Mendeley Error Format Citation

Mendeley Error Format Citation, ini cara mengatasinya!

Mendeley Error Format Citation beberapa kali saya temukan. Baik atas pengalaman sendiri maupun berdasarkan informasi dari teman atau pembaca saya di blog ini.

Bila sebelumnya saya membahas tentang error plugin mendeley di MS Word yang tidak muncul, sehingga menu “Mendely Cite-O-Matic” tidak keluar, kali ini error terjadi setelah plugin ini berhasil dipasang.

Kita berhasil melakukan tahapan sitasi, sampai memilih dokumen yang disitasi. Namun, setelah proses sitasi dilakukan sampai tahap akhir ternyata hanya sampai “citation formating” yang muncul sebentar lalu menghilang.

Untuk lebih jelasnya silakan simak video di bawah ini.

Video ini dikirimkan oleh pembaca setia maglearning.id. Dia gagal melakukan sitasi mendeley setelah melakukan proses sitasi dengan benar. Beberapa orang menyebutnya error ini sebagai “error invalid format citation”.

Sebenarnya langkah menyelesaikan masalah ini cukup mudah. Biasanya masalahnya muncul pada Microsoft Word versi agak jadul, misalnya versi 2013 namun menggunakan versi Mendeley 1.19 ke atas. Bisa juga karena Anda menggunakan Windows versi agak lama seperti Windows 8.1 atau bahkan Windows 7.

Jadi, solusinya sederhana yaitu mengganti versi Mendeley Anda menjadi versi 1.17.1. Caranya  adalah dengan uninstall mendeley Anda kemudian restart windows Anda. Download Mendeley versi 1.17.1 di laman old mendeley. Setelah selesai install seperti biasa, kemudian install plugin ms word-nya.

Nah, setelah semua terinstal, silakan lakukan sitasi dan tara….. insya Allah sukses. Bila sudah berhasil, maka jangan pernah update Mendeley Anda walaupun mendapatkan tawaran update. Kecuali bila Anda juga update MS Word Anda misalnya menjadi versi 2016 atau 2019.

Jika belum berhasil bagaimana? Jangan panik dulu. Silakan cek Ms Office dan windows Anda, bila lebih jadul dari yang telah saya sebutkan di atas maka solusinya juga mudah kok. Tinggal turunkan versi mendeley Anda menjadi versi 1.15.

Bisa jadi yang Anda alami adalah sebaliknya, yaitu Anda menggunakan MS Office 2019 tapi Mendeley Anda masih jadul misalnya versi 1.7.1. Maka solusinya adalah sebaliknya, yaitu segera update Mendeley Anda menjadi versi 1.19.5.

Eh, dari semua solusi tadi masih juga belum berhasil. Anda boleh menghubungi saya lewat komentar di blog ini dan akan saya bantu untuk melakukan proses trouble shooting-nya.

Jangan khawatir soal biaya, Anda tidak perlu bayar sepeser pun alias gratis. Namun, saya berharap Anda sudah berhasil menyelesaikannya sendiri hehehe….

Ok Sobat, semoga tulisan ini bermanfaat untuk mengatasi masalah Mendeley error invalid format citation. Sampai jumpa di lain kesempatan yang lebih berbahagia (maglearning.id).

Loading...

70 comments

    1. yg sy alami pun bgitu. sy pake window 7 ultimate, word 2010 dan mendeley versi 1,16. ketika insert citasi yg muncul di word “formatting citation”… lama2.. word sy jd heng, g bisa di klik, g bisa di apa2 in. bgtupun dg mnedeleynya. makasih informasi dan solusinya

  1. Ka, kalau pada saat insert citation muncul tulisan formatting citationsnya lamaa gak ilang2 dan gak muncul juga penulisnya itu gimana ya solusinya?
    Laptop saya menggunakan Windows 2007 dan word 2010
    Terimakasih ka

      1. sy pun dapat masalahnya seperti itu, sy pake windows 7 ultimate, word 2010 dan mendeley 1,16. saat insert citasi munculnya “formating citation” ga ilang2, sampe word sama mendeleynya nge heng

  2. kak, aku kan mau insert cititaion. yang muncul malah formatting citation. udah gitu word sama mendeleynya kayak eror gitu, no respond. aku tunggu beberapa saat tetap gk muncul pengarangnya, tetap {formatting citation} itu kenapa kak ya??

