Melakukan Analisa Peluang Usaha

Melakukan Analisa Peluang Usaha

Melakukan Analisa Peluang Usaha – Di tengah situasi pandemi yang belum juga berakhir ini, masyarakat dituntut untuk terus kreatif dalam mendapatkan penghasilan. Karena ada banyak sekali masyarakat di Indonesia yang harus kehilangan pekerjaannya. Nah, sebagai alternatif, kamu tetap bisa mendapatkan penghasilan loh, caranya adalah dengan mulai berbisnis.

Sebelum memulai berbisnis, ada berbagai hal yang harus kamu lakukan, salah satunya adalah dengan melakukan analisa peluang usaha. Dengan melakukan analisa peluang sebelum berbisnis, tentu kamu bisa memaksimalkan angka penjualan nantinya. Nah, selama ini, lumayan banyak pengusaha yang harus terhenti hanya karena tidak mampu melakukan analisa peluang usaha dengan benar dan akurat.

So, jika kamu ingin benar-benar memulai bisnis, cobalah untuk menganalisa peluang usaha yang tepat. Cara melakukan analisa peluang usaha juga terbilang mudah namun harus akurat dan komprehensif.

Biasanya, orang-orang yang memiliki jiwa entrepreneur handal selalu bisa membaca peluang yang ada, bahkan ketika banyak orang yang masih belum kepikiran untuk menjalankan bisnis tersebut. Modal ini merupakan modal awal yang meski dimiliki oleh seorang entrepreneur, atau calon entrepreneur. Semua pebisnis dituntut agar bisa berani mengeluarkan ide-ide cemerlang, karena persaingan bisnis semakin ketat.

Pengertian Analisa Peluang Usaha Menurut Para Ahli

Jika kita lihat secara umum, maka analisa peluang adalah salah satu cara yang digunakan untuk mendapatkan pengetahuan seputar timing atau pun kesempatan paling tepat yang bisa digunakan oleh seluruh pengusaha agar bisa meraup keuntungan yang besar. Sementara menurut seorang ahli, Robbi and Coulter, analisa peluang usaha adalah proses yang cukup panjang, melibatkan satu orang atau sekelompok orang, dengan memanfaatkan sarana ataupun usaha untuk menciptakan sebuah nilai untuk memenuhi segala kebutuhan dengan tidak memperhatikan sumber daya yang akan digunakan.

Hal ini bertujuan untuk menciptakan sebuah nilai. Nah, apa itu nilai bagi seseorang atau konsumen. Secara tekstual nilai adalah selisih antara pengorbanan (biaya) yang dikeluarkan oleh seorang konsumen dengan manfaat yang didapatkan dari membeli (mengonsumsi) suatu barang atau jasa.

Sedangkan definisi menurut Thomas W. Zimmerer peluang usaha adalah sebuah risiko yang harus diambil dan dihadapi untuk mengelola dan mengatur segala urusan yang ada hubungannya dengan masalah finansial. Lain lagi dengan peluang usaha menurut Dr. D. J. Schawrtz. Ia berpendapat bahwa peluang usaha adalah sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk memajukan bisnis.

Analisa peluang usaha juga terkait dengan posisi persaingan dalam bisnis tersebut. Apakah kita sebagai follower atau sebagai leader di bisnis itu. Apakah masih ada ceruk pasar yang tersedia buat kita, berapa kira-kira besaran volumenya, dan sebagainya.

Melihat pengertian peluang usaha dari beberapa ahli tersebut, tentu kamu sudah mempunyai gambaran, bahwa menganalisis peluang usaha sepenting itu, dan mempunyai peranan yang sangat penting bagi semua pelaku usaha. Hal ini karena dengan melakukan analisa peluang usaha, ada berbagai manfaat yang kamu dapatkan, salah satunya ialah menunjang dan membawa sukses kamu ke gerbang kesuksesan.

Apalagi nih, banyak banget loh para entrepreneur yang merasa kesulitan ketika akan memilih jenis bisnis apa nih yang akan dijalankan. Nah, dengan melakukan analisa peluang usaha terlebih dahulu, tentu kamu bisa memulai usaha dengan tepat ya. Cara melakukan analisa peluang usaha sangat berkaitan dengan strategi bisnis yang akan kamu buka, karena bisa memberikan gambaran kira-kira, bisnis apa nih yang cocok untuk kamu mulai.

Tujuan Melakukan Analisa Peluang Usaha

Berikut beberapa tujuan analisa peluang usaha yang akan berguna bagi bisnis yang sedang kamu rintis.

Mengetahui Keinginan Konsumen

Tujuan analisa peluang usaha yang pertama adalah dapat mengetahui keinginan konsumen, apa sih kira-kira yang paling dibutuhkan konsumen, baik itu dari segi barang ataupun jasa ya. Pengusaha masa kini, kebanyakan memulai usaha tanpa melakukan analisa, sehingga barang ataupun jasa yang dijalankannya terhenti di tengah jalan, karena tidak begitu diminati oleh pasar. Brand terkenal yang saat ini sering kamu jumpai juga melakukan analisa peluang usaha loh.

Jadi, pelajari apa saja kebutuhan (need) konsumen, kemudian identifikasi keinginan mereka, serta yang terakhir adalah mengestimasi permintaan mereka terhadap barang atau jasa yang akan kamu sediakan. Tak kalah pentingnya adalah dengan mempelajari 6 tahapan umum dalam proses pembelian konsumen.

