Mendeley Error Format Citation

Mendeley Error Format Citation, ini cara mengatasinya!

Mendeley Error Format Citation beberapa kali saya temukan. Baik atas pengalaman sendiri maupun berdasarkan informasi dari teman atau pembaca saya di blog ini.

Bila sebelumnya saya membahas tentang error plugin mendeley di MS Word yang tidak muncul, sehingga menu “Mendely Cite-O-Matic” tidak keluar, kali ini error terjadi setelah plugin ini berhasil dipasang.

Kita berhasil melakukan tahapan sitasi, sampai memilih dokumen yang disitasi. Namun, setelah proses sitasi dilakukan sampai tahap akhir ternyata hanya sampai “citation formating” yang muncul sebentar lalu menghilang.

Untuk lebih jelasnya silakan simak video di bawah ini.

Video ini dikirimkan oleh pembaca setia maglearning.id. Dia gagal melakukan sitasi mendeley setelah melakukan proses sitasi dengan benar. Beberapa orang menyebutnya error ini sebagai “error invalid format citation”.

Sebenarnya langkah menyelesaikan masalah ini cukup mudah. Biasanya masalahnya muncul pada Microsoft Word versi agak jadul, misalnya versi 2013 namun menggunakan versi Mendeley 1.19 ke atas. Bisa juga karena Anda menggunakan Windows versi agak lama seperti Windows 8.1 atau bahkan Windows 7.

Jadi, solusinya sederhana yaitu mengganti versi Mendeley Anda menjadi versi 1.17.1. Caranya  adalah dengan uninstall mendeley Anda kemudian restart windows Anda. Download Mendeley versi 1.17.1 di laman old mendeley. Setelah selesai install seperti biasa, kemudian install plugin ms word-nya.

Nah, setelah semua terinstal, silakan lakukan sitasi dan tara….. insya Allah sukses. Bila sudah berhasil, maka jangan pernah update Mendeley Anda walaupun mendapatkan tawaran update. Kecuali bila Anda juga update MS Word Anda misalnya menjadi versi 2016 atau 2019.

Jika belum berhasil bagaimana? Jangan panik dulu. Silakan cek Ms Office dan windows Anda, bila lebih jadul dari yang telah saya sebutkan di atas maka solusinya juga mudah kok. Tinggal turunkan versi mendeley Anda menjadi versi 1.15.

Bisa jadi yang Anda alami adalah sebaliknya, yaitu Anda menggunakan MS Office 2019 tapi Mendeley Anda masih jadul misalnya versi 1.7.1. Maka solusinya adalah sebaliknya, yaitu segera update Mendeley Anda menjadi versi 1.19.5.

Eh, dari semua solusi tadi masih juga belum berhasil. Anda boleh menghubungi saya lewat komentar di blog ini dan akan saya bantu untuk melakukan proses trouble shooting-nya.

Jangan khawatir soal biaya, Anda tidak perlu bayar sepeser pun alias gratis. Namun, saya berharap Anda sudah berhasil menyelesaikannya sendiri hehehe….

Ok Sobat, semoga tulisan ini bermanfaat untuk mengatasi masalah Mendeley error invalid format citation. Sampai jumpa di lain kesempatan yang lebih berbahagia (maglearning.id).

%%footer%%

11 comments

  1. Ka, kalau pada saat insert citation muncul tulisan formatting citationsnya lamaa gak ilang2 dan gak muncul juga penulisnya itu gimana ya solusinya?
    Laptop saya menggunakan Windows 2007 dan word 2010
    Terimakasih ka

  2. kak, aku kan mau insert cititaion. yang muncul malah formatting citation. udah gitu word sama mendeleynya kayak eror gitu, no respond. aku tunggu beberapa saat tetap gk muncul pengarangnya, tetap {formatting citation} itu kenapa kak ya??

Tinggalkan Balasan