Menjaga Kesehatan Mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata Kita

Menjaga kesehatan mata seringkali diabaikan oleh sebagian besar dari kita. Padahal gaya hidup kita saat ini sebenarnya semakin menambah beban mata kita. Bagaimana tidak, hampir semua orang di dunia ini saat ini lebih banyak berhadapan dengan layar gawai dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Radiasi gelombang elektromagnetik yang menerpa mata kita secara langsung terjadi dalam durasi waktu yang semakin lama. Mata kita menatap cahaya juga setali tiga uang.

Mata merupakan salah satu organ terpeting di dalam anggota tubuh. Dimana organ kita yang satu ini merupakan salah satu sumber kehidupan kita dengan bisa melihat segala sesuatu yang ada. Lalu apa yang terjadi jika mata kita mengalami gangguan, entah itu pandangan yang kabur, minus dan gangguan lainnya. Pasti akan sangat mengganggu bukan? Dan bahkan dalam beberapa kasus yang serius seperti kebutaan menjadi sebuah perihal yang menyedihkan.

Kali ini bicara mengenai menjaga kesehatan mata, mari sobat semuanya berusaha untuk memelihara mata kita agar tetap sehat dan terawat. Dalam aktifitas sehari-hari mata kita melewati banyak sekali aktifitas yang bahkan sangat melelahkan, kalau tidak dirawat pasti akan mengalami gangguan tertentu. Ada beberapa kebiasaan mengenai cara merawat mata agar tetap sehat yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini.

6 Kebiasaan Simple Yang Bisa Menyehatkan Mata

1. Memakan Makanan yang Menyehatkan Mata

Yang pertama tentu saja dari pola makan kita dalam sehari-hari, apakah sudah memberikan asupan sehat untuk mata kita? Mata kita membutuhkan beberapa zat penting agar kinerja dan kesehatannya tetap terjaga. Mulai dari Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Omega-3, dan juga zat lain seperti zink dan juga lutein.

Tentu dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung beberapa zat diatas akan menjadikan mata kita memiliki kinerja baik dan maksimal dan juga sekaligus menangkal resiko terkena penyakit mata. Contoh beberapa jenis makanan yang mengandung zat diatas seperti buah-buahan, sayuran hijau dan juga kacang-kacangan.

2. Stop Merokok

Lagi-lagi rokok memang memicu banyak masalah kesehatan. Mulai dari pernafasan, paru-paru, jantung kerusakan organ dalam tubuh, gangguan untuk otak dan tidak terkecuali mengganggu kesehatan mata. Hal itu dikarenakan beberapa kandungan zat dalam asap rokok yang bila mengenai mata terus menerus akan memicu penyakit seperti halnya katarak. Kemudian dari organ dalam ketika zat tersebut naik ke otak juga mampu mengganggu kesehatan organ mata kita seperti halnya kerusakan syaraf optikdan juga gangguan degenerasi makula.

3. Tidak Bermain Hanpdhone dan Komputer Berlebihan

Melakukan kontak mata dengan handphone, laptop atau komputer sudah menjadi kebiasaan umum masyarakat jaman sekarang. Tanpa disadari kebiasaan ini jika dilakukan berlebihan akan merusak kesehatan mata seseorang. Hal ini dimulai dari kondisi mata kering, kornea yang terus menerus menatap cahaya dan juga organ mata yang akan sangat lelah bekerja.

Maka dari itu sobat, penting bagi kita untuk melakukan jeda tertentu terhadap yang namanya handphone dan juga computer. Apalagi jika memang sobat bekerja di depan computer, usahakan untuk menggunakan kacamata, atau melakukan jeda setiap 30 menit sekali untuk mengalihkan dan sejenak mengistirahatkan fokus pandangan sobat kepada objek lain yang menyegarkan.

4. Olahraga Secara Teratur Juga Menyehatkan Mata

Lagi-lagi yang namanya olahraga memang faktor utama dalam mendukung kesehatan seseorang. Tidak terkecuali untuk menjaga kesehatan mata. Karena dengan olahraga akan membuat sel-sel dalam seluruh tubuh kita melakukan kinerja dengan baik, termasuk dalam memberikan supply zat untuk mata kita. Selain itu akan lebih baik jika kita melakukan olahraga secara rutin di luar ruangan, akan memberikan kesegaran tersendiri untuk mata kita.

5. Istirahat yang Cukup di Malam Hari

Setelah lelah menjalani aktifitas yang padat selama seharian, istirahat malam memang menjadi salah satu hal wajib untuk dilakukan. Utamakan untuk memiliki waktu tidur yang cukup yakni sekitar 7 jam dalam waktu semalam.

Hal ini akan membuat mata kita menjadi beristirahat penuh, saat istirahat mata kita akan membentuk sel-sel baru dan juga menyisihkan beberapa kotoran mata yang di situ bisa merusak mata jika tidak dilakukan. Mari atur jam tirur kita sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan mata.

6. Memeriksakan Mata Secara Rutin

Kebiasaan ini juga sangat bagus untuk mata kita, yakni melakukan check mata secara berkala. Hal ini ditujukan untuk mengetahui kondisi terkini dari mata kita dan untuk melakukan pencegahan dan penanganan dini pada mata kita.

Beberapa kebiasaan diatas perlu kita lakukan dalam hidup ini, setidaknya ketika waktu luang kita sempatkan untuk olahraga, makan buah-buahan, berolahraga dan beberapa aktifitas lain yang mendukung kesehatan mata. Dengan begitu kita akan memiliki mata yang menyenangkan, sehat dan tanpa gangguan apapun.

Demikian sobat mengenai daftar kebiasaan yang bisa menjaga kesehatan mata kita. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

%%footer%%

Tinggalkan Balasan