Penyesalan Di Hari Tua Sebagai Pelajaran Tentang Hidup

Ada berapa hal yang dapat memicu penyesalan di hari tua, di mana dari penyesalan-penyesalan ini bisa dijadikan pelajaran tentang kehidupan. Penyesalan memang selalu di akhir, namun belajar tentang banyak hal membuat kita bisa meminimalisirnya.

Kalau bicara soal masa tua biasanya akan menyangkut dengan beberapa hal. Mulai dari sudah mulai tidak bertenaga, tidak sehat, butuh banyak waktu istirahat dan beberapa hal yang lainnya. Saat itu pula kebanyakan orang sudah merasa bahwa waktu yang berjalan begitu cepat dan sudah tidak banyak tersisa seperti dulu lagi.

Hingga muncullah beberapa penyesalan di masa tua yang mau tidak mau sudah terlambat untuk diperbaiki, karena memang waktu yang tidak bisa diputar kembali. Sebuah masa di mana rambut mulai memutih ini sangat sedih rasanya jika mengungkap sebuah penyesalan. Ada beberapa dan bahkan banyak penyesalan masa tua yang bisa diungkap dan dipelajari.

Tidak ada yang tahu kepastian berapa lama waktu kita di dunia ini. Namun, kita bisa belajar memanfaatkan waktu kita sekarang, apalagi yang merasa masih muda untuk tidak mengalami beberapa penyesalan masa tua yang mereka  keluhkan. Beberapa penyesalan yang bisa kita petik pelajarannya antara lain :

1. Menyesal Karena Dulu Banyak Menunda-nunda Waktu

Penyesalan yang pertama yang dikeluhkan banyak orang yang masuk di usia tua adalah menyesal karena banyak menunda waktu. Kebiasaan menunda yang kelihatannya sepal, namun ternyata banyak waktu yang terbuang, banyak hal yang tidak sempat dilakukan dan akhirnya penyesalan pun tidak bisa dihindari.

Sebuah pelajaran penting bagi kita semua, ketika masih ada kesempatan, ketika memang harus melakukan sesuatu, kerjakan segera. Dengan begitu kita akan bisa menggunakan waktu dengan baik. Jangan menunda dan apa pun hasilnya nanti yang jelas kita tidak akan menyesal karena sudah melakukan banyak hal secara maksimal.

Penundaan memang penyakit yang luar biasa susah untuk diobati, apalagi jika kita membiarkan kemalasan tumbuh dalam diri kita. Maka tidak ada lain selain memaksa diri kita untuk segera bertindak dan membiasakannya secara terus menerus.

2. Menyesal Kenapa Dulu Tidak Bekerja Keras

Penyesalan di masa tua selanjutnya yang sering dikeluhkan adalah kenapa dulu tidak bekerja keras. Dan akhirnya malah sebagian orang masih dipaksa bekerja di masa tua tersebut.

Pelajaran bagi kita yang selama ini masih malas dalam bekerja dan berusaha. Banyak orang yang ingin kembali ke masa kita sekarang namun sudah tidak bisa lagi. Maka dari itu bekerja dan berusaha sebaik mungkin adalah satu-satunya solusi untuk mempersiapkan masa tua yang baik dan juga masa tua yang bahagia tanpa sebuah penyesalan.

3. Menyesal Kenapa Dulu Tidak Berhemat

Penyesalan selanjutnya yang sering di alami pada masa tua adalah menyesal karena tidak berhemat keuangan dengan baik. Yang akhirnya masa tua tidak ada tabungan kala sudah tidak produktif lagi. Penyesalan pun semakin menjadi kala teringat masa muda banyak uang namun sering menghamburkannya untuk sesuatu yang tidak perlu.

Pelajaran penting bagi kita tentu saja uang harus digunakan dengan bijak. Dibelanjakan dengan bijak dan disimpan juga untuk masa tua nanti. Dengan begitu ketika kita sudah tidak produktif lagi, kita masih punya cadangan biaya untuk hidup dan tentunya tidak harus memaksa diri bekerja keras di masa tua.

4. Menyesal Kenapa Dulu Tidak Menyempatkan Waktu Untuk Orang Yang Dicintai

Penyesalan ke empat kenapa dulu tidak banyak menyempatkan waktu untuk keluarga. Kenapa dulu selalu egois dan menghabiskan banyak waktu untuk kepentingan sendiri. Yang pada akhirnya merasa waktu sudah tidak banyak lagi untuk menikmati masa-masa tersebut dan akhirnya penyesalan pun tidak bisa dicegah.

Pelajaran bagi kita sesibuk apa pun kita untuk tetap berkomunikasi baik dengan orang tua atau keluarga, lebih baik lagi jika kita bisa sering berkumpul dan bersama. Karena keluarga adalah sumber kebahagiaan utama dalam hidup.

5. Menyesal Kenapa Dulu Tidak Menjaga Kesehatan Dengan Baik

Penyesalan di hari tua yang ke lima adalah menyesal kenapa dulu menyepelekan yang namanya merawat diri dan tidak membiasakan diri berpola hidup sehat. Setelah sadar ketika waktu tua datang akhirnya banyak penyakit yang muncul dan terpaksa harus mengeluarkan banyak biaya dan bahkan menyusahkan orang lain.

Hikmahnya bagi kita apalagi yang masih muda, menjaga kesehatan itu adalah modal utama untuk hidup bahagia, bahagia sekarang dan juga bahagia masa tua nanti. Minimal saat hari tua nanti tidak terjangkit penyakit yang bisa menyusahkan keluarga gara-gara ulah kita sendiri yang sering mengabaikan kesehatan.

Demikian sobat beberapa penyesalan di hari tua yang banyak dialami orang-orang, semoga dengan mengetahui hal tersebut kita bisa mencegahnya lebih dini. Semoga bisa bermanfaat, salam belajar menyenangkan dan terima kasih (maglearning.id).

%%footer%%

One comment

Tinggalkan Balasan