Cara Memasang Password di Flashdisk dan Partisi Hardisk

Cara Memasang Password di Flashdisk dan Partisi Hardisk

Cara Memasang Password di Flashdisk dan Hardisk – Mungkin masih sangat jarang orang yang mengamankan flasdisk atau drive hardisknya dengan kata kunci atau password. Terkadang hal yang dianggap sepele ini bisa menyelamatkan kita dari pencurian data penting, bahkan terhindar dari virus berbahaya.

Flashdisk dan hardisk memiliki persamaan fungsi yaitu menyimpan data dan file-file lainnya yang dapat diatur oleh pengguna masing-masing, file ini memang rentan dicuri dihapus dan diakses oleh orang lain di dekat kita tanpa kalian sadari sebelumnya. Nah, bagaimana tutorial dan cara mengamankan flashdisk dan drive hardisk ini? pembahasan lebih lanjut ada di artikel ini, hehe…

Cara Memasang Password di Flashdisk / Hardisk

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial cara memasang kata sandi pada flashdisk dan partisi hardisk tanpa software dengan menggunakan sistem Windows bitlocker, yang tentunya dijamin sangat aman dalam mengenkripsi file atau data dalam flashdisk maupun hardisk, langsung saja ke inti pembicaraan beserta tutorial langkah-langkahnya :

1. Buka bagian control panel

Untuk membuka control panel kamu bisa mencari di kolom search windows atau bisa cari tulisan bitlocker drive encryption seperti gambar di bawah ini, lalu klik.

2. Pilih flasdisk atau drive partisi hardisk yang akan dipasang password

Seperti yang terlihat pada gambar di atas kamu tinggal memilih partisi atau hardisk mana yang akan dipasangi kata sandi, klik turn on bitlocker. kali ini saya akan mencoba memasang password atau kata sandi pada flashdisk.

3. Klik turn on bitlocker

Klik turn on bitlocker dan tunggu proses sebentar dan akan tampil seperti gambar di atas dan masukkan password sesuka hati kalian untuk mengunci flashdisk yang telah dipilih tadi lalu klik next.

4. Save password

Pada opsi ini kamu akan disuruh menyimpan password buat jaga-jaga jika di lain hari lupa password enkripsi tersebut, kali ini admin akan memilih save to file, pilih di bagian mana recovery ini akan disimpan dan klik save. jika sudah disave lalu klik next lagi.

5. Pilih opsi penguncian

Pada langkah ini kamu akan diberikan sebuah opsi untuk memilih teknik penguncian, yg pertama encrypt used disk space only yaitu mengenkripsi ruang disk yang digunakan saja memiliki kelebihan cepat dan terbaik untuk perangkat dan driver, yang kedua encrypte entire disk yaitu mengunci seluruh penyimpanan disk yang dipilih memiliki kekurangan lambat tapi terbaik untuk perangkat yang telah digunakan. Kali ini saya memilih encrypt used disk space only lalu klik next.

6. Pilih mode penguncian

Pada contoh cara memasang password di flashdisk dan Partisi Hardisk di pilihan mode penguncian kali ini saya memilih compatible mode yang memiliki kelebihan memiliki driver terbaik dan bisa dipindah pindah dari device ini ke device lain, lalu klik next dan tunggu proses pengenkripsian selesai. bisa memakan waktu beberapa jam atau beberapa menit saja tergantung kecepatan flasdisk dan PC kita.

7. Start encrypting

Klik start encrypting untuk menjalankan proses mengunci, proses mengunci bisa memakan waktu paling lama 5 jam tergantung dari performa laptop dan banyaknya file pada disk yang dikunci tadi.

Terlihat pada gambar di atas proses penguncian telah sukses dan flashdisk atau partisi penyimpanan hardisk sudah terkunci dan untuk mengakses penyimpanan tersebut harus terlebih dahulu memasukkan password atau kata sandi yang telah kita buat.

Penutup

Oke sekian tutorial dari saya tentang cara memasang kata password di flashdisk dan partisi hardisk tanpa software, semoga tutorial cara memasang kata sandi pada hardisk atau flashdisk ini bermanfaat bagi banyak orang dan terima kasih telah berkunjung ke maglearning.id.

%%footer%%

Tinggalkan Balasan