Sumber karbohidrat yang aman untuk penderita diabetes

Untuk Anda penderita diabetes ini sumber karbohidrat yang aman dikonsumsi. Karbohidrat memegang peranan penting dalam sistem metabolisme manusia. Karbohidrat menjadi sumber energi utama manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Namun tidak semua orang bisa mengonsumsi karbohidrat secara bebas. Penderita diabetes harus hati-hati dalam memilih sumber karbohidrat. Jika salah akan membuat kadar gulanya semakin naik.

Penderita diabetes harus memilih sumber karbohidrat yang tidak menaikkan kadar gula dalam dirinya.

Oleh karena itu diartikel ini akan dijelaskan tentang makanan sumber karbohidrat yang aman untuk penderita diabetes.

Raspberry

Buah ini sangat aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bila dibandingkan buah lain raspberry memiliki kandungan gula yang rendah dan aman dikonsumsi jangka panjang.

Bahkan raspberry ini bisa memperlancar sistem peredaran darah dan memperbaiki fungsi arteri. Tentunya ini baik bagi penderita diabetes.

Buah Apel

Meski memiliki rasa yang manis. Apel ternyata sangat baik untuk penderita diabetes. Apel memiliki kandungan vitamin dan serat yang tinggi

Ada vitamin c, vitamin a, kalsium dan tentunya karbohidrat yang pas untuk penderita diabetes.

Apel mempunyai kadar indeks glikemik yang kecil. Yang artinya apel bisa mencegah masuknya gula yang terlalu tinggi dalam tubuh penderita diabetes.

Polong-polongan

Berdasar uji laboratorium dari American journal. Tanaman keluarga polong-polongan seperti kacang hijau, kedelai atau kacang hitam memiliki nilai karbohidrat yang pas untuk penderita diabetes, tentunya dengan takaran yang sudah disarankan dokter.

Menambahkan polong-polongan pada menu hidangan membantu mengontrol pola makan penderita diabetes. Hal ini terjadi karena polong-polongan bersifat mengenyangkan.

Polong-polongan kaya akan serat, protein, mineral dan vitamin e. Dengan porsi yang tepat akan bermanfaat untuk penderita diabetes.

Sayur- sayuran

Orang yang sakit diabetes harus benar-benar menjaga kadar gulanya agar tidak tinggi. Salah satu hal yang dilakukan adalah memakan sayur-sayuran.

Sayur-sayuran memiliki serat yang tinggi, banyak vitamin dan yang terpenting punya indeks kadar glikemik yang rendah.

Sayur-sayuran bisa menjadi penetralisir karbohidrat berlebihan dan mencegah penumpukan glukosa pada aliran darah.

Sayuran yang disarankan adalah kubis, wortel, mentimun, bayam, Tomat dan yang lainnya.

Biji bijian

Sumber karbohidrat untuk penderita diabetes berikutnya adalah biji-bijian. Banyak orang beranggapan bahwa penderita diabetes tidak boleh memakan menu biji-bijian. Padahal ini adalah anggapan yang salah.

Memakan biji-bijian dengan porsi yang tepat sangat bagus untuk penderita diabetes. Jenis biji-bijian yang disarankan adalah biji labu, gandum utuh, nasi merah dan quinoa.

Biji-bijian memiliki banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan penderita diabetes. Nutrisi seperti asam folat, protein, betakaroten dan serat yang tinggi. Mampu menjaga metabolisme tubuh tetap prima.

Bijian-bijian bisa memperlambat berubahnya karbohidrat menjadi gula asalkan dikonsumsi secara tidak berlebihan

Oatmeal

Dan yang terakhir bahan karbohidrat yang disarankan bagi penderita diabetes adalah oatmeal. Oatmeal bisa mencukupi nutrisi penderita diabetes tanpa menaikan kadar insulin dalam tubuh.

Oatmeal kaya akan gizi baik dan serat larut yang ramah dicerna penderita diabetes. Makanan ini juga bisa menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh.

Demikianlah bahasan kami tentang makanan sumber karbohidrat yang aman bagi Anda yang menderita diabetes. Semoga bermanfaat, dan Anda semakin sehat dan bahagia.

%%footer%%

Tinggalkan Balasan