Cara Motivasi Anak Belajar di Rumah Selama Pandemi

Cara Motivasi Anak Belajar di Rumah Selama Pandemi

Loading...

Cara Motivasi Anak Belajar di Rumah Setelah Liburan – Meskipun Pandemi membuat pembelajaran sekolah menjadi terbatas, semua pertemuan antara siswa dan murid dilakukan lewat daring. Anak-anak tetap harus bersemangat dalam mengikutinya.

Dengan berbagai kendala yang ada memang tidak mudah untuk menghadapi situasi sulit ini. Orang tua harus berperan aktif dalam mendidik anaknya selama di rumah. Oleh karena itu berikut ini kami uraikan tentang cara memotivasi anak sekolah daring selama pandemi.

Pahami tentang sekolah sistem sekolah online kepada anak

Mau tidak mau dengan keadaan seperti sekarang sistem sekolah jarak jauh adalah solusi terbaik untuk melaksanakan pendidikan. Dengan masih banyaknya orang terinfeksi virus Corona maka langkah menjadikan pembelajaran menjadi daring adalah hal yang lumrah.

Orang tua bisa memberi pengertian itu kepada anak. Pahami juga tentang kesulitan mereka saat belajar daring. Berikan mereka rasa aman, ketika mereka mengalami masalah berikanlah solusi. Berkoordinasi dengan guru juga diperlukan untuk mengatasi masalah anak. Berikan motivasi anak belajar walau dari rumah.

Berikan anak kegiatan yang disukainya

Momen belajar di rumah secara tidak langsung membuat orang tua lebih dekat dengan anaknya. Momen ini bisa dimanfaatkan untuk lebih dekat mengenal si buah hati. Cari tahu karakter dan hobinya kemudian buatlah kegiatan bersama anak sesuai hobinya.

Jika anak lebih suka aktivitas di luar ruangan, maka buatlah suasana belajar di luar ruangan, jika anak kesulitan menerima instruksi guru melalui daring maka kita harus memberikan inisiatif untuk menjelaskan ke anak hingga paham.

Melakukan Aktivitas Fisik

Meskipun di rumah jangan sampai membiarkan anak bermalas-malasan. Anak-anak sangat perlu melakukan aktivitas fisik agar pertumbuhannya berkembang. Kita bisa mengajak mereka berolahraga bersama. Seperti berlari, lompat tali, bersepeda dan hal lainnya. Hal ini mungkin sepele namun bisa menjadi motivasi anak belajar yang efektif.

Melakukan aktivitas fisik juga akan meredakan stress akibat jenuh melakukan sekolah daring. Berikan pula suasana tempat belajar yang kondusif agar anak merasa nyaman saat belajar. Jangan membuat anak merasa belajar daring adalah sesuatu yang berat.

Berikan Istirahat

Dukungan orang tua amat diperlukan demi kesuksesan pembelajaran online anak. Sama seperti pembelajaran tatap muka, anak-anak juga perlu waktu istirahat saat melaksanakan pembelajaran daring. Ini diperlukan agar anak tidak merasakan stress saat belajar.

Jangan memaksa anak menyelesaikan banyak tugas, berikan ia waktu ideal untuk belajar, mengerjakan tugas dan beristirahat. Jika anak berhasil melakukan kewajibannya berikan ia apresiasi agar anak semangat menjalani sekolah daring.

Demikianlah bahasan singkat kami tentang cara memberi motivasi anak untuk belajar di rumah pada masa pandemi ini. Salam belajar menyenangkan kapan saja dan di mana saja (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan