Dampak Positif Penggunaan Laptop Bagi Pelajar

Dampak Positif Penggunaan Laptop Bagi Pelajar

Loading...

Dampak Positif Penggunaan Laptop Bagi Pelajar – Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini barang-barang berteknologi tinggi sangat mudah ditemukan. Di zaman modern seperti sekarang ini barang-barang tersebut banyak digunakan untuk berbisnis, mencari informasi atau pengetahuan, komunikasi, media untuk belajar, dan lain sebagainya.

Tak heran jika semua orang baik yang muda, dewasa, bahkan orang tua memiliki barang-barang berteknologi tinggi seperti smartphone, laptop, dan komputer. Biasanya anak muda jaman sekarang banyak menggunakan laptop dan smartphone yang digunakan untuk belajar dan bermain game untuk hiburan.

Sementara bagi siswa, Penggunaan laptop bagi pelajarsangat membantu mereka dalam proses pembelajaran di sekolah maupun dalam menyelesaikan tugas yang didapat dari guru. Memang komputer berdampak positif dan negatif bagi siswa di sekolah. Apabila siswa dibimbing dengan baik dalam menggunakan laptop, maka dapat meningkatkan prestasi akademik siswa. Berikut ini dampak positif penggunaan komputer bagi para pelajar :

Memudahkan siswa dalam mengerjakan tugas

Pada saat ini banyak guru memberikan tugas-tugas yang mengharuskan menggunakan laptop atau komputer. Misalnya tugas membuat makalah, tugas presentasi, atau tugas menulis, di mana hal ini akan lebih mudah dilakukan jika siswa memiliki laptop.

Selain itu, jika harus mendapatkan tugas berupa menulis, siswa bisa mencari referensi dengan bantuan Google menggunakan komputer. Di mesin pencari seperti Google, banyak sekali referensi tertulis yang bisa digunakan oleh mahasiswa.

Menjadi pengganti sumber di buku

Jika dulu siswa harus membeli buku dalam jumlah besar, maka sekarang hal ini tidak terjadi lagi. Karena pemerintah sudah menyiapkan buku teks dalam bentuk file. Sehingga setiap siswa dapat mempelajarinya melalui laptop atau smartphone. Karena jika siswa sudah memiliki laptop maka penyimpanan bisa lebih efektif.

Alat pendukung pembelajaran

Komputer dapat digunakan sebagai alat penunjang pembelajaran bagi siswa. Jika siswa masih bingung untuk belajar di sekolah. Maka mereka dapat mencari informasi di Google atau mencari informasi tambahan melalui video. Sedangkan di Youtube ada banyak video penjelasan mata pelajaran dengan metode yang bahkan lebih bisa dimengerti daripada di sekolah.

Alat latihan untuk siswa

Saat ini, ujian sekolah lebih banyak menggunakan sistem komputer. Sehingga dengan adanya laptop sangat membantu para siswa untuk melakukan latihan. Namun, dalam hal ini banyak aplikasi yang bisa dijadikan simulasi tes untuk siswa dari SD hingga SMA.

Senjata utama programmer

Jika siswa adalah siswa kejuruan jurusan teknik informatika atau pemrograman komputer. Maka laptop merupakan salah satu barang yang wajib dimiliki oleh pelajar. Sebab, tanpa komputer atau laptop seorang programmer tidak bisa bekerja. Semua pekerjaan programmer selalu berada di depan laptop atau layar komputer.

Harga lebih murah

Harga laptop lebih murah dibandingkan membeli PC. Siswa sebaiknya hanya menggunakan spesifikasi laptop standar. Sementara untuk spesifikasi laptop standar harganya biasanya lebih murah dari pada laptop untuk kantoran maupun untuk gamers.

Tentunya dengan spesifikasi yang secukupnya saja, tidak perlu yang mempunyai performa tinggi. Bila terlalu tinggi juga penggunaan laptop bagi pelajar akan kurang efisien.

Menjadi media hiburan

Meskipun tugas seorang siswa adalah belajar, namun jika mereka terus belajar, maka rasa bosan, stress akan mudah datang. Oleh karena itu, laptop merupakan media yang tepat untuk memberikan hiburan bagi para pelajar. Menonton film dan bermain game merupakan media hiburan yang biasanya terdapat di laptop, terutama game edukasi. Namun, Anda harus bisa mengatur waktu bermain dan kapan harus belajar.

Alat untuk komunikasi

Dulu, ketika ada pertanyaan kepada guru atau siswa lain, mereka harus datang ke rumah atau melalui telepon. Namun dengan perkembangan teknologi, hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi.

Karena, dengan menggunakan laptop kita bisa berkomunikasi dengan guru atau bahkan teman melalui video call. Selain itu, jika ada pertanyaan, maka Anda dapat mengirim pertanyaan melalui file, mengirim gambar dan video yang dapat dikirim ke guru mata pelajaran.

Demikian beberapa pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai dampak positif yang bisa Anda dapatkan dengan penggunaan laptop terutama bagi pelajar. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat. Salam belajar menyenangkan, kapan saja di mana saja (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan