Manfaat Teknologi dalam Pertanian

Beberapa Manfaat Teknologi dalam Pertanian

Beberapa Manfaat Teknologi dalam Pertanian – Jika berbicara tentang ketersediaan pangan pasti terkait dengan dunia pertanian dan kebutuhan seseorang untuk bertahan hidup. Makanan adalah salah satu kebutuhan utama bagi setiap orang. Apa lagi saat ini, banyak ahli menghawatirkan bahwa krisis paling berbahaya di masa depan adalah krisis pangan.

Pada saat ini perkembangan teknologi sudah sangat pesat dan tentunya membantu mempermudah pekerjaan seseorang dalam bidang apa pun. Salah satunya dalam dunia pertanian. Sementara manfaat teknologi dalam bidang pertanian berperan penting dalam menghasilkan produktivitas pertanian yang tinggi dan dapat memenuhi semua kebutuhan semua lapisan masyarakat, dari atas hingga bawah.

Dalam kehidupan kita selama ini, produk pangan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap hari. Pada faktanya  makanan merupakan salah satu faktor yang mendukung kelangsungan hidup setiap orang.

Sebelum kita lanjut membahas tentang manfaat teknologi pada pertanian, sebaiknya kita mengetahui pengertian teknologi di bidang pertanian. Jika kita membahas pengertian teknologi di bidang pertanian, maka tidak akan lepas dari asal kata itu sendiri yaitu teknologi dan pertanian.

Seperti yang kita ketahui bersama, teknologi memang sengaja diciptakan oleh manusia untuk membantu dan memudahkan pekerjaan setiap manusia yang menggunakannya. Teknologi adalah aplikasi dan pengembangan ilmu peralatan mesin. Di mana alat tersebut dibuat dan didesain sedemikian rupa. Sehingga dapat membantu manusia dalam mengelola atau menyelesaikan permasalahan kehidupan yang ada.

Sedangkan pertanian sendiri diartikan sebagai upaya manusia untuk menghasilkan pangan, ternak, dan hasil lahan yang memanfaatkan sumber daya alam, baik dari tumbuhan maupun hewan yang telah tersedia.

Jika dilihat dari kedua uraian istilah tersebut, teknologi pertanian merupakan penerapan ilmu dan teknik terapan dalam segala kegiatan pertanian. Lalu apa sih sebenarnya manfaat teknologi di bidang pertanian?

Pada dasarnya dengan ketersediaan teknologi yang canggih dan modern maka segala kegiatan pertanian akan jauh lebih berkembang dan juga lebih maju. Produktivitas yang dihasilkan akan meningkat sehingga memberikan manfaat yang besar bagi petani. Setelah mengetahui pengertian teknologi, kita bisa melanjutkan pembahasan tentang manfaat teknologi dalam bidang pertanian. Berikut adalah manfaatnya, meliputi :

Apa Saja manfaat Teknologi Bagi Pertanian?

Produktivitas Tanaman yang Lebih Tinggi

Dengan memanfaatkan suatu teknologi dapat dipastikan bahwa tingkat produktivitas yang dihasilkan akan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan pertanian tradisional. Hal ini terkait dengan waktu yang digunakan agar efisien dan juga hasil yang diperoleh lebih banyak.

Dengan keunggulan teknologi di bidang pertanian, proses penanaman tanaman di lahan yang luas dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat. Pola perawatan yang diterapkan juga efektif dan efisien. Tentu perlakuan seperti itu akan memberikan hasil panen yang melimpah pada saat panen.

Menghasilkan Produk Pertanian yang Berkualitas

Dengan penerapan teknologi pada dunia pertanian, selain hasil yang diperoleh akan semakin melimpah, ternyata produk yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang sangat baik. Sementara teknologi pertanian saat ini mampu mengurangi penggunaan air, pupuk, bahkan pestisida.

Tanaman pertanian yang terlalu banyak menggunakan air, pupuk dan pestisida akan menurunkan kualitas produk yang dihasilkannya. Dengan keunggulan teknologi di bidang pertanian, kemungkinan terjadinya hal tersebut dapat dengan mudah dihindari.

Tidak hanya itu, produk pertanian yang berkualitas akan memberikan daya jual yang tinggi terhadap produk yang dihasilkan. Manfaat yang Anda dapatkan tentunya akan semakin besar. Kesejahteraan petani akan sangat terjamin karena harga jual produk yang dihasilkan lebih tinggi dari biasanya.

Pemanfaatan Teknologi Pertanian yang Tepat

Bukan berarti mereka hanya melihat keuntungan dalam memanfaatkan teknologi pertanian yang ada. Kita juga harus bijak dengan menggunakan teknologi tepat guna. Dengan kata lain, teknologi yang kita gunakan tidak boleh merusak ekosistem atau lingkungan sekitar yang merugikan. Misalnya, teknologi yang diterapkan tidak menghasilkan limbah yang dapat mencemari lingkungan atau secara ekonomi disebut dengan istilah eksternalitas negatif.

Kami merasakan manfaat teknologi dalam bidang pertanian sangat besar. Sedangkan dalam memilih teknologi ramah lingkungan juga harus diperhatikan. Sehingga hal ini bisa membuat kegiatan pertanian yang kita lakukan dapat terus berjalan dan berkelanjutan. Demikian yang dapat kami jelaskan mengenai manfaat yang bisa di dapatkan dari teknologi untuk pertanian, semoga artikel ini bisa berguna bagi Anda dan bermanfaat untuk semua (maglearning.id).

%%footer%%

One comment

Tinggalkan Balasan