Algoritma Facebook Terbaru 2021

Algoritma Facebook Terbaru 2021 – Iklan atau promosi merupakan kegiatan yang tidak bisa dilepaskan oleh seorang pebisnis. Karena keberadaan iklan dapat menunjang atau mendongkrak perkembangan sebuah bisnis yang dilakukan oleh seseorang dulu.

Dulu, jauh sebelum teknologi informasi dan komunikasi secanggih ini, iklan hanya dilakukan secara konvensional atau mengunjungi target market langsung ke lokasi mereka, atau hanya dari door to door. Atau, media promosi yang sudah dianggap sangat canggih di masa lalu adalah dengan membagikan brosur ke rumah-rumah.

Namun untuk saat ini, hal tersebut sudah mulai ditinggalkan dan sangat suli kamu temui, karena media promosi dengan konvensional dianggap memakan waktu yang lebih banyak dan dana lebih besar. Kini, media pemasaran atau iklan yang digunakan oleh pelaku bisnis adalah dengan memanfaatkan keberadaan media sosial.

Saat ini, media sosial memang memiliki peran yang sangat penting bagi sebuah pebisnis, tak heran jika kemudian pebisnis masa kini sudah mulai membuat akun tersendiri untuk menjalankan bisnis mereka. Tujuan jelas ya, yakni mendapatkan konsumen lebih banyak, menjangkau konsumen lebih luas, yang nantinya akan berakhir pada omset yang diterima lebih besar. Dan media sosial yang banyak dipilih pelaku bisnis adalah Facebook.

Pemilihan Facebook sebagai media promosi tentu pilihan yang cerdas, karena bagaimanapun, Facebook merupakan salah satu platform media sosial yang memiliki pengguna sangat banyak. Bahkan, beberapa tahun yang lalu nih, Facebook menjadi sebuah platform media sosial yang paling banyak dikunjungi oleh penggunanya setelah YouTube dan Google.

Keren. Banyaknya pengguna Facebook tentu menjadi sebuah kabar yang sangat menguntungkan bagi kamu yang ingin melakukan pemasaran dengan memanfaatkan Facebook. Hanya saja, jika kamu tidak memahami algoritma Facebook terbaru, tentu tetap tidak akan memberikan dampak yang signifikan terhadap bisnis yang kamu kelola. Jadi, agar iklan di Facebook memberikan dampak yang besar, kamu harus tahu dulu nih tentang algoritma Facebook terbaru.

Pengertian Algoritma

Sebelum kita jauh-jauh membahas tentang algoritma terbaru yang diterapkan oleh Facebook di tahun 2021 ini, kamu harus tahu dulu nih, apa sih algoritma itu. Karena bagaimanapun, hanya dengan mengetahui definisi sebuah katalah kamu bisa menentukan langkah yang akan kamu ambil selanjutnya, termasuk algoritma ini.

Algoritma adalah seperangkat aturan, atau kebijakan matematika yang telah dirancang dan ditetapkan oleh sebuah platform media sosial yang mana, dengan adanya algoritma tersebut akan sangat membantu sebuah platform media sosial dalam menentukan perilaku sekelompok data, sehingga bisa menyimpulkan postingan apa saja yang akan muncul di beranda tiap penggunanya.

Semua platform media sosial memiliki algoritma platform mereka masing-masing, misalnya ya Facebook, Instagram, Wa, dan Youtube. Bedanya adalah, kebijakan ini kembali lagi kepada pihak platform, apakah mereka akan mengumumkan algoritma yang digunakan atau tidak.

Apalagi nih, biasanya, setiap platform media sosial bahkan selalu mencoba mengupgrade algoritma mereka masing-masing, termasuk Facebook. Belum lama ini, di bukan Januari lalu, Facebook telah mengumumkan adanya algoritma Facebook terbaru yang harus diketahui oleh para penggunanya agar bisa melakukan optimasi berjualan.

Hal ini adalah sesuatu yang sangat jarang dilakukan oleh pihak Facebook. Ditambah lagi, informasi mengenai algoritma yang disampaikan di situs mereka sangat detail, sehingga mempermudah kamu yang ingin melakukan pemasaran di Facebook, lalu meraup keuntungan yang super tinggi.

