Cara Berjualan di Tokopedia Tanpa Stok Barang

Cara Berjualan di Tokopedia Tanpa Stok Barang – Selain Shopee, salah satu e-commerce yang juga populer di Indonesia adalah Tokopedia. Aplikasi jual beli online ini sudah banyak sekali membantu keperluan ibu-ibu di rumah, yang biasanya harus keluar rumah dulu ketika akan berbelanja, dengan adanya Tokopedia sudah tidak lagi. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna Tokopedia terbilang cukup besar, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat berjualan.

Saat ini, sudah banyak loh pebisnis di Tokopedia yang bisa kamu temukan. Nah, jika kamu ingin memulai bisnis, nggak ada salahnya buat memanfaatkan Tokopedia juga untuk memperolah keuntungan. Apalagi kini, Marketplace online ini sudah menyediakan fitur berbisnis dengan cara jualan di Tokopedia tanpa harus punya modal, alias tanpa nyetok barang. Kan keren ya. Maka, kalau sekarang kamu sedang tidak memiliki modal, coba deh buat ngejalanin bisnis satu ini. Untuk seputar cara jualan di Tokopedia tanpa stok barang bakal dibahas tuntas di sini.

Kelebihan dan Manfaat Jualan di Tokopedia

So, sebelum ke cara jualan di Tokopedia tanpa stok barang, kamu harus tahu dulu nih seputar kelebihan dan manfaat berjualan di Tokopedia. Mengetahui kelebihan dan manfaat jualan di Tokopedia tentu penting untuk kamu ketahui ya, karena bisa membuat kamu lebih yakin ketika memilih terjun ke bisnis di Tokopedia.

Kelebihan pertama adalah karena Tokopedia telah menjadi e-commerce yang dikunjungi banyak orang di Indonesia, hal ini sebagaimana yang disebutkan di beberapa laman berita paling tidak, Tokopedia telah memiliki 86 juta konsumen tetap loh yang selalu mengunjungi e-comerce satu ini tiap bulan. Waw. Angka tersebut bukan angka yang kecil ya. Sehingga terlihat sangat potensial dapat memberikan keuntungan.

Nah, agar keuntungan yang kamu dapatkan berkali-kali lipat, maka kamu bisa membuak Toko juga di e-commerce yang berbeda, hal ini agar jangkauan pasar kamu jauh lebih bebas. Apalagi nih, prinsip jualan di w-commerce mah gini, tatkala kamu mulai membuka toko ke banyak tempat, maka jangkauan pasar kamu akan lebih luas, dan berpotensi mendatangkan banyak konsumen.

Cara Jualan di Tokopedia Tanpa Stok Barang

Setelah merasa yakin, mulailah untuk bergabung dengan Tokopedia. Berbisnis di sini terbilang sangat menjanjikan loh. Hal ini karena Tokopedia memberikan akses komunikasi yang mudah antara pedagang dengan semua konsumen. Sangat menyenangkan bukan? Jika kamu sudah mengetahui peluang ini, sangat disayangkan jika kamu simpan sebagai pengetahuan saja tanpa berupaya mengambil peluang emas ini loh.

Saya sarankan kamu untuk membuka toko sekarang, dan mulai bisnis kamu sekarang juga. Sebagaimana dikatakan di awal, bahwa saat ini, Tokopedia sudah memberikan akses bagi siapa pun yang ingin berbisnis di Tokopedia tanpa modal.  Sistem jualan yang ditawarkan juga menggiurkan loh, terbilang sangat fleksibel jika kamu bandingkan dengan sistem jualan yang masih konvensional.

Walaupun sebenarnya, sistem berjualan di Tokopedia nggak terlalu beda jauh sama jualan konvensional kok. So, kamu harus memastikan, bahwa kamu mempelajari cara jualan di Tokopedia tanpa stok barang dengan baik dan benar.

Sistem jualan satu ini lebih tepatnya jika kita sebut sebagai dropshipping ya. Pernah dengar istilah ini? Pernah dong ya. Nah, kamu bisa berbisnis tanpa stok barang di Tokopedia ini adalah dengan menerapkan sistem dropshipping, dan sebagai pelaku, kamu akan disebut sebagai dropshipper.

Caranya mudah banget, kamu Cuma perlu promosi doang ke akun Tokopedia yang kamu miliki. Nah, kalau nanti ada konsumen yang minat dan akan membeli, kamu bisa langsung menjualnya dengan mengabari toko yang tadi menyediakan sistem dropshipping.