Mencegah adanya kerugian dan kebangkrutan usaha kamu

Tujuan melakukan analisa peluang usaha yang kedua adalah bisa mencegah adanya kerugian dan kebangkrutan. Rugi dan bangkrut merupakan dua risiko yang pasti melekat pada setiap pebisnis. Maka, untuk mencegahnya, kamu harus mengetahui cara melakukan analisis peluang usaha terlebih dahulu.

Kegagalan ini bisa saja terjadi karena kamu tidak melakukan survey pasar, tidak melakukan analisis peluang usaha, dan sebagainya, sehingga bisnis yang kamu jalankan hanya terkesan ‘asal’. So, jika saat ini kamu sudah memulai bisnis, coba deh melakukan analisa peluang usaha dulu, sehingga ancaman rugi dan bangkrut bisa kamu tekan.

Mengetahui dan paham seluk beluk barang atau jasa yang dibutuhkan oleh sekitar

Tujuan berikutnya adalah bisa mengetahui dan memahami seluk-beluk, sebenarnya apa saja barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Jangan sampai nih, barang atau jasa yang kamu tawarkan tidak laku di pasaran. Barang yang tidak laku di pasaran berakibat kerugian loh.

Selain tiga tujuan tersebut, masih ada beberapa tujuan lainnya. Hanya saja, secara garis besar, tujuan di atas merupakan tujuan yang paling penting dari kegiatan menganalisis peluang usaha nih.

Cara Melakukan Analisa Peluang Usaha

Nah, jika sudah tahu beragam tujuan dari analisa peluang usaha, tentu kamu sudah tak sabar ingin langsung menganalisa peluang usaha ya. Berikut ini beberapa cara melakukan analisis peluang usaha yang harus kamu coba.

Mengetahui Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman

Sampai detik ini, cara melakukan analisa peluang  yang satu ini merupakan cara yang paling sering digunakan oleh para pebisnis loh. Hal ini karena cara melakukan analisis peluang usaha dengan mengetahui beberapa aspek ini dianggap sebagai cara melakukan analisa peluang usaha yang sangat akurat. Kita bahasa satu persatu ya.

Kekuatan

Kekuatan. Atau strength merupakan cara melakukan analisa peluang usaha yang akan menunjukkan keunggulan produk yang akan kamu tawarkan.  Untuk mengetahui sebesar apa kekuatan produk atau jasa yang kamu tawarkan, maka kamu harus bisa menjawab beberapa pertanyaan sederhana, seperti apa sih keunggulan produk atau jasa yang kamu tawarkan, apa aja nih keunikan produk atau jasa yang kamu tawarkan, jika dibandingkan dengan jenis usaha yang sama, kira-kira apa saja kelebihan bisnis kamu, dan pertanyaan terakhir adalah sebutkan dong faktor yang menjadi keunggulan bisnis kamu. Ketika melakukan analisa peluang usaha, maka kamu harus bisa menjawab semua pertanyaan tersebut dengan baik dan benar.

Kelemahan

Bagaimanapun, semua bisnis tentu memiliki kelemahannya masing-masing ya, sama halnya dengan bisnis yang tengah kamu rintis. Akan tetapi, semua kelemahan bisa kok diminalisir. Maka, usahakan untuk meminimalisir segala kelemahan yang ada. Karena jika kamu tidak berupaya keras dalam meminimalisir kelemahan, tentu akan berdampak kurang baik kepada bisnis kamu.

Nah, untuk menganalisa bagian kelemahan, kamu juga bisa melontarkan beberapa pertanyaan, seperti apa sih hal yang harus kamu hindari dari mejalankan bisnis, apa saja hal yang dapat kamu perbaiki dari bisnis yang kamu kelola, apa saja sih kelemahan bisnis yang kamu kelola, dan sebagainya.

Peluang

Untuk melihat peluang, kamu harus bisa menjawab dua pertanyaan, apa saja hal yang sedang ngetrend sekarang dan sesuai dengan bisnis yang akan kamu bangun, apa saja kesempatan yang kini dimiliki bisnis kamu.

Ancaman

Selalu ada ancaman dalam berbisnis ya, salah satunya adalah ancaman tidak bisa bersaing dengan bisnis lain yang sejenis. Maka, kamu harus bisa memperhatikan ancaman dengan baik. Caranya adalah dengan bisa menjawab beberapa pertanyaan ketika melakukan analisa. Seperti, kira-kira, ada nggak sih aturan dari pemerintah yang mengancam keberlangsungan bisnis kamu nantinya, apa saja ancaman yang bisa menghambat laju bisnis kamu, dan kira-kira apa saja yang telah dilakukan oleh pebisnis lain yang sama jenisnya dengan bisnis kamu.

Beberapa pertanyaan tersebut mempunyai banyak manfaat loh. Manfaat paling besarnya adalah dapat membuat kamu lebih ekstra dalam menentukan strategi bisnis ke depannya. Jadi, mulai sekarang, cobalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan saat melakukan analisa peluang usaha tadi dengan menerapkan cara melakukan analisa peluang usaha.

Analisis peluang usaha di atas dilakukan menggunakan kerangka analisis SWOT. Kamu juga bisa melakukan analisis peluang usaha menggunakan kerangka yang lainnya. Semoga bermanfaat (maglearning.id).

%%footer%%

Tinggalkan Balasan