Keuntungan Menjadi Seorang Wirausaha

Keuntungan Menjadi Seorang Wirausaha

Loading...

Keuntungan Menjadi Seorang Wirausaha – Menjadi seorang wirausahawan atau sering disebut dengan Pengusaha adalah salah satu pekerjaan yang diimpikan banyak orang. Bayangan kesuksesan dan mendapatkan penghasilan yang besar menjadi salah satu impian kaum muda.

Pengusaha juga sering sekaligus dipandang sebagai Bos. Dan punya banyak kebebasan dalam mengatur diri sendiri, bahkan orang lain. Kita bisa bebas mengatur bisnis, tidak ada tekanan dari bos, penghasilan yang banyak dan derajat tinggi di lingkungan masyarakat.

Ada sebuah istilah yang baru-baru ini ramai diperbincangkan kaum muda, yaitu “Crazy Rich”. Bila dicermati tidak ada seorang pun yang diberi predikat Crazy Rich yang bukan seorang pengusaha atau wirausahawan. Maka sudah selayaknya profesi pengusaha ini semakin menjadi buah mimpi dalam pemikiran banyak orang.

Siapa yang tidak mau punya banyak aset, bebas pergi ke mana saja tanpa harus mikir biaya. Bahkan bisa bebas bangun apa saja karena dananya memang ada. Itulah salah satu keuntungan menjadi seorang wirausaha.

Namun itu kalau usahanya berhasil. Nyatanya menjalankan usaha itu memang tak mudah, tidak seperti membalikkan telapak tangan. Ada banyak sekali rintangan yang harus dilewati oleh pengusaha sampai menuju titik tertinggi. Namun usaha itu akan terbayar dengan berbagai keleluasaan hidup.

Secara teori, membangun sebuah usaha dan memilih terjun menjadi seorang wirausaha adalah seperti menaiki roler coaster. Banyak yang kaget bahwa apa yang dibayangkan ternyata jauh panggang dari api, artinya tidak sesuai kenyataan.

Mungkin bila bayangkan sesuatu itu mudah ternyata sulit dan ribet, makanya seperti tanjakan roler coaster. Banyak yang berhenti dan menyerah sebelum mencapai puncak. Setelah mencapai puncak, akan ada kebanggaan dan kepuasan tersendiri. Tidak banyak orang yang dapat mencapainya, begitu banyak yang menyerah. Hanya orang-orang yang punya tekad kuat dan perhitungan yang matang yang berhasil.

roler coaster seorang wirausaha

Namun, setelah ada di puncak tidak banyak juga yang bisa bertahan lama. Masih ada turunan curam roler coaster, sering seorang pengusaha harus menghadapi masalah dan tantangan bisnis sehingga usahanya turun drastis. Di sinilah sebenarnya kunci ujian seorang wirausaha. Bila berhasil mengerem dengan kekuatan maksimal namun penuh perhitungan, usahanya akan selamat.

Jatuh itu hal biasa bagi pengusaha, namun tidak berarti tidak bisa bangkit lagi. Banyak sekali yang terlempar dari dunia usaha ini karena gagal ngerem dengan pakem. Atau menyerah tidak bangkit lagi.

Justru pengusaha yang mampu bangkit dari posisi ini adalah pengusaha sejati. Wirausaha yang bakalan menjadi crazy rich baru. Menjadi lebih hati-hati dan tidak mudah puas, dan punya serangkaian mekanisme rem cakram yang teruji, sekaligus mesin yang tangguh untuk menanjak lagi.

Kalau sudah demikian maka akan banyak sekali keuntungan menjadi seorang wirausaha. Untuk lebih lengkapnya teman bisa melihat artikel mengenai keuntungan jadi pengusaha berikut ini:

Bisa melakukan apa yang disukai

Melakukan sesuatu yang disukai adalah keuntungan terbesar bagi seorang yang sukses terjun di bidang usaha. Kebanyakan orang memilih jalan membuka usaha karena mereka bebas menentukan bisnis apa yang ingin dijalani dan ketika itu berhasil apa yang dirasakan sangat menyenangkan karena tidak semua bisa bekerja sesuai apa yang disukainya.

Sering kali kita lihat di berbagai berita atau media sosial, banyak sekali pengusaha yang berhasil membangun apa yang dia impikan sejak kecil. Jadi jangan remehkan apa hobimu saat ini asal itu positif. Hargai mimpi-mimpi indahmu dan wujudkan suatu saat kelak.

Bebas menentukan target

Keuntungan selanjutnya menjadi seorang wirausaha adalah bebas menentukan target. Hal ini akan sulit dilakukan oleh orang berposisi karyawan. Mereka akan dibebani target oleh atasan mereka. Dan tak jarang target yang dibebankan sangat sulit untuk direalisasikan.

Menjadi pengusaha membuat kita bebas menentukan target apa yang kita mau. Bahkan target itu akan dibantu realisasinya oleh bawahan kita.

Namun, justru biasanya target itu ternyata lebih tinggi dari target kita waktu jadi karyawan. Bedanya dulu karena dipaksa oleh atasan sekarang dipaksa oleh keadaan. Anehnya justru kita lebih menikmatinya, serta jauh lebih puas ketika target itu berhasil kita raih. Mau merasakannya? Mulailah berwirausaha.

Mengeksplorasi Kemampuan Diri

Mengeksplorasi kemampuan diri secara maksimal sangat mungkin dilakukan oleh pengusaha. Ketika menjadi karyawan hal ini tidak bisa dilakukan secara leluasa. Pekerjaan menuntut kita untuk mematuhi aturan, memakai seragam tertentu atau jam kerja yang menyita waktu.

Meskipun menjadi karyawan bisa punya gaji besar namun biasanya juga disertai tuntutan yang besar pula. Menjadi pengusaha akan membuat kita lebih punya waktu untuk diri sendiri, keluarga serta mengeksplorasi kemampuan kita.

Melatih mental

Menjadi pengusaha itu dituntut untuk memiliki jiwa yang tangguh, tidak mudah berputus asa saat menghadapi masa sulit. Saat kita serius memilih jalan menjadi pengusaha tentunya ada konsekuensi yang harus dijalani.

Dicibir orang, bersaing dengan kompetitor, kebangkrutan, ditipu rekan bisnis dan sebagainya akan dilalui oleh seorang pengusaha. Jika itu bisa dilewati mental akan menjadi kuat dan kemampuan kepemimpinan kita pun juga akan semakin berkembang.

Membuka Lapangan Pekerjaan

Menjadi pengusaha selain bisa membuat kita kaya harta juga bisa membuat kita kaya pahala. Pengusaha adalah orang yang berjasa dalam membuka sebuah lapangan kerja. Lapangan kerja sangat penting untuk tercipta roda ekonomi. Lapangan kerja bisa memutus rantai pengangguran dan kemiskinan.

Level tertinggi dari seorang pengusaha itu tidak diukur dari jumlah kekayaannya tapi seberapa banyak perannya di dalam masyarakat. Dan berhasil menciptakan lapangan kerja inilah yang menjadi puncak tertinggi keuntungan seseorang ketika menjadi pengusaha.

Demikianlah bahasan saya mengenai beberapa keuntungan menjadi seorang wirausaha. Sebenarnya masih banyak lagi keuntungan-keuntungan yang lainnya. Namun saya rasa untuk Anda sudah cukup sampai di sini karena bila Anda ingin tahu lebih lanjut Anda bisa merasakannya sendiri. Selamat berwirausaha. Salam Sukses! (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan