Analisis Statistik Terpopuler

SPSS, Perangkat Lunak Analisis Statistik Terpopuler

Siapa yang tidak tahu SPSS? SPSS adalah software analisis statistik terpopuler abad ini. Hampir semua anak kuliahan mengenal software analisis data statistik yang satu ini. Tidak hanya mahasiswa ilmu sosial, para mahasiswa sains pun sudah pasti pernah mendengar bahkan menggunakan nama beken yang satu ini.

Istilah keren yang paling tepat mungkin adalah alat “analisis statistik sejuta umat”. Ya, karena hampir semua analisis statistik baik parametrik maupun nonparametrik mampu dikerjakan dengan mudah pakai alat ini.

Loading...

Tidak hanya itu, SPSS ternyata juga sangat familiar di kalangan peneliti pemula sampai peneliti kelas atas. Walaupun di tingkat paling atas aplikasi ini tidak memiliki pamor sekuat di kalangan peneliti pemula. Mengapa demikian? Bukan berarti hasilnya tidak bisa kita andalkan, melainkan hanya beberapa tugas spesifik yang masih belum tersedia atau masih memerlukan effort khusus bila dibandingkan dengan alat lain. Misalnya keterbatasan dalam analisis jalur (path analysis), structural equation modelling (SEM), partial least square (PLS), dan banyak lagi.

Sejarah Pengembangan SPSS

SPSS kali pertama dirilis pada tahun 1968 dengan nama Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) setelah dikembangkan oleh Norman H. Nie dkk. Mereka kemudian tergabung dalam perusahaan bernama SPSS Inc. pada tahun 1975. Pada Juli 2009 perusahaan ini kemudian diakuisisi oleh IBM dengan nilai 1,2 miliar USD. Sampai sekarang SPSS berada dalam naungan IBM corporation.

Update perangkat lunak ini termasuk yang paling aktif. Tiap tahun pasti ada versi terbarunya. Walapun terkadang tidak begitu signifikan. Versi terakhir SPSS adalah versi 27 yang dirilis tahun 2020 ini, dan maodifikasi terakhirnya adalah bulan lalu (Oktober 2020).

Memang tidak banyak perubahan signifikan sejak SPSS versi 16 yang membuatnya bisa berjalan dengan sempurna di berbagai prosesor dan sistem operasi. Antarmuka yang sudah berbasis grafis dan ditulis menggunakan bahasa java membuatnya menjadi universal.

Versi-versi selanjutnya lebih pada penambahan fitur analisis dan kustom task khusus yang lebih mudah. Kustom task ini biasanya tidak banyak digunakan oleh peneliti pemula. Namun fitur ini sangat membantu bagi analis tingkat mahir.

Fitur-fitur Utama SPSS

Loading...

Memang tidak ada ciptaan manusia yang sempurna. Namun, bagi Anda peneliti pemula atau seorang generalis yang sering menggunakan berbagai metode pengujian statistik maka SPSS adalah pilihan yang tepat. Fitur SPSS bisa dibilang paling lengkap untuk urusan ini. Berikut ini adalah fitur utama SPSS yang sering digunakan:

  • Analisis Statistik deskriptif: Tabulasi silang, Frekuensi, Deskripsi, Eksplorasi, Statistik Rasio Deskriptif.
  • Analisis Statistik bivariat: Means, uji-t, ANOVA, Korelasi (bivariat, parsial, jarak), Uji nonparametrik, Bayesian.
  • Analsisi Estimasi dan Prediksi: Regresi linier, Analisis faktor, Analisis cluster (dua langkah, K-means, hierarkis), Diskriminan.
  • Analisis geo spasial dan simulasi

Fitur-fitur ini sudah lebih dari cukup bagi Anda peneliti pemula. Bila Anda adalah peneliti tingkat mahir maka Anda bisa menggunakan fitur pemrograman syntax berbasis 4GL command syntax language. Anda bisa melakukan pemrograman untuk penugasan berulang atau membangun aplikasi yang kompleks. Tentunya diperlukan keahlian khusus untuk hal ini.

Nah demikianlah ulasan singkat saya tentang SPSS. Software ini memang software analisis statistik terpopuler dan sangat andal. Sejarah panjangnya telah membuktikan hal itu. Sayangnya, untuk peneliti pemula seperti saya, juga bagi mahasiswa harga perangkat lunak ini terbilang mahal. Harga termurah untuk langganannya adalah 1,3 juta rupiah per bulan.

Kalau Anda keberatan dengan harga ini, Anda bisa menggunakan aplikasi PSPP. Perangkat lunak yang sangat mirip SPSS ini bisa Anda gunakan secara gratis selamanya. Tidak hanya gratis, tapi juga full version dan tak kalah lengkap.

Loading...

Bila Anda adalah mahasiswa ilmu ekonomi atau bahkan ekonom yang pastinya akan sering menggunakan analisis ekonometrika, maka yang saya rekomendasikan adalah sudah pasti Gretl, Eviews, atau STATA.

Unduhan:

Tinggalkan Balasan