  3. Bang. Masalah ane sama persis kaya gitu. Ane pake word 2010 dan versi mendeley 1.19.8. Ane ada niatan buat pindah ke mendeley versi 1.19.4. Pas udah diinstal yg bersi 1.19.4 pas dibuka aplikasinya malah crash bang. Jadi tambah bingung nih

  4. Pagi kak, saya mau tanya kalau mendeley tiba-tiba tidak bisa melanjutkan penulisan daftar pustaka itu bagaimana ya solusinya?
    Sudah ada 29 sitasi dalam dafus saya, nah ketika mau nambah sitasi baru tiba-tiba mengulang dari nomor 1 lagi tidak mau melanjutkan menjadi no 30 dalam dafusnya. Apakah ada batasan dalam penulisan di dafus?
    Saya pakai ms word 2019 mendeley versi 1.19.8

    mohon penjelasannya, terimakasih

  5. kak.. tolong ini gimana ya.. mendeley cuma muncul format citation aja..lamaaaa banget baru muncul, dan cuma tulisan itu aja.. word aq 2010 dan mendeley 1.16.3 tolong solusinya kk

  6. kak tolong dong ini saya pake windows 10, ms word 2013 terus saya pakai mendeley yang versi 1.17.1 dan gabisa. awalnya saya pakai yang terbaru gabisa juga. tolong solusinya kak

      1. Macet kak. tapi alhamdulillah sekarang udah bisa kak saya ikutin instruksi kaka yang di atas saya coba satu-satu akhirnya bisa di versi 1.17.11.

  7. Kak klo sitasi mendeley error/tdk sesuai no refrensi nya gmna ya?
    Misalnya mau masukin tefrensi no 9 tp yg muncul no 1, strus nya bgtu yg muncul nomor 1 trus.

      1. kak, saya juga begitu formatting citation. tidak bsa klik apa”
        padahal windows 2010, word 365, mendeley 1.17.10
        gimana nih kak?

  8. Halo kak, mendeley saya pertama versi 1.19, tapi tidak bisa, lalu saya download yg versi 1.17 karna word saya 2010, setelah di coba ternyata ada formatting citation dan nge hang batrainya. Tadi saya liat sarannya pake 1.15
    Apakah ada link buat mendownload yg versi 1.15 ? Soalnya sudah di cari tapi ga nemu kak🙏

  9. Terimakasih atas penjabarannya, izin bertanya.
    Saya coba pakai mendeley dengan style turabian, akan tetapi urutan footnote seharusnya 1,2, 3 berubah menjadi simbol ***, $$$, dst. Solusinya seperti apa ya?

  10. kak, windows saya 2010, office saya 365, mendeleynya versi 1.17 10
    tetap gak bisa bang, padahal bulan kemaren bisa.
    namun setelah buka lagi, formatting citation, gak bsa dipencet apa” juga.
    mohon solusinya bang

  11. saya gabisa insert sitasi kenapa yaa? maksudnya nama authornya ga muncul gitu pas dicari. padahal jurnalnya udah dimasukkan ke mendeley. trs juga kadang ada jurnal yg ga kebaca sm mendeley.

  12. Slmt siang mas, mau tanya, sy pakai macOs Monterey versi 12.4, dan sdh pasang mendeley dekstop versi 1.19.8, dan sy menggunakan Ms Word for mac versi 16.63.1, dan sy sdh memasang Mendeley Cite di Word sy, permasalahanya ketika sy akn merubah/update Citation style yg memakai Footnote selalu tidak bisa, contohnya seperti Chicago Manual of Style 17th Edition Full Note with ibid, pasti akan keluar peringatan : “Mendeley Cite does not currently support the use of footnote citation styles in documents. Select another style…” Kalau seperti itu knp ya mas?mohon pencerahanya.trims

  13. Ka, mau nanya, saya udah donwload mendeley, versi 1,19. Trus pas masu masukim footnotee, not respond, loading sampe ngehang gitu word nya malah, dan pas masukin footnote, itu ngulang dari angka ¹ lagi, kira² kenapa ya? Apakah ini berpengaruh dengan versi mendeley yang tidak sesuai dengan word dan Windows? Terimakasih ka mohon jawabannya🙏

  14. Ka, kenapa ya saya tiap masukin footnotee baru not respond, trus juga ngulang dari 1 lagi, apa ini berhubungan sama mendeleyny ga cocok versinya sama word dan Windows?

  15. Kak mohon bantuannya , kenapa muncul formatting d word, saya menggunakan word 2013, windows 10 pro, mendeley 1.17.1 , solusi nya gimana ya kak?

  16. kalo pake bodynote aman bang, tapi kalau pake full note kok malah muncul di sebelah teks ya? bukannya muncul di bawah.

    biasanya kan gini: Pembelajaran bahasa adalah…1.

    1 Asep Sumarja. 2021. Kurikulum Pembelajaran Bahasa. (Jakarta: Gramedia)

    ini malah langsung di sampingnya begini:
    Pembelajaran bahasa adalah…Asep Sumarja. 2021. Kurikulum Pembelajaran Bahasa. (Jakarta: Gramedia)

    itu kenapa bang?

