Makanan dan Minuman Yang Bisa Menghilangkan Stres

Makanan dan Minuman yang Bisa Menghilangkan Stres – Pernahkah kita mengalami Stres? Apa lagi musim pandemi seperti ini pasti banyak, dan tidak lagi di dominasi oleh orang tua. Bahkan anak-anak dan remaja pun ikut-ikutan stres, walaupun sangat beragam penyebabnya.

Merasa tertekan menjalani hidup sebenarnya wajar-wajar saja, baik karena masalah pekerjaan, pendidikan, asmara dan sebagainya. Stres adalah bentuk emosi yang wajar bagi semua manusia. Problematika hidup yang silih berganti sering membuat kita patah arang dan jadinya menimbulkan stress.

Stres memang hal wajar dan pasti pernah dialami oleh siapa saja. Stres merupakan sebuah persepsi tentang suatu hal yang tidak sesuai dengan harapan. Namun stres yang tak teratasi akan membuat dampak buruk bagi kesehatan. Baik secara fisik maupun batin. Stres dapat merangsang terjadinya komplikasi jantung dan meningkatkan risiko terkena depresi.

Meski begitu janganlah khawatir karena di artikel ini akan dibahas tentang makanan dan minuman yang bisa digunakan untuk menghilangkan stres. Stres harus kita kalahkan, bahkan hanya dengan makan dan minum yang tepat disertai wawasan yang cukup tentang stres.

Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang dipercaya bisa menghilangkan stres.

Cokelat hitam

Cokelat sering dikenal sebagai makanan manis nan lezat, kalau sudah diolah sih, ya manis karena gula tentunya. Selain dikenal akan rasanya cokelat juga sangat bagus digunakan dalam bidang kesehatan. Cokelat mampu memelihara kesehatan jiwa.

Menurut laporan dari Journal Of Proteome Research yanga mengatakan bahwa cokelat mampu meredam hormon penyebab stress kortisol dan katekolamin dan meningkatkan hormon kebahagiaan bernama dopamine. Namun kita perlu untuk mengatur konsumsi cokelat karena kandungan lemaknya yang tinggi bisa mengakibatkan kegemukan. Hayo… jangan sampai malah ini biang stres yang baru hehehe… jangan sampai ya.

Ubi Jalar

Salah satu bahan makanan mudah yang bisa digunakan untuk mengurangi stres adalah ubi jalar. Seperti yang kita ketahui ubi jalar dikenal sebagai makanan pokok pengganti nasi atau jagung. Namun masih jarang diketahui bahwa ubi jalar juga menyimpan manfaat untuk Kejiwaan manusia.

Menurut Jurnal Kesehatan Healthline ubi jalar yang dikonsumsi secara rutin akan menurunkan kadar hormon kortisol penyebab stress. Kortisol yang terlalu berlebih akan membuat pikiran orang menjadi cemas dan menyebabkan depresi. Oleh karena itu ubi jalar membantu kadar hormon tersebut agar terjaga secara normal.

Nah, makanan murah ini ternyata ampuh juga. Jangan-jangan orang desa selalu nampak bahagia karena rutin makan ubi jalar, bisa jadi.

Alpukat

Stres yang berlebihan akan memicu munculnya radikal bebas pada tubuh. Stress juga bisa terjadi karena tubuh kita kekurangan nutrisi seperti vitamin e, vitamin b, asam folat dan sebagainya. Kekurangan ini bisa teratasi saat kita rajin mengonsumsi alpukat.

Menurut ahli gizi bernama Rachel Begun, M.S., RDN, . Mengatakan bahwa mengonsumsi alpukat dapat mencegah rendahnya nutrisi dalam tubuh akibat stress. Kekayaan potasium dan mineralnya mampu menstabilkan mood hati manusia.

Yo, bagi kamu yang sedang stres akibat keingat mantan segeralah pesan jus apukat di cafe terdekat. So, otomatis mantan akan tinggal kenangan yang terlupakan.

Kerang

Stress yang tak kunjung teratasi akan membuat mood kita terganggu. Ketika mood terganggu emosi kita jadi tidak stabil. Kita jadi sering marah dalam berbagai kesempatan. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa mencicipi kuliner kerang. Kerang adalah salah satu makanan yang bisa menghilangkan stres ternyata.

Kerang bukan hanya seafood yang enak rasanya, kerang juga bagus untuk menjaga kesehatan jiwa. Kandungannya yang seperti taurin dan asam amino akan membantu mengontrol mood tetap stabil. Selain itu kandungan kerang juga bisa meningkatkan hormon kebahagiaan.

Teh Chamomile

Selain makanan juga ada minuman yang bisa digunakan meredakan stress. Salah satunya adalah teh Chamomile. Chamomile adalah jenis bunga kecil berwarna putih yang sangat lezat digunakan sebagai minuman.

Teh Chamomile yang sering dikonsumsi akan membantu otak kita untuk lebih rileks dan lebih tenang saat menghadapi masalah. Kandungan fitokimia yang berada di dalamnya akan meredakan syaraf-syaraf otak yang kaku akibat stres.

Nah, itu tadi beberapa makan dan minuman yang bisa menghilangkan stres. Ayo ubah stres menjadi pikiran positif dan kreatif. Karena stres sebenarnya hanya sebuah persepsi tentang keadaan. Kita harus mampu berdamai dengan keadaan, niscaya stres akan hilang sirna.

Oke sobat segera buang jauh-jauh stres kita, ubah jadi sesuatu yang bermakna. Makan makanan yang sehat dan tepat. Selamat berjuang, semoga berhasil. Salam belajar menyenangkan (maglearning.id).

%%footer%%