Investasi Yang Sesuai Dengan Ajaran Islam

Investasi Yang Sesuai Dengan Ajaran Islam

Loading...

Investasi Yang Sesuai Dengan Ajaran Islam – Saat ini, investasi sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh banyak orang. Hal ini karena ada berbagai manfaat yang akan diperoleh, apalagi dengan berinvestasi, itu artinya kamu tengah menyiapkan masa depan. Hanya, saja kini ada banyak sekali investasi yang terbilang sangat meragukan, karena memang sistem yang ada di dalamnya kebanyakan tidak sesuai dengan aturan yang ada di dalam Islam.

Hal inilah, alasan mengapa seorang muslim harus benar-benar teliti dan juga jeli ketika memutuskan akan berinvestasi ke mana dan di mana, yang kira-kira memang tepat untuk dipilih. Di dalam Islam sendiri, sudah ada banyak sekali investasi yang terbilang menjanjikan dan tetap sesuai dengan syariat yang ditetapkan. Nah, berikut ini ada beberapa investasi yang sangat direkomendasikan dalam Islam, dan tentu sesuai dengan petunjuk yang ada di dalam Alquran dan juga hadis.

Sedekah

Investasi yang sesuai dengan ajaran Islam pertama adalah bersedekah. Investasi satu ini bisa kamu mulai dengan nominal berapa pun, karena dengan berinvestasi sedekah, itu artinya kamu tengah menabung untuk hari akhirat, dan siap mendapatkan ganjaran yang sangat hebat nantinya, karena investasi ini bukan sekedar investasi rekomendasi banyak orang, melainkan investasi yang dianjurkan oleh Allah sendiri. Hal ini disebutkan Allah di dalam al-Quran surat al-Baqarah ayat 271, yang artinya ‘orang yang melibatkan harta mereka jalan Allah, maka diibaratkan sebutir biji yang akan menumbuhkan 70 tangkai, dan di setiap tangkainya akan ada 100 biji. Allah akan melipatgandakan kepada siapa saja yang ia kehendaki. Allah maha luas dan juga maha mengetahui’.

Dari ayat tersebut kita dapat melihat bahwa uang yang kita investasikan akan kekal abadi karena akan dilipatgandakan oleh Allah sampai 700 kali lipat. Jadi jangan ragu untuk menjalankan universitas satu ini.

Menyewakan Lahan

Loading...

Investasi terbaik yang kedua adalah dengan investasi sewa lahan. Apabila kamu kebetulan mempunyai sebuah lahan dan tidak terurus, kemudian kamu bingung bagaimana cara memanfaatkannya, daripada harus dianggurin atau tidak terurus, maka kamu bisa menyewakannya saja, dan menyewakan sebuah lahan adalah salah satu investasi yang juga dicontohkan oleh Rasulullah saw.

Jika kamu penasaran, hal ini sudah dijelaskan kok di dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Kedua  hadis tersebut menjelaskan, bahwa Rasulullah saw. pernah menyewakan ladang atau pun kebun beliau ke bangsa Yahudi. Bangsa Yahudi akan  mengelola dan mengurus kebun Rasulullah. Antara Rasulullah saw. Dan Bangsa Yahudi tadi, akan sama-sama mendapatkan keuntungan dengan menerapkan sistem mudharabah atau bagi hasil, sesuai dengan yang telah disepakati kedua belah pihak.

Investasi Emas

Investasi terbaik yang sesuai dengan ajaran Islam berikutnya adalah dengan investasi emas. Saat ini, investasi emas menjadi salah satu investasi yang paling digemari oleh banyak orang. Padahal sebenarnya, bahwa investasi emas sudah dari dulu dianjurkan di dalam Islam. Hal ini karena emas mempunyai instrumen inflasi yang sangat baik. Bahkan dulu, emas sudah dijadikan sebagai alat tukar menukar.

Harga emas selalu mempunyai trend naik dan stabil. Bila ada naik turunnya, itu lebih bersifat jangka pendek, sedangkan secara long term selalu mempunyai slope yang positif.

Berdagang

Loading...

Investasi yang terbaik selanjutnya adalah dengan berdagang. Rasulullah saw. bahkan telah dikenal dengan sosok yang selain cerdas, jujur, berakhlak tinggi, juga dikenal sebagai seorang pedagang yang sangat luar biasa, karena ketika beliau berdagang selalu menerapkan aturan-aturan yang ada di dalam Islam, yakni selalu jujur, selalu memberitahukan kecacatan sebuah produk yang dijual, menentukan harga dengan tepat, hingga menentukan keuntungan yang sewajarnya.

Tak heran jika kemudian ada banyak sekali orang yang mempercayakan bisnis mereka kepada Rasulullah saw. Hal ini karena memang kredibilitas beliau yang sangat tinggi. Maka, jika kamu ingin berinvestasi dengan berdagang, cobalah untuk mulai berdagang seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah saw.

Jadi, yang dimaksud dengan investasi di sini adalah dengan menanamkan modal berdagang dengan baik dan cukup, juga bisa dengan membeli saham syariah bisnis perdagangan. Silakan pilih model investasi yang menurut Anda paling baik dan sesuai dengan kondisi finansial Anda.

Nah itu tadi bahasan beberapa investasi yang sesuai dengan ajaran Islam. Semoga bermanfaat, salam sukses dan bahagia (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan