khasiat daun kemangi untuk kesehatan di bawah ini.

Mencegah Kanker

Loading...

Kanker adalah penyakit yang banyak merenggut korban jiwa. Penyakit ini dikenal ganas dan sulit disembuhkan. Walau seperti itu bukan berarti kanker tidak bisa dicegah.

Salah satu makanan pencegah kanker adalah daun kemangi. Kandungan fitokimia didalamnya mampu mencegah tumbuhnya sel kanker. Bukan hanya 1 jenis saja tapi banyak seperti: kanker hati, kanker mulut dan paru-paru

Mencegah Penuaan Kulit

Kulit yang bebas keriput dan bersinar menjadi dambaan bagi setiap orang. Namun faktor umur membuat regenerasi sel kulit mati semakin melambat. Tentunya penuaan tidak bisa dihindari tapi kita masih bisa memperlambatnya.

Salah satu caranya dengan memakai daun kemangi. Karena kandungan antioksidannya yang tinggi bagus untuk meremajakan sel kulit mati, selain itu kulit juga nampak lebih cerah.

Kemangi bisa digunakan sebagai masker alami bisa digunakan bersamaan dengan masker-masker lainnya agar hasilnya lebih maksimal.

Mengontrol Gula Darah

Kadar glukosa dan kalori yang terlalu tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika dibiarkan akan muncul sakit serius seperti diabetes, kencing manis, kanker dan lainnya.

Kita harus mengontrol kandungan gula agar tetap aman. Salah satunya dengan mengonsumsi daun kemangi.

Daun kemangi memiliki kadar gula rendah dan bagus untuk penderita diabetes. Secara perlahan kandungan kemangi bisa menetralkan peredaran darah, sehingga gula tidak menumpuk.

Menyembuhkan Luka

Loading...

Luka luar seperti tergores, tertusuk, dan sejenisnya apabila dibiarkan bisa menimbulkan infeksi. Hal ini terjadi karena kuman-kuman bebas masuk area yang luka.

Infeksi bisa menjadi pemicu penyakit yang lebih serius. Maka dari itu kita harus cepat bertindak dengan memberikan salah satunya daun kemangi.

Kemangi bersifat anti infeksi. Memerangi kuman-kuman jahat penyebab infeksi. Untuk cara pemakaiannya bisa dengan dijadikan perban yang menutupi area luka.

Menjaga Kesehatan Jiwa

Jiwa yang sehat akan membentuk tubuh yang kuat. Ungkapan ini benar adanya. Saat kita stress tubuh memproduksi hormon cemas. Yang akan mempengaruhi kinerja organ lain.

Stress juga melemahkan sistem kekebalan tubuh dan mengakibatkan kita gampang sakit. Daun kemangi disinyalir mempunyai anti depresan alami yang akan membuat otak jadi lebih rileks. Selain itu juga bisa mencegah kepikunan.

Anti Pembengkakan

Gejala Alergi kebanyakan diikuti dengan pembengkakan.  Alergi juga bisa kambuh kembali. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi obat anti alergi atau anti inflamasi.

Salah satu tanaman yang mempunyai zat anti alergi adalah kemangi. Kemangi punya senyawa bernama Beta Caryophyllene yang mampu berfungsi sebagai anti alergi alami.

Selain menambah kelezatan makanan serta memberi aroma yang unik dan harum, ternyata kemangi banyak juga manfaatnya untuk kesehatan. Ini kabar gembira bagi penyuka daun kemangi seperti saya. Apalagi daun ini mudah didapat di sekitar rumah kita. Jikalau harus beli pun harganya tidak mahal. So, selamat makan…. jangan lupa berdoa, hehehe….

Tinggalkan Balasan