peran teknologi dalam dunia pendidikan

Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan

Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan – Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini semakin memudahkan siswa untuk belajar mandiri. Mungkin belajar tanpa teknologi saat ini sudah tidak memungkinkan di era modern ini. Karena, peran teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan saat ini memiliki peran yang sangat penting.

Sedangkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat menawarkan banyak manfaat di berbagai bidang. Selain itu, TIK juga memiliki peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan. Artinya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga hal ini dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat agar berkembang lebih maju.

Terlepas dari banyaknya peran teknologi dalam dunia pendidikan, teknologi juga berdampak negatif bagi dunia pendidikan. Hal ini bisa terjadi jika siswa tidak dapat memanfaatkan teknologi dengan baik.

Namun ada sebuah paradoks yang terkesan memprihatinkan. Di mana kecanggihan teknologi ini hadir berkat sumbangsih dunia pendidikan. Penelitian dan pengembangan tenaga ahli terlahir dari dunia pendidikan. Namun ironinya, justru saat ini banyak sekali dunia pendidikan yang belum tersentuh kecanggihan teknologi.

Tidak hanya karena sekolah-sekolah yang berada jauh dari akses perkotaan, namun bahkan sekolah-sekolah yang berada di tengah-tengah perkotaan. Terutama di negara-negara sedang berkembang.

Gagap teknologi seakan dianggap lumrah karena berpandangan bahwa teknologi secanggih apa pun tidak akan bisa menggantikan guru. Walaupun sebenarnya peran teknologi tidak sesempit itu. Bayangkan bila guru mampu memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya. Pasti pembelajaran akan semakin menyenangkan dan efektif.

Misalnya teknologi digunakan untuk mendukung pembelajaran hybrid atau blended learning maka akan sangat memudahkan guru dan siswa. Teknologi saat ini juga sangat mendukung untuk digunakan untuk mengambangkan berbagi media pembelajaran visual maupun media interaktif.

Kembali ke topik peran teknologi dalam dunia pendidikan. Paling tidak beberapa peran penting seperti berikut ini:

1. Sebagai Prasarana Pembelajaran

TIK memegang peranan yang sangat penting sebagai infrastruktur pembelajaran, di mana materi pembelajaran tersedia dalam format digital. Sehingga proses pembelajaran dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, karena fasilitas ini telah memadai untuk hal tersebut.

Sehingga siswa tidak harus terpaku pada pembelajaran di tempat dan waktu yang telah ditentukan seperti zaman dahulu. Saat senggang dan berada di tempat umum, mereka masih bisa belajar melalui smartphone maupun gawai lainnya.

Bahkan saat ini siswa sebagai pengguna teknologi digital didominasi oleh gawai bergerak semacam handphone dan tablet untuk mengakses sumber belajarnya. Belajar melalui video sudah semakin umum dan hasil penelitian membuktikan hal itu.

2. Sebagai Sumber dan Bahan Belajar

Sumber dan bahan ajar bagi tenaga pengajar saat ini tidak hanya dapat diperoleh dari buku. TIK juga dapat digunakan sebagai sumber bahan belajar yang mengikuti perkembangan zaman dan ilmu yang didapat juga lebih lengkap. Banyak bahan ajar yang bisa didapat dari seluruh penjuru dunia, sehingga ilmu yang didapat lebih dari sekedar menggunakan buku.

Apalagi peran teknologi dalam pendidikan di masa pandemi seperti sekarang ini. Semua orang semakin tersadar bahwa belajar tidak hanya di sekolah dan dari buku saja, melainkan dari seluruh penjuru dunia. Hal ini tidak mungkin bisa terwujud tanpa adanya teknologi, terutama teknologi informasi dan komunikasi.

3. Sebagai Alat dan Fasilitas Pembelajaran

Di era modern ini tenaga pengajar saat ini sudah tidak lagi menggunakan papan tulis dan kapur, karena proses belajar mengajar saat ini telah didukung oleh TIK. Sebagai alat dan fasilitas belajar, TIK akan membuat proses belajar mengajar menjadi lebih inovatif dan menyenangkan bagi siswa.

Cara ini juga dikenal sebagai cara yang efektif karena lebih modern. Sehingga untuk pendidik juga wajib mengikuti perkembangan teknologi agar bisa mengajar sesuai dengan trend yang berkembang. Sedangkan para pelajar yang memanfaatkan teknologi dengan baik juga dapat mendalami ilmu secara lebih luas dan mandiri.

4. Sebagai sumber informasi penelitian

Banyak proses penelitian di bidang pendidikan yang semakin mudah dilakukan berkat keberadaan TIK sebagai sumber informasi. Adanya TIK juga menjadikan penelitian seseorang lebih mudah. Sehingga dapat dimanfaatkan dan diketahui oleh orang lain.

Kita bisa dengan mudah mencari berbagai hasil penelitian di dunia hanya dengan beberapa klik saja, atau hanya dengan menggerakkan jempol di gawai. Banyak sekali bahkan jutaan artikel jurnal ilmiah yang bisa kita akses gratis berkat teknologi.

5. Sebagai Media Konsultasi

Internet banyak digunakan sebagai media konsultasi dengan para ahli di tempat lain. Baik pendidik maupun siswa yang dapat memanfaatkannya untuk mendukung kegiatan belajarnya yang dilakukan secara langsung dari ahlinya tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

Peran teknologi komunikasi dalam pendidikan di masa pandemi ini semakin terasa. Pembelajaran bisa dilakukan secara online dengan metode tatap maya yang sinkron. Berkat teknologi virtual conference yang telah banyak tersedia, baik yang gratis maupun yang berbayar.

6. Sebagai Media Pembelajaran Online

Di zaman modern ini pembelajaran dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja termasuk secara online dengan menggunakan akses internet. Banyaknya website, blog, forum, atau aplikasi yang kini banyak tersedia di internet  dapat memungkinkan siapa saja untuk belajar secara online.

Misalnya ada perpustakaan online, ruang guru atau lainnya. Sementara perpustakaan online sendiri merupakan salah satu perpustakaan dalam bentuk digital yang menggunakan internet sebagai wadahnya. Dalam hal ini berguna bagi siapa pun yang dapat mengakses sumber pengetahuan dengan mudah tanpa dibatasi jarak dan waktu.

7. Sebagai Skill dan Competence

Pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan TIK merupakan keterampilan dan kompetensi yang harus dimiliki siswa saat ini. Penggunaan TIK pada titik ini harus proporsional atau harus digunakan di tempat yang tepat dan tidak boleh digunakan secara sembarangan.

Karena, TIK tidak bisa masuk ke semua masyarakat tapi harus disesuaikan dengan porsinya masing-masing. Jangan sampai TIK untuk masyarakat berpendidikan perguruan tinggi diberikan kepada masyarakat pedesaan yang rata-rata memiliki latar belakang pendidikan rendah. Karena ilmu yang didapat akan sia-sia jika tidak memiliki fasilitas yang memadai.

Itulah yang dapat dijelaskan mengenai peran teknologi dalam dunia pendidikan, semoga bermanfaat. Salam belajar menyenangkan bersama maglearning.id.

%%footer%%

Tinggalkan Balasan