Cara Membuat Akun Toko dan Berjualan di Tokopedia

Nah, jelas ya, salah satu sistem jualan di Tokopedia yang bisa lakukan adalah dengan sistem dropshipping. Ini adalah cara berjualan di Tokopedia tanpa punya stok barang. Kalau sudah paham, kita lanjut ke cara membuat akun. Setelah memahami sistem kerja di Tokopedia dengan sebagai reseller atau dropshipper, maka hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan buat akun.

Buat akun ini sifatnya wajib ya. Karena semua transaksi bisnis kamu akan dilakukan di akun Tokopedia ini. Cara daftarnya gampang banget. Pertama, download dulu nih aplikasi Tokopedianya dari Playstore atau App Store di hp kamu. Pastikan aplikasinya terinstall sempurna, agar bisa digunakan.

Nah, kalau sudah, silakan langsung klik bagian daftar. Kamu bisa memilih salah satu cara pendaftaran yang menurut kamu paling mudah, bisa menggunakan akun Facebook atau bisa juga dengan nomor HP. Pilih satu saja ya, dan isi identitas sebagaimana yang diminta oleh Tokopedia.

Jika sudah, langsung lakukan aktivasi akun via email atau kode yang telah dikirimkan ke ponsel kamu. Selesai. Sekarang kamu bisa memulai menjalankan bisnis ini. Setelah daftar, yuk ikuti beberapa langkah mudah di bawah ini untuk membuka toko.

Klik Pilihan Buka Toko Gratis

Kalau kamu sudah mempunyai akun, bisa langsung log in ya gais, kalau belum buat akun dulu, caranya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Mempunyai akun Tokopedia adalah kewajiban jika kamu ingin memulai bisnis ini ya.

Jika sudah, tentukan nama toko yang memang belum digunakan oleh siapa pun. Usahakan memberikan nama toko yang unik, menarik, dan jangan lupa untuk membuat nama yang mudah diingat ya.

Lengkapi Informasi Toko

Nah, supaya toko kamu jauh lebih keren dan meyakinkan, berikan slogan yang menarik, masukkan deskripsi toko, dan juga logo. Hal yang terlihat sederhana ini sejatinya sangat penting kamu perhatikan ya. Karena hal pertama yang akan dilakukan oleh konsumen ketika akan berbelanja adalah melihat-lihat toko terlebih dahulu. Isi informasi sedetail mungkin.

Isi Informasi Pengiriman

Jika sudah melengkapi di atas, selanjutnya, kamu bisa memasukkan informasi pengiriman dengan memasukkan alamat toko kamu. Kamu bisa memasukkan alamat rumah atau kost ya, lalu tandai di mapsnya.

Pilih Layanan Kurir Terdekat

Selanjutnya, pilihlah layanan kurir terdekat. Kamu harus memasukkan layanan kurir yang dapat dipilih oleh konsumen. Kalau bisa, yang banyak ya, agar konsumen merasa puas dengan layanan ini.

Upload Katalog Produk yang akan dijual

Yang terakhir adalah dengan mengupload katalog yang akan kamu jual. Isi juga deskripsi barang dan berbagai informasi lainnya ya.

Penutup

Oke, sekian dulu bahasan kami tentang cara berjualan di Tokopedia tanpa stok barang. Caranya gampang banget kok. Hal yang paling penting untuk kamu ketahui adalah pentingnya promosi. Yap. Bagi pelaku bisnis, promosi merupakan hal yang tidak bisa kamu tinggalkan, hal ini karena dengan promosi, kamu bisa menemukan konsumen yang akan melarisi dagangan kamu.

So, yuk segera buat akun, gabung jualan di Tokopedia, buka toko, dan mulai menjalankan bisnis kece ini, dengan terus melakukan marketing ke berbagai media, salah satunya adalah media sosial. Saat ini sudah ada banyak sekali saingan kamu, maka jika kamu menundanya, saingan kamu tentu akan semakin banyak. Lebih cepat lebih baik.

Namun perlu diingat, kamu harus mampu menciptakan value untuk pelangganmu, misalnya respons yang cepat atau jaminan pengiriman tepat waktu. Juga tak kalah pentingnya adalah menciptakan perbedaan dengan pesaing, kamu akan menemukan kedua hal itu seiring berjalannya waktu.

Bila masih bingung tentang value dan differensiasi layanan atau jasa kamu silakan tanyakan di komentar tulisan ini. Kita akan mendiskusikannya lebih lanjut karena ini adalah salah satu cara jualan di tokopedia biar laris. Semoga bermanfaat. Salam belajar menyenangkan (maglearning.id).

%%footer%%

One comment

Tinggalkan Balasan