Cara Mengendalikan Emosi Anak Yang Stres Belajar Dari Rumah

Cara Mengendalikan Emosi Anak Yang Stres Belajar Dari Rumah – Salah satu kerepotan yang dialami oleh orang tua dalam mengasuh anak adalah saat anak dalam keadaan emosi. Anak-anak memang belum mampu sepenuhnya mengendalikan emosinya sehingga sering membuat pada orang tua kebingungan.

Apa lagi di saat pandemi seperti ini. Sosialisasi anak menjadi terbatas, sedangkan di satu sisi mereka harus menyelesaikan tugas-tugas belajarnya dari sekolah. Semakin tertekan deh si kecil. Hal ini bisa membuat mereka gampang emosi.

Walau begitu, sebagai orang tua kita harus mengedepankan rasa sabar dalam membimbing anak. Karena dengan cara yang halus itulah anak akan lebih mudah diajak kompromi:

Berikut ini adalah manfaat sabar dalam mendidik anak:

  • Anak akan memiliki ikatan batin yang lebih dekat dengan orang tua
  • Anak akan merasa nyaman berada di samping orang tua
  • Memberi contoh kepada anak tentang cara mengontrol emosi
  • Memberi contoh kepada anak soal kesabaran mengatasi masalah

Beberapa Cara mengendalikan emosi pada anak

Atur Nada Bicara

Saat menasihati anak kita perlu mengatur nada bicara. Utamakan memberi mereka simpati dengan menyampaikan maksud kita secara lembut. Jangan menasihati anak saat emosi kita sedang naik. Karena ditakutkan kita akan melakukan tindakan yang salah kepada anak. Emosi membuat pikiran menjadi tidak jernih dan bisa berujung fatal dalam menghadapi anak. Usahakan untuk tetap sabar dalam mendidik anak.

Tarik nafas dan minum air putih

Salah satu cara ampuh untuk meredakan emosi adalah menarik nafas sedalam-dalamnya. Kebiasaan ini sangat bagus untuk dilakukan saat kita emosi dalam menghadapi anak. Segera ambil jarak, pergi ke tempat yang lebih tenang dan ambil nafas sedalam-dalamnya. Ini akan membuat pikiran kita lebih lega dari sebelumnya.

Dan jangan lupa untuk mengambil segelas air putih dan meminumnya. Air putih akan membuat kita berpikir lebih jernih dan lebih sabar dalam menghadapi kenakalan anak.

Cari tempat yang tenang

Tidak masalah bila kita memiliki kemarahan terhadap anak. Yang terpenting kita harus bijak dalam mengatur emosi kita. Jangan sampai kita berbuat hal berlebihan dan disesali dikemudian hari. Jika sudah merasa marah segera ambil jarak kepada anak, cari lokasi yang lebih kondusif untuk menenangkan diri.

Dengan melakukan hal seperti ini, Kita juga mencontohkan cara pengendalian emosi yang baik terhadap anak. Dikemudian hari mereka juga akan melakukan hal yang sama saat sedang mengalami emosi.

Melihat dari sudut pandang anak

Sebagai orang tua yang baik tidak ada salahnya untuk mendengar sudut pandang anak, karena tidak semua tindakan orang tua selalu benar. Kedepankan rasa simpati dan komunikasi dalam membimbing anak. Bisa saja anak melakukan kesalahan, karena mereka belum tahu perbuatannya adalah hal salah. Penting untuk orang tua untuk mengetahui sudut pandang anak untuk meminimalisir rasa emosi.

Beri anak asupan gizi dan vitamin yang cukup

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula, masih ingat ungkapan “Mens sana in corpore sano” kan. Nah, dengan memberikan asupan gizi vitamin yang cukup maka mental anak akan semakin kuat dan kita menjadi lebih mudah mendidik anak di rumah.

Berbicara mengenai vitamin untuk anak, maka ada sebuah produk yang cocok bagi mereka, yaitu Vitamin Herboost Herbal Booster dari Ms Glow Kids. Vitamin yang kaya akan kebaikan ekstrak rempah-rempah  yang baik untuk tumbuh kembang dan imunitas anak. Salah satunya adalah Ekstrak Curcuma (temulawak) yang dipercaya mampu meningkatkan imunitas.

Hal ini tentu baik bagi anak-anak kita karena di masa pandemi seperti ini, kita harus memelihara imunitas /daya tahan tubuh anak. Curcuma juga mampu meningkatkan nafsu makan si kecil. Tidak perlu lagi pusing jika dihadapkan dengan anak yang sedang GTM (gerakan tutup mulut).

Selain Itu Terdapat Kandungan Centella Asiatica. Kedua kandungan ini dipelihara mampu memelihara daya tahan anak serta meningkatkan nafsu makan anak. Aman dikonsumsi untuk anak di atas usia 2 tahun.

Kesimpulan

Kesulitan dalam mendidik anak adalah hal yang pasti. Sebagai orang tua kita dituntut untuk lebih sabar dalam menghadapi anak. Mempunyai emosi adalah hal yang wajar, namun jangan sampai emosi membuat kita sulit berpikir jernih dan melakukan tindakan yang salah saat mendidik anak. Kita sebagai orang tua harus pandai menjaga emosi agar anak lebih mudah menuruti perintah kita. Atur Nada bicara, menarik nafas serileks mungkin dan kiat-kiat lain. Bisa dijadikan solusi untuk meredakan emosi kita dalam menghadapi anak (ia-education).

%%footer%%

One comment

Tinggalkan Balasan