Perbedaan Orang Percaya Diri dan Sombong

Perbedaan Orang Percaya Diri dan Sombong

Loading...

Perbedaan Orang Percaya Diri dan Sombong – Menanamkan sikap percaya diri memang sesuatu yang harus ditanamkan sebagai kebiasaan. Percaya diri bisa membuat kita lebih optimis menjalani hidup, berani menghadapi tantangan, dan tidak gampang menyerah. Percaya diri adalah salah satu aspek penting dalam mencapai tujuan hidup.

Namun jangan sampai percaya diri kita berubah menjadi kesombongan diri. Kita perlu tahu seperti apa itu percaya diri dan seperti apa itu sikap sombong. Perlu diketahui antara percaya diri dan sombong itu memiliki perbedaan.

Lalu apa perbedaan orang percaya diri dan sombong? Untuk lebih lengkapnya silakan baca ulasan di bawah ini:

Orang sombong suka membanding-bandingkan orang

Salah satu perbedaan mencolok antara orang Sombong dengan orang percaya diri adalah sudut pandangnya terhadap orang lain. Orang sombong biasanya berawal dari orang inferior, mereka merasa bangga dengan apa yang dimilikinya sehingga suka membandingkan dengan orang lain.

Orang sombong ketika melihat orang lain bahagia tidak akan merasa bahagia. Mereka tidak mau mengakui kelebihan orang lain karena sifat isinya itu. Sementara orang yang percaya diri tidak seperti itu. Mereka tidak iri dengan keberhasilan orang lain. Orang percaya diri tidak silau dengan keberhasilan orang lain, justru mereka lebih menghargai capaian orang.

Mereka kemudian akan lebih fokus terhadap diri sendiri dan melakukan yang terbaik adalah cara mereka menghadapi cibiran orang. Mereka biasanya lebih tenang dan merasa mampu mencapai keberhasilan yang sama tanpa harus merendahkan.

Orang sombong merasa dirinya paling benar

Memang benar orang sombong dan orang percaya diri memiliki beberapa kesamaan seperti sifat dominan terhadap orang lain, pandai bicara, tidak malu menunjukkan jati diri, dan sejenisnya. Namun kedua tipikal orang ini juga memiliki perbedaan.

Orang sombong cenderung susah menerima kritik orang lain, mereka gengsi mengikuti apa kata orang. Mereka tidak mau mengakui kehebatan orang. Sementara orang percaya diri akan sangat senang sekali diberi saran. Mereka terbuka terhadap kritik dan mau mengakui kesalahan.

Bahkan mereka akan merasa sangat butuh kritik dan saran yang membangun kompetensi dirinya. Mereka butuh masukan untuk berkembang menjadi lebih baik lagi di masa depan.

Orang sombong sulit menghargai orang lain

Salah satu perbedaan paling mencolok orang sombong dan percaya diri adalah dilihat dari cara mereka menghargai orang. Orang sombong cenderung tidak setia kawan. Mereka cenderung memanfaatkan dan mendekati orang karena ada maksudnya, alias ada udang di balik batu. Mereka bisa meninggalkan orang yang membantunya tanpa rasa kasihan, setelah merasa maksudnya tercapai.

Sementara orang percaya diri tidak seperti itu. Mereka lebih menghargai arti persahabatan. Mereka akan menghargai siapa pun yang ada di sekelilingnya. Orang percaya diri juga tidak akan lupa kepada orang-orang yang telah membantunya.

Orang sombong malu mengakui kesalahannya

Orang sombong sering menganggap dirinya selalu benar. Jadi tidak heran ketika mereka berbuat kesalahan, mereka tidak akan mengakui. Orang sombong ketika salah akan cenderung mencari berbagai alasan. Baginya mengakui kesalahan adalah sebuah aib yang tidak boleh dilakukan.

Beda halnya dengan orang yang percaya diri. Orang percaya diri akan lebih Legawa ketika dirinya melakukan kesalahan. Mereka tidak malu untuk meminta maaf dan meminta saran kepada orang lain.

Orang sombong tidak mau mengalah

Orang sombong dan percaya diri memang dikenal sebagai pribadi yang suka mendominasi. Namun keduanya memiliki perbedaan: orang sombong memiliki ego yang tinggi, tak mau mengalah. Mereka ingin berbicara namun tak mau mendengarkan pembicaraan orang lain.

Sementara orang percaya diri mempunyai sikap lebih bijak. Dia tahu kapan harus bersuara dan kapan harus mendengarkan orang lain.

Demikianlah bahasan kami tentang apa perbedaan orang percaya diri dan sombong. Semoga bila Anda mendapat pertanyaan atau perintah jelaskan perbedaan percaya diri dan sombong, Anda bisa mengatasinya dengan mudah. Semoga bermanfaat. Salam belajar menyenangkan kapan saja dan di mana saja (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan