Investasi Riba Atau Bukan

Investasi Riba Atau Bukan ? Ini Ciri Cirinya

Loading...

Investasi Riba Atau Bukan ? Ini Ciri Cirinya – Islam menjadi agama yang sangat sempurna, yang di dalamnya terdapat berbagai aturan-aturan yang meski dijalankan oleh pemeluknya. Bahkan, Islam tidak hanya mengatur hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas ibadah setiap pemeluknya, tetapi juga hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan muamalahnya, sehingga kita kerap mendengar adanya berbagai istilah syariah, seperti istilah ekonomi syariah, keuangan syariah, investasi syariah, atau malah bisnis syariah.

Ketika kita berbincang tentang ekonomi syariah dan juga keuangan syariah, tentu itu artinya kita tengah berbincang-bincang tentang sistem ekonomi dan juga keuangan yang dijalankan memang berlandaskan, atau sesuai dengan syariat Islam, aturan atau kaidah yang berlaku dalam Islam, yakni sesuai dengan yang telah disebutkan di dalam al-Quran, Hadis, dan ketetapan pada ulama.

Contohnya adalah investasi syariah. Saat ini, kamu tentu sudah pernah mendengar tentang investasi Syariah ya? Apalagi saat ini, ada banyak sekali ajakan untuk mulai berinvestasi syariah. Investasi merupakan kegiatan yang diperbolehkan dalam Islam selagi akad dan cara-cara yang dilakukan dalam bertransaksi sesuai dengan aturan Islam, sesuai dengan namanya, investasi syariah.

Nah, mungkin selama ini kamu sering berpikir, bahwa semua investasi itu syariah, karena kamu melihat sistemnya yang simpel dan sederhana, padahal sebenarnya tidak juga. Maka, ketika akan berinvestasi ada berbagai hal yang meski kamu ketahui, salah satunya adalah investasi yang dilarang.

Dengan mengetahui jenis investasi yang dilarang tentu akan membuat kamu lebih berhati-hati ketika akan berinvestasi. Salah satu investasi yang dilarang dalam Islam adalah investasi yang mengandung unsur riba.

Nah, untuk mengetahui mana investasi riba atau bukan maka berikut ini akan kita ulas. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat.

Investasi yang Terdapat Unsur Riba

Investasi yang dilarang dalam Islam adalah investasi dengan adanya unsur riba. Jika kita lihat secara bahasa, maka ada beberapa arti dari riba, yaitu ziyadah yang berarti tambahan, tumbuh, dan membesar. Sementara apabila kita lihat secara istilah, maka riba berarti mengambil tambahan dari harga pokok atau modal yang dikeluarkan dengan cara yang batil, baik itu dalam transaksi pinjam meminjam ataupun hutang piutang.

Riba menjadi salah satu perbuatan yang sangat bertentangan dengan Islam, bahkan di dalam Alquran, Allah juga sudah menjelaskan ayat tentang riba ini di dalam surah al-Baqarah yang terbilang sangat panjang, bahkan di dalam satu halaman itu hanya membahas tentang riba saja. Hal ini menunjukkan kepada kita, bahwa riba amat dilarang keras oleh Allah.

Bagaimana bisa? Nah, transaksi ekonomi yang kamu jalankan bisa dikatakan riba ketika kamu mendapatkan tambahan ataupun bunga atas pokok uang utang. Jadi, jangan heran jika kemudian investasi di beberapa bank ataupun lembaga keuangan sangat dilarang jika di dalamnya terdapat sistem tersebut, karena dikategorikan sebagai sistem riba.

Untuk melihat apakah investasi riba atau bukan ?sebenarnya sederhana, cukup kenali saja ciri-cirinya. Nah, ciri-cirinya adalah ketika kamu menginvestasikan sejumlah dana, kemudian kamu sudah ditawarkan dan dikabarkan akan mendapatkan keuntungan sekian persen, padahal jelas-jelas, bahwa uang yang kamu investasikan belum lagi digunakan, belum diputar oleh pebisnis, namun mereka sudah langsung mengabarkan terkait dengan keuntungan.

Hal ini sangat menyalahi aturan dalam jual beli atau berbisnis, karena dalam Islam, yang namanya bisnis dan investasi, kedua belah pihak akan sama-sama menanggung konsekuensi, jika satu pihak rugi, maka keduanya akan rugi, begitu pun sebaliknya. Selalu ada risiko yang harus dihadapi kedua belah pihak.

So, jika kamu akan berinvestasi, carilah investasi yang memang tidak menggunakan sistem riba, selain akan menjadikan keberkahan bagi harta kamu, kamu juga akan mendapatkan pahala, karena sudah berusaha keluar dari lingkaran yang salah. Nah paling tidak ini adalah ciri utama untuk mengetahui investasi riba atau bukan ? (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan