Membuka Usaha Fotocopy

Membuka Usaha Fotocopy, ini Tipsnya

Membuka Usaha Fotocopy – Di masa pandemi, banyak sekali masyarakat yang kehilangan pekerjaan. Hal ini karena memang sejumlah perusahaan mulai tak sanggup lagi memberikan upah kepada seluruh karyawannya, hingga harus merumahkan sebagian besar karyawan mereka. Mau tidak mau, inilah kondisi yang tengah kita hadapi, bahkan kita belum tahu kapan pandemi ini akan berakhir.

Namun, satu hal yang pasti, bahwa pandemi atau tidak, kehidupan harus tetap berlanjut, kebutuhan tetaplah kebutuhan yang harus dipenuhi. Maka, salah satu cara yang tepat untuk menyambung hidup adalah dengan berbisnis. Saat ini, ada banyak banget kok jenis bisnis yang bisa kamu mulai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, salah satunya adalah bisnis fotocopyan.

Bisnis satu ini sangat sayang jika kamu lewatkan, karena meski di masa pandemi, kebutuhan sejumlah profesi akan jasa fotocopyan tetap tinggi, seperti guru, murid, dosen, mahasiswa, dan pekerja kantoran. Apalagi jika tempat tinggal kamu dekat dengan daerah-daerah sekitaran sekolah, perkantoran, kampus, dan sebagainya.

Pernah terbesit ingin memulai bisnis ini tapi bingung memulainya. Jika ya, maka kamu bisa membaca artikel ini sampai tuntas, karena kami akan membahas seputar tips membuka usaha fotocopy.

Memulai Bisnis Fotocopy

Sejumlah profesi tidak bisa melepaskan diri dari berbagai aktifitas di fotocopyan, karena memang sebagian besar data yang dibutuhkan mereka harus dibuat dalam bentuk hard file. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa bisnis satu ini memiliki prospek yang jelas dan sangat menguntungkan.

Alasan lainnya adalah karena bisnis ini bisa kamu kelola hanya dengan bermodalkan ruangan dengan ukuran kecil saja dan keuntungannya terbilang cukup fantastis, apalagi jika bisnis fotocopyan kamu sudah berkembang ya. berikut lima tips membuka usaha fotocopy.

Menyiapkan Modal

Tips membuka usaha fotocopy yang pertama adalah menyiapkan modal. Agar bisnis fotocopy ini bisa beroperasi dengan baik, maka kamu meski menyiapkan modal terlebih dulu ya. Jika kamu mencari tahu beberapa informasi seputar modal bisnis fotocopy, maka kamu akan agak terkejut, karena memang bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar.

Tapi jangan khawatir, karena pada umumnya, bisnis satu ini terbilang cepat berkembangnya kok, sehingga hanya membutuhkan waktu sedikit saja agar semua modal kamu bisa kembali. Apalagi nih, kalau kamu dapat mengelolanya dengan tepat.

Pemilihan Tempat

Bagaimanapun, semua bisnis membutuhkan tempat yang tepat agar bisa mendulang keuntungan yang besar. Sepotensial apapun bisnis kamu jalankan, jika pemilihan tempatnya tidak tepat, maka mendapatkan keuntungan yang besar hanyalah sebuah mimpi, tak terkecuali bisnis fotocopyan ini ya. Maka, cobalah untuk memikirkan dengan matang, dimana tempat yang akan kamu digunakan.

Hal ini menunjukkan kepada kamu bahwa, ternyata bisnis itu tak hanya membutuhkan modal yang pas, tapi juga membutuhkan berbagai strategy yang cerdas, salah satunya adalah strategi dalam memiliki tempat. Carilah tempat yang sangat potensial memberikan keuntungan besar terhadap bisnis kamu, seperti kantor, kampus, sekolah, dan sebagainya.

Kamu harus bisa menemukan tempat yang dapat menghubungkan semua konsumen dengan bisnis kamu dengan mudah. Jika kebetulan rumah kamu dekat dengan lokasi-lokasi strategis tadi, maka kamu bisa memanfaatkannya. Namun jika tidak, maka kamu meski mencari tempat, menyewa tempat yang letaknnya sangat strategis ya. Tips membuka usaha fotocopy satu ini juga tak kalah pentingnya dengan tips lain ya.