Update Algoritma Facebook Terbaru

Karena algoritma Facebook terbaru ini belum lama dirilis, tentu sebagian besar orang masih belum mengetahui algoritma Facebook terbarunya, sehingga sangat menguntungkan bagi kamu yang saat ini tengah membaca artikel tentang algoritma Facebook terbaru. Algoritma Facebook terbaru yang diterapkan di tahun 2021 sejak Januari lalu terbilang sangat mudah untuk kamu pahami.

Jadi gini, Ketika kamu sedang berselancar di Facebook, kamu bisa memperhatikan fenomena yang ada di beranda kamu. Kamu pasti kerap mendapati bahwa postingan-postingan yang ada di beranda kamu adalah postingan teman-teman dekat kamu, atau bahkan grup yang sering kamu buka. Hal ini menandakan bahwa kamu sering melakukan interaksi dengan akun Facebook tersebut atau grup tertentu.

Misalnya nih, kamu sering memberikan berkomentar, memberikan like, atau bahkan membagikan kiriman mereka. Nah, jika kamu sering melakukan interaksi dalam bentuk yang demikian, tak heran jika beranda kamu hanya akan dipenuhi dengan postingan dari akun yang sama. Alasannya adalah, karena algoritma Facebook terbaru memang demikian. Atau, jika kamu sering menonton video yang muncul di beranda, maka  beranda kamu akan dipenuhi dengan berbagai video yang dianggap relevan dengan video yang selama ini sering kamu tonton.

Jadi sebenarnya, algoritma Facebook terbaru ini sangat simpel, yakni mereka mengedepankan interaksi antara akun yang satu dengan yang lainnya. Sehingga cara mengoptimasi penggunaan Facebook sebagai tempat iklan adalah dengan sering-sering melakukan komunikasi atau interaksi dengan target market kamu.

Semakin bijak kamu memilih berinteraksi dengan siapa, maka akan semakin besar peluang bisnis kamu berkembang. Stop untuk melakukan interaksi dengan akun teman-teman kamu saja, padahal bisa saja mereka tentu bukan target marketing kamu.

Cobalah menjalin interaksi dengan target market kamu. Jalin interaksi sesering mungkin, karena dengan sering berinteraksi dengan banyak orang akan membuat postingan kamu muncul di beranda banyak orang. Itu artinya, optimasi akun Facebook kamu sebagai ajang memperoleh keuntungan berhasil.

Meski demikian, ada hal lain yang meski kamu ketahui, bahwa setiap harinya ada milliaran akun yang membuat postingan mereka ke Facebook, sehingga, untuk menghindari hal-hal buruk, Facebook berupaya mencegahnya dengan melakukan filter atau penyaringan. Semua postingan yang muncul akan mendapatkan proses penyaringan, lalu dimasukkan ke dalam berbagai kategori, dan begitu proses selesai, mereka akan menentukan, ke mana postingan kamu akan dimasukkan.

Meski setiap harinya Facebook harus mendapati banyak sekali postingan baru, namun berkat canggihnya teknologi yang digunakan Facebook, mereka bahkan dapat melakukan penyaringan dalam waktu yang terbilang sangat cepat. Selain membangun dan melakukan interaksi dengan banyak akun, kamu juga harus melakukan cara lain untuk mengoptimasi akun bisnis Facebook kamu, yakni dengan  membuat jadwal postingan rutin.

Semakin sering kamu membuat postingan maka akan semakin bagus pengaruhnya terhadap bisnis yang kamu. Jangan lupa untuk membuat jadwal yang rutin dan memperhatikan kualitas promosi yang akan kamu lakukan. Ingat, meski algoritma Facebook terbaru ini dijalankan oleh system, namun sistem yang dijalankan juga sudah sangat canggih, sehingga jika kamu sering memposting, pengaruhnya akan sangat bagus.

Demikianlah algoritma Facebook terbaru yang harus kamu ketahui. Kamu harus bisa memahami algoritma Facebook setiap saat ya, selalu cari tahu algoritma Facebook, karena hanya dengan cara ini kamu bisa menentukan langkah yang tepat dalam melakukan iklan penjualan di Facebook. Yuk mulai buat jadwal postingan dari sekarang dan lebih sering melakukan interaksi dengan target market kamu. Semoga bermanfaat. Salam Wirausaha (maglearning.id).

%%footer%%

One comment

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan