Algoritma Facebook Ads Terbaru 2021

Algoritma Facebook Ads Terbaru 2021

Loading...

Algoritma Facebook Ads Terbaru 2021 – Bagi seorang pebisnis, melakukan iklan atau promosi ke berbagai media sosial merupakan sebuah kebutuhan. Hal ini karena iklan memang memiliki peranan yang sangat penting dalam mengembangkan sebuah bisnis. Nah, di zaman yang serba digital ini, cara pebisnis melakukan iklan sudah tidak lagi dengan cara konvensional, melainkan sudah beralih ke sistem digital, di mana semua proses iklan dilakukan secara online.

Salah satu media sosial yang sangat sering dijadikan sebagai media iklan adalah Facebook. Pemilihan Facebook sebagai wadah melakukan promosi sebuah bisnis merupakan cara yang paling tepat, karena Facebook sendiri memiliki banyak sekali pengguna yang berasal dari seluruh dunia. Bahkan menariknya lagi, empat tahun yang lalu Facebook merupakan platform yang menduduki peringkat ketiga paling banyak penggunanya setelah Youtube dan Google. 

Data ini tentu bisa kamu jadikan alasan mengapa kamu meski mulai beranjak beriklan ke Facebook ya. Tatkala sedang membuka Facebook, kamu tentu sering melihat iklan yang ditayangkan oleh Facebook. Bagi mereka yang hanya menjadi menikmati semua konten dan iklan yang ada tentu tak pernah berpikir apa pun selain menikmati konten, tentu sangat berbeda dengan kamu yang seorang pebisnis dan memiliki jiwa entrepreneur ya. Dimana, ketika melihat iklan yang tayang di Facebook tentu membuat kamu bertanya-tanya, kok bisa, bagaimana caranya, dan sederet pertanyaan lain seputar iklan yang muncul di Facebook.

Apabila kamu juga ingin iklan kamu ditayangkan oleh Facebook, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengetahui algoritma Facebook ads. Bagaimanapun, pengetahuan yang mumpuni terkait algoritma Facebook ads adalah sebuah keniscayaan.

Algoritma Facebook Ads 2021

Beberapa bulan yang lalu, Facebook telah merilis sebuah artikel resmi yang isinya adalah pembahasan seputar algoritma Facebook ads yang digunakan. Informasi seputar algoritma Facebook ads yang disampaikan di dalam artikel tersebut terbilang sangat lengkap ya. Sehingga akan sangat bermanfaat bagi siapa pun yang ingin mendapatkan keuntungan melimpah, konsumen meroket, dan sebagainya.

So, algoritma sendiri merupakan sebuah sistem yang diterapkan oleh semua platform media sosial, di mana sistem ini akan membahas sistem kerja, seperti konten apa saja yang akan muncul di beranda akun kamu misalnya. Semua platform media sosial mempunyai sistem atau algoritmanya masing-masing ya.

Maka, apabila kamu ingin meraup banyak keuntungan di sebuah media sosial, kamu harus tahu duli algoritma yang dipakai. Hal ini akan sangat membantu kamu dalam mewujudkan harapan kamu dari media sosial tersebut. Sampai saat ini, tiap-tiap platform media sosial terbilang lumayan jarang memberikan gambaran algoritma mereka.

Namun, tampaknya kali ini Facebook sedang baik, sehingga mereka dengan gamblang memaparkan algoritma Facebook ads tersebut. Maka, berbahagialah kamu yang selama ingin ngiklan di Facebook tapi bingung bagaimana caranya dan sistemnya bagaimana.

Informasi detail yang diberikan oleh Facebook adalah penyemangat baru bagi kamu yang selama ini berharap iklannya bisa tampil di Facebook. Dengan mengetahui algoritma Facebook ads terbaru, kamu akan lebih mudah ketika akan melakukan optimasi.

Nah, ketika kita sedang membahas algoritma Facebook ads terbaru, maka maknanya kita juga sedang membahas lelang. Mungkin kamu bertanya-tanya, lah apa hubungannya lelang dengan iklan di Facebook.

Oke, jadi gini. System penayangan iklan atau sistem algoritma Facebok ads terbaru sama seperti sistem lelang. Karena semua iklan yang berhasil tayang, iklan yang kamu lihat di berbagai video tersebut merupakan iklan yang telah berhasil memenangkan lelang. Lelang diadakan setiap hari, bahkan setiap ada kesempatan, maka di situlah lelang diadakan.

Jadi, algoritma Facebook ads akan melihat seorang penikmat video-video atau konten yang bertebaran di Facebook. Ketika dia tengah asyik, maka saat itulah lelang dibuka, dan diikuti oleh ratusan para pengiklan.

Pada umumnya, setiap hari, ada ratusan pengiklan yang berusaha memenangkan lelang demi kelancaran bisnis mereka. Banyaknya pebisnis di Indonesia yang menggunakan Facebook ads sebagai media iklan tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi kamu ya, karena bagaimanapun, jumlah pebisnis yang mengikuti lelang setiap harinya selalu di atas seratus pelelang.

Algoritma Facebook Ads

Sejatinya, sebuah kompetisi yang sangat besar tengah kamu hadapi, kamu bahkan sedang menghadapi kompetisi dengan berbagai jenis bisnis, ada yang sudah berkembang ada juga yang newbie. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah, semua pebisnis yang ingin mengiklankan produk mereka bisa mengikuti lelang, termasuk bagi mereka si pebisnis yang kebetulan mempunyai target pasar sama.

Kita tidak dapat memungkiri, bahwa sejatinya, akan ada beberapa pebisnis yang memiliki target pasar sama, dan ini sah-sah saja sih. Maka, sebesar apa pun lawan lelang kamu, meskipun target pasar kamu sama dengan pebisnis lain, kamu tetap harus bekerja lebih keras agar bisa memenangkan lelang. So, secara garis besar, ada tiga algoritma Facebook ads terbaru.

Tawaran

Algoritma yang pertama ialah masalah tawaran. Dimana-mana, yang memenangkan lelang selalu pihak yang memiliki penawaran harga yang paling tinggi. Sama halnya dengan algoritma Facebook ads terbaru ini. Dimana, seorang anggota yang mengikuti lelang dan berani memberikan harga tertinggi berkesempatan memenangkan lelang.

Hanya saja, hal ini tidak sepenuhnya mutlak loh, karena Facebook  sendiri memiliki penilaian dan pertimbangan yang matang. So, jangan pernah takut mengikuti lelang dan berhadapan dengan kompetitor yang lebih besar ya.. Enjoy.

Estimasi Nilai Tindakan

Algoritma Facebook ads terbaru yang kedua adalah estimasi nilai tindakan. Semua iklan yang masuk ada dinilai oleh pihak Facebook secara detail. Sehingga diadakan yang namanya masa percobaan. Selama masa percobaan, kamu harus menghindari tindakan mengedit iklan ya. Karena hal ini akan memperlambat proses uji coba dan membuat biaya iklan yang harus kamu bayarkan lebih besar.

Kualitas Iklan

Algoritma Facebook ads yang selanjutnya adalah kualitas iklan. Facebook menilai, bahwa kualitas iklan akan dinilai dari seberapa besar relevansinya terhadap calon konsumen. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika akan membuat iklan. Pertama adalah hindari untuk memberikan informasi setengah-setengah atau nanggung. Apabila memberikan informasi, maka sampaikanlah informasi sebaik dan sedetail mungkin, karena jika kamu sengaja menutupi informasi, maka iklan kamu akan dinilai rendah, sehingga kemungkinan memenangkan lelang sangat kecil.

Apabila sampai saat ini kamu pernah nih melihat iklan yang memberikan informasi setengah-setengah, maka itu artinya si pengiklan telah membayar sangat tinggi. Selanjutnya, hindari tulisan terlalu banyak di dalam gambar. Kemudian, gunakanlah bahasa yang biasa, gunakan pemilihan kata atau kalimat yang sederhana, tidak berlebihan ya. Jika kamu juga mencoba untuk memasang iklan dengan kalimat yang terlalu berlebihan, itu artinya nilai iklan kamu akan turun kualitasnya, dan kemungkinan memenangkan lelang juga sangat rendah. Demikian tiga algoritma penting dari Facebook ads terbaru yang meski kamu pahami untuk menunjang bisnis. Semoga bermanfaat. Salam sukses selalu (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan