Cara Mengobati Sariawan yang Ampuh dan Mudah

Sariawan adalah infeksi akibat jamur Candida Albicans yang bertumpuk pada mulut. Sariawan bisa terjadi di lidah, bibir, maupun bagian dalam mulut menyebabkan rasa perih. Hal ini karena luka pada sariawan dikelilingi peradangan. Cara mengobati sariawan sendiri ternyata bisa menggunakan bahan-bahan alami.

Sariawan disebabkan oleh infeksi virus ataupun bakteri tertentu, kekurangan asam folat dan B12, melemahnya daya tahan tubuh, luka pada mulut, kebiasaan suka merokok, serta mulut yang kering. Meskipun tidak berbahaya, sariawan akan menimbulkan rasa tidak nyaman, dan berikut cara mengobatinya.

Kumur Air Garam atau Baking Soda

Air garam memang dikenal cukup efektif untuk mengurangi peradangan maupun nyeri yang terjadi pada gusi. Selain itu, larutan ini juga mampu mempercepat kesembuhan jaringan gusi, mulut, dan bibir yang mengalami sariawan.

Caranya, cukup dengan campurkan 1 sedoh teh garam dalam setengah gelas air hangat. Kemudian berkumurlah dengan air garam tersebut, kurang lebih 15-30 detik.

Selain air garam, baking soda ternyata juga mampu mengobati sariawan pada mulut. Caranya hampir sama dengan garam, yakni dengan melarutkan ½ sendok the baking soda dalam 1 gelas air yang hangat. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur.

Mengoleskan Madu

Madu memiliki sifat antibakteri serta antiradang. Sifat ini sangat baik untuk membantu mengobati sariawan. Cara penggunaanya juga sangat mudah.

Anda dapat mengambil madu, kemudian mengoleskannya pada bagian yang terkena sariawan. Pengolesan harus sering dilakukan, yakni 3-4 kali sehari. Madu yang digunakan, ada baiknya madu murni, yang tidak mengalami proses pasteurisasi.

Mengompres dengan Kantong Teh Chamomile

Chamomile diketahui memiliki senyawa azulene dan evonemol, yaitu antiseptik dan antiradang. Senyawa ini diyakini mampu mengurangi dan mempercepat proses menyembuhkan sariawan.

Cara menggunakannya, rendam kantong teh chamomile dengan air hangat. Kemudian, gunakan kantong tersebut untuk mengompres luka pada sariawan. Pengompresan dapat dilakukan lebih dari 5 menit. Proses ini sebaiknya diulang 3-4 kali sehari.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki kandungan asam asetat, yang mampu untuk mengobati sariawan. Karena kandungan tersebut mampu untuk mencegah adanya bakteri jahat serta untuk mempertahankan flora oral supaya tetap sehat, maka bahan ini cukup ampuh.

Cara mengobati sariawan dengan cuka sari apel adalah dengan mencampurkannya dalam makanan atau menggunakannya untuk obat kumur. Untuk menggunakannya sebagai obat kumur, masukkan 1 sendok makan cuka ke dalam segelas air, kemudian gunakan untuk berkumur beberapa detik.

Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya mampu mengobati sariawan. Hal ini karena tanaman tersebut mampu mengurangi rasa sakit serta peradangan dan iritasi.

Caranya, cuci hingga bersih daun lidah buaya. Kemudian, iris daun tersebut, dan oleskan bagian daging atau getah lidah buaya pada bagian yang terkena sariwan secukupnya. Biarkan hingga mongering dengan sendirinya. Ulangi cara ini 2-3 sehari.

Kelapa

Buah kelapa, selain bermanfaat untuk diolah sebagai makanan, ternyata dianggap mampu mengibati sariawan. Hal ini karena kelapa dapat mencegah peradangan yang terjadi akibat sariawan menjadi lebih memburuk, serta mampu mengurangi rasa sakitnya.

Susu kelapa atau minyak kelapa dalam hal ini bisa dicampurkan dengan madu. Kemudian campuran ini dioleskan pada sariawan 3-4 kali sehari. Tidak hanya itu, kelapa juga dapat mengurangi munculnya sariawan yang lebih banyak, karena kelapa bisa menyejukkan suhu tubuh.

Minyak Oregano

Cara mengobati sariawan yang selanjutnya adalah menggunakan minyak oregano. Minyak ini biasanya digunakan untuk memberi bumbu pada makanan.

Namun, siapa sangka, minyak oregano juga dapat mengobati sariawan, karena memiliki antimikroba dan antijamur. Penggunaannya juga mudah. Cukup gunakan dua tetes minyak oregano dan oleskan pada bagian yang terkena sariawan.

Demikianlah beberapa cara mudah menyembuhkan sariawan di mulut. Semoga lekas sembuh dan bisa menikmati santapan karunia Tuhan yang maha kuasa.

%%footer%%

Tinggalkan Balasan