Memberikan Pelayanan Spesial

Tips membuka usaha fotocopy yang berikutnya adalah melayani seluruh pelanggan dengan baik. Ketatnya persaingan di bisnis fotocopy membuat kamu meski bisa memberikan pelayanan yang tepat agar dapat bersaing dengan yang lainnya. Kamu meski memikirkan bagaimana caranya melayani pelanggan dengan baik. Hal ini sangat penting loh, karena yang namanya pelanggan pasti selalu ingin dilayani dengan baik. Tak heran jika kita kerap mendengar istilah ‘pembeli adalah raja’.

Paling tidak, kamu bisa mengikuti istilah tersebut ketika akan melayani pelanggan. Selain melayani semua pelanggan dengan baik, kamu juga bisa loh menerapkan pelayanan yang spesial. Caranya gimana nih. Caranya adalah dengan memberikan pelayanan yang tak biasa. Jika bisnis fotocopyan lain hanya melayani fotocopyan offline, maka kamu bisa menerapkan yang online, misalnya adalah hanya dengan mengirimkan file saja.

Atau, kamu juga bisa memberikan pelayanan fotocopy gratis lima lembar jika yang difotocopy lebih dari tiga puluh lembar. Atau, kamu bisa memberikan fasilitas yang spesial bagi pelanggan yang sudah beberapa kali fotocopy di tempat kamu. Dan yang lebih berbeda adalah, kamu bisa menyediakan jasa penjemputan fotocopy.

Cara-cara sederhana ini bisa kamu terapkan dan jadikan sebagai strategi marketing yang sangat tepat. Cara ini masih terbilang jarang dilakukan oleh banyak pebisnis fotocopy, padahal jika kamu bisa menemukan pelayanan yang tepat, maka bisnis fotocopy kamu bisa berkembang dengan cepat. So, mulailah mencari pelayanan yang akan kamu gunakan. Pilihlah pelayanan yang akan menguntungkan dan memberi kesan kepada seluruh pelanggan.

Nah, salah satu di antara kamu mungkin akan memilih memberikan pelayanan berupa harga yang murah ya. Boleh sih, hanya saja, kamu meski benar-benar memahami, bahwa jangan sampai harga yang kamu berikan sangat murah dibandingkan harga pasar.

Hal ini karena kamu bisa mematikan usaha orang lain. Jika ingin memberikan harga yang murah, cobalah memberikan harga yang murah, tapi selisih dengan harga pasar hanya kecil, misalnya lebih murah seratus rupiah atau dua ratus rupiah saja.

Mempromosikan

Tips membuka usaha fotocopy yang selanjutnya ialah promosi. Tak ada satu pun bisnis yang tidak membutuhkan promosi. Paling tidak, hal  ini harus kamu perhatikan dan pahami dengan baik ya. Semua bisnis yang sukses hari ini adalah mereka yang mempromosikan bisnis mereka dengan tepat. Tentukan metode promosi yang tepat. Saat ini, sudah banyak kok metode promosi yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah dengan memanfaatkan keberadaan media sosial.

Tingginya pengguna sosial media menjadikan media satu ini sangat cocok untuk kamu manfaatkan sebagai media promosi. Yuk buat akun media sosial bisnis kamu, dan lakukan promosi di sana. Jangan lupa juga untuk mempromosikan bisnis kamu ke orang lain dengan cara offline ya. Bagaimanapun, promosi offline juga tak ada salahnya untuk kamu coba.

Memperhatikan Kulalitas Fotocoyan

Tips membuka usaha fotocopy terakhir adalah memberikan dan memperhatikan kualitas layanan fotocopy. Semua pelanggan membutuhkan hasil yang maksimal. Maka, jangan pernah lupa untuk memastikan, bahwa hasil fotocopy yang kamu berikan ke semua pelanggan itu sempurna. Perhatikan tingkat kecerahan hasil fotocopy, jika hasilnya blur, tinta kurang, dan sebagainya, maka berikan garansi dengan fotocopy ulang ya. Hal ini akan menjadi salah satu tips marketing yang terselubung loh.

Oke, sekian informasi seputar tips membuka usaha fotocopy yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat ya. Mulai bisnis wirausahamu dari sekarang, dan raih keuntunganmu (maglearning.id).

%%footer%%

Tinggalkan Balasan