yang harus diperhatikan dalam mengelola modal usaha

Mengelola modal usaha yang benar akan sangat menentukan kesuksesan sebuah usaha. Maka dari itu Anda harus ingat hal-hal penting apa saja yang harus diperhatikan dalam mengelola modal tersebut. Seperti kita ketahui bersama, penggunaan modal yang tepat akan cepat mendatangkan keuntungan dan mendukung perkembangan usaha, sedangkan alokasi modal yang salah akan menjadikan sebuah usaha mudah bangkrut.

Secara garis besar adalah memperhatikan jumlah modal yang tersedia, kemudian melakukan pembelanjaan dengan tepat agar usaha tersebut mampu bertahan sampai memperoleh keuntungan. Karena yang namanya sebuah usaha membutuhkan waktu untuk berkembang dari merintis hingga mendapatkan hasil. Baiklah langsung saja kita akan bahas hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengelola modal usaha antara lain :

1. Belanja modal untuk sarana prasana usaha

Dalam menggunakan modal untuk memulai usaha harus sangat hati-hati. Utamakan untuk membeli beberapa sarana prasana yang penting untuk menunjang aktifitas usaha yang nanti Anda jalankan.

Dalam belanja sarana prasana sendiri harus memilih alat-alat yang berkualitas agar Anda tidak keluar modal berkali-kali karena alat-alat usaha Anda kurang bagus.

Kemudian dalam menggunakan modal untuk belanja sarana prasana usahakan untuk efektif dan efisien. Terutama dalam jumlah alat dan harga sarana prasana itu sendiri. Usahakan untuk belanja dengan jumlah yang tepat dan dapatkan harga murah agar modal yang keluar bisa di hemat.

2. Melakukan pengeluaran untuk legalitas atau perizinan usaha

Langkah yang kedua adalah mengeluarkan modal untuk keperluan legalitas dan perizinan usaha Anda. Ini penting demi kelancaran usaha Anda ke depan.

Misalkan saja Anda ingin membuat sebuah CV, maka lakukan segera di awal usaha Anda sebelum modal terpakai untuk keperluan yang lain. Atau mungkin sekedar mengurus surat izin usaha dari pemerintah setempat juga perlu Anda lakukan agar usaha bisa berjalan dengan lancar.

Point kedua ini padahal tidak mengeluarkan banyak biaya, namun kalau ditunda-tunda dan usaha sudah terlanjur berjalan biasanya akan susah membuatnya ditengah jalan karena usaha tersebut sudah banyak pengeluaran lainnya.

3. Membuat rencana belanja dengan tepat

Buatlah rencana penggunaan modal Anda tersusun rapi dari awal. Buatlah catatan perencanaan belanja jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Setelah Anda membuat sebuah rencana belanja yang tersusun rapi, maka Anda harus mentaatinya dengan baik. Jangan sampai mengeluarkan modal diluar perencanaan usaha yang sudah Anda buat sebelumnya. Semakin disiplin Anda dengan peraturan keuangan yang Anda buat, maka usaha Anda akan lebih cepat berkembang.

4. Hindari pengeluaran modal berlebih di awal memulai usaha

Hindari pengeluaran modal berlebihan di awal Anda memulai usaha. Karena usaha Anda baru dimulai, artinya perjalanan masih panjang. Usahakan untuk menunda pengeluaran apapun yang bisa ditunda sehingga Anda sangat hemat dalam mengelola modal itu sendiri.

Jangan menuruti nafsu untuk terlihat mewah saat memulai usaha padahal itu semuanya tidak berguna untuk usaha yang Anda jalankan. Jadi lakukan pembelian untuk barang-barang yang seperlunya saja. Karena awal memulai usaha bukan modal yang harus Anda besarkan, namun tindakan secara teknislah yang harus Anda perbanyak agar usaha tersebut cepat mapan dan menghasilkan.

5. Harus menyisakan modal cadangan selama menjalankan usaha

Keluar modal berlebihan aja tidak boleh, apalagi sampai menghabiskan semua modal. Jadi lakukan pemisahan modal dari awal, berapa modal yang bisa Anda pakai dan berapa modal yang Anda jadikan sebagai cadangan.

Memiliki dana cadangan dalam menjalankan sebuah usaha merupakan hal penting yang tidak boleh Anda lupakan. Karena dengan cadangan inilah usaha Anda bisa bertahan sampai benar-benar bisa mendatangkan hasil yang maksimal.

Selain beberapa tips diatas, ada satu tips yang tidak kalah penting dalam mengelola modal usaha. Yakni pisahkan keuangan pribadi Anda dengan keuangan usaha Anda. Seringkali seorang pengusaha gagal karena mereka mencampur aduk keuangan usaha dengan keuangan pribadi. Bahkan keperluan pribadi sampai mengambil terus menerus modal usaha, itu adalah hal yang harus Anda cegah dari awal memulai usaha.

Demikian penjelasan dari saya mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengelola modal usaha agar Anda tidak mengalami kerugian. Semoga penjelasan dari saya bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

%%footer%%

Tinggalkan Balasan