  17. kalo pake body note bisa bang, tapi kalo pake footnote bermasalah

    biasanya kan begini ya:
    Pembelajaran bahasa adalah…1.

    1 Asep Sumarja. 2021. Kurikulum Pembelajaran Bahasa. (Jakarta: Gramedia)

    tapi ini malah begini:
    Pembelajaran bahasa adalah…Asep Sumarja. 2021. Kurikulum Pembelajaran Bahasa. (Jakarta: Gramedia)

    itu kenapa ya bang?
    btw ini Word 2013, Mendeley 1.14, Windows 8.1

  18. kalo pake body note bisa bang, tapi kalo pake footnote bermasalah

    biasanya kan begini ya:
    Pembelajaran bahasa adalah…1.

    1 Asep Sumarja. 2021. Kurikulum Pembelajaran Bahasa. (Jakarta: Gramedia)

    tapi ini malah begini:
    Pembelajaran bahasa adalah…Asep Sumarja. 2021. Kurikulum Pembelajaran Bahasa. (Jakarta: Gramedia)

    itu kenapa ya bang?
    btw ini Word 2013, Mendeley 1.14, Windows 8.1

  19. permasalahan saya seperti itu sama bang ketika ingin mensitasi UU No.20 Tahun 2003 word saya error tidak bisa diapa-apakan dan mendeley juga ngefreeze.

    Word 2019, Mendeley 1.19.8, Windows 11

  20. Word ku 2021
    Microsoft 10

    Mendeley cite gak bisa pakai style Turabian’ 8th edition (full note, no ibid)
    Tulisannya
    Sorry, this citation style is not supported

  21. Permisi…
    Saya pernah install Mendeley versi terbaru. Nah, abis itu saya uninstall lagi, untuk bisa install yang versi lebih rendah. Waktu saya install yang lbh rendah ini ga bisa di data C katanya.. itu kenapa ya? Apa Mendeley versi terbaru tadi harus di hapus?🙏

  22. Halo kak, saya juga mendeley tiba-tiba jadi gak bisa padahal dr pas awal pakai yg versi 1.19.5 kak, word 2013 windows 10
    Tapi kenapa tahun sekarang jadi gak bisa malah jadi formatting problem gitu kak jd gk bisa sitasi
    Itu bagaimana ya kak solusi nya??

  23. Halo kak, bagi solusi ya dong
    Saya kan udh lama bgt pake mendeley versi 1.19.5, dan sekarang malah jadi gak bisa sitasi Kak malah muncul formatting problem gitu kak word ya 2013 kak
    Itu kenapa nya kak
    Bagi solusi nya kak

  24. Kak, word ku error kayanya ada kaitannya sama mendeley.
    Jadi tiap aku mau edit kalimat tu selalu gak bisa dan malah diarahin ke sitasi yang aku buat dari mendeley. Toolbar juga jadi gak bisa berfungsi. Bisanya cuma ngedit sitasi mendeley itu aja. Udah aku coba buat close trus open lagi file nya tapi tetep aja gabisa ngedit kalimat lain dan balik lagi diarahin ke sitasi mendeley nya (cuma bisa nge klik di sitasi nya aja). Solusinya gimana ya kak?

  25. kak, aku kok turabian style nya gabisa dipakai ya? disitu tulisannya (sorry, this citation style is not supported) btw aku pake ms word 2021 dan pakai mendeley reference manager 2.90.0

  26. kak mau tanya, sebelumnya mendeleyku gak papa tapi tiba tiba ini pas mau masukin sitasi kaya gak terhubung sama library mendeleyku jadi pas mau masukin sitasi trs nyari sumbernya itu gak mau itu kenapa ya kak? mohon bantuannya kak

  27. kak mau tanya, untuk mendeley reference manager ini sudah saya connect ke word tetapi kok di wordnya error occured gitu ya ka? Saya sudah install ulang mendeley sudah add in mendeley cite kembali, tetap saja error occured

  28. halo kak. mau tanya. saya kan pake mendeley 1.19.8, udah banyak pustaka dimasukin, udah buat file dan beberapa udah bisa sitasinya di file saya. nah tiba2 ketika mau nambahin sitasi lagi, mendeley dan word saya crash. udah saya restart berulang ulang laptop saya, tapi ketika diulang sitasi tetap crash. padahal sebelumnya bisa. Versi Windows saya 11, word 2016

  29. Kak, mau tanya ini mendeley cite saya sudah muncul di word tapi loading terus (udah saya tunggu 1 jam masi loading terus) jadinya saya gabisa masukin sitasi sama bibliografi dari jurnal yg udah saya masukin di mendeley reference manager. Mohon solusinya kak, makasih 🙏🏼

Tinggalkan Balasan