Faktor penyebab kegagalan usaha Yang Sering Dialami

Faktor penyebab kegagalan usaha adalah faktor-faktor yang dapat menyebabkan usaha yang sedang dijalankan oleh perusahaan atau seoarang wirausaha tidak mampu untuk terus melanjutkan usahanya. Banyak sekali faktor-faktor atau sumber penyebab kegagalan usaha, baik yang berasal dari lingkungan eksternal maupun dari dalam (internal) perusahaan/wirausawan sendiri.

Menjalankan sebuah usaha tidak semuanya berjalan mulus. Kadang ada saja faktor penyebab kegagalan usaha yang menjadikan sebuah usaha merugi bahkan bisa gulung tikar. Maka dari itu seorang pelaku usaha harus banyak belajar, mulai dari belajar materi bisnis, belajar dari pengalaman pribadi dan belajar pula dari pengalaman orang lain agar tidak mengalami kegagalan yang sama.

Beberapa faktor penyebab kegagalan usaha kadang sangat disadari oleh pelaku usaha itu sendiri. Namun ada juga beberapa faktor yang tidak disadari karena pengusaha tersebut kurang teliti dalam menjalankan sebuah usaha.

Bagaimana dengan Anda? Apakah mempunyai pengalaman seputar kegagalan usaha? Kalau iya saya ingin mengajak anda menganalisa hal-hal yang menjadi faktor-faktor penyebab kegagalan usaha tersebut. Alasan utama kegagalan usaha baru antara lain sebagai berikut :

1. Kegagalan usaha karena salah memilih usaha

Kegagalan sbeuah usaha bisa terjadi karena dari awal salah dalam memilih usaha. Dan ini jarang sekali disadari. Memilih sebuah usaha yang tepat bisa menjadi sangat penting, misalkan saja menyesuaikan dengan potensi diri kita yang sebenarnya. Dengan begitu sebuah usaha akan berjalan dengan lancar. Berbeda jika menjalankan sebuah usaha asal-asalan, karena ikut-ikutan semata tanpa dasar kemampuan mengelola sebuah usaha tersebut, sudah pasti usaha tersebut tidak berjalan masksimal dan bahkan mengalami kegagalan.

2. Kegagalan usaha karena tidak pandai mengelola keuangan

Faktor kedua yang seringkali menjadi seseorang gagal dalam menjalankan usaha adalah tidak pandai dalam mengelola keuangan. Karena yang namanya keuangan ibaratkan nyawa bagi sebuah usaha. Alokasi keuangan yang tepat menjadi sangat menentukan keberlangsungan sebuah usaha.

Seorang pengusaha yang pandai berhemat dalam pengeluaran usaha juga cukup menentukan keberlangsungan sebuah usaha. Selain itu juga harus professional dengan memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan keluarga. Selama pengelolaan usaha Anda baik, maka usaha Anda akan jauh dari kegagalan.

3. Salah dalam memilih karyawan

Faktor yang lainnya bisa dikarenakan karyawan. Didalam sebuah perusahaan yang sukses pasti di dalamnya banyak karyawan professional dan potensial. Jika karyawan dalam sebuah usaha tidak ahli, tidak professional dan bahkan bekerja tidak sesuai bidangnya, pastinya rentan melakukan kesalahan yang menyebabkan kegagalan usaha.

Makanya penting bagi setiap pemilik usaha untuk melakukan pemilihan karyawan yang benar dari awal. Dengan begitu sebuah usaha akan memiliki tenaga yang powerfull untuk menjadi cepat berkembang.

4. Kegagalan usaha karena kalah dalam persaingan pasar

Faktor lain yang menyebabkan gagalnya sebuah usaha adalah kalah dalam persaingan pasar. Ini juga sudah terbukti di lapangan, bahwa persaingan pasar semakin hari semakin tinggi. Perusahaan yang mau dan mampu terus bersaing akan terus bertahan, namun yang tidak mampu sudah pasti akan tersingkir. Maka dari itu penting bagi pelaku usaha untuk terus memantau kondisi pasar dan melakukan terobosan-terobosan yang menjadikan sebuah usaha terus memenangkan persaingan.

5. Kegagalan usaha karena tidak mengikuti perkembangan teknologi

Penyebab kegagalan usaha juga bisa dikarenakan tidak mau melakukan update perkembangan teknologi. Ini juga berakibat fatal karena usaha tersebut akan ketinggalan zaman. Sebagai contoh nyata beberapa tahun terakhir ini banyak usaha yang gulung tikar kerena tidak mau memanfaatkan teknologi internet. Makanya penting juga bagi setiap pengusaha untuk melakukan update keahlian menggunakan teknologi, misalnya update dengan menggunakan software keuangan, pemasaran dengan digital marketing, melakukan pembaharuan mesin produksi dan juga teknologi lainnya. Dengan begitu sebuah usaha akan mampu tetap bertahan dan terus berkembang.

6. Kegagalan usaha karena banyak melakukan cara kotor dalam menjalankan usaha

Terkadang seseorang ingin kesuksesan secara instan sehingga melakukan cara-cara kotor dalam menjalankan sebuah usaha. Misalkan dengan mendapatkan produk-produk secara illegal, melakukan sabotase dan cara-cara instan lain yang dianggap bisa membuat mereka sukses. Tanpa disadari justru cara yang tidak sportif dalam menjalankan usaha tersebut akan menjadikan sumber kegagalan untuk mereka. Maka dari itu jalanilah usaha Anda dengan cara yang bersih dan sportif. Bermodalkan kejujuran serta ketekunan, dengan begitu usaha Anda akan terus bertahan dan perlahan terus berkembang.

Faktor-faktor yang menjadi penyebab kegagalan usaha bisa berasal dari diri kita sendiri atau dari luar. Dari diri kita yakni bagaimana cara kita mengelola dan menjalankan sebuah usaha. Sedangkan dari luar adalah dengan meningkatnya persaingan bisnis. Kalau kedua faktor tersebut bisa kita atasi dengan baik, pasti usaha kita akan terus bertahan dan berkembang.

Demikian penjelasan dari saya mengenai hal-hal yang paling sering menjadi faktor penyebab kegagalan usaha. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.(maglearning.id)

%%footer%%

Tinggalkan Balasan