Mengenal Hormon yang Ada di Dalam Tubuh Manusia

Mengenal Hormon yang Ada di Dalam Tubuh Manusia

Mengenal Hormon yang Ada di Dalam Tubuh Manusia – Dalam tubuh manusia terdapat berbagai macam hormon, yang memiliki fungsi masing-masing untuk menopang kesehatan. Namun kadarnya harus seimbang agar tidak berdampak buruk pada manusia.

Sebenarnya dalam tubuh manusia ini adalah ratusan hormon, namun di artikel ini akan dibahas beberapa hormon terpenting saja. Untuk lebih lengkapnya silakan simak artikel berikut ini:

Melatonin

Hormon yang ada di dalam tubuh manusia yang pertama adalah melatonin. Hormon melatonin adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar Pineal. Dan mempunyai fungsi sebagai pengatur antioksidan dan pengatur fase tidur. Hormon melatonin diproduksi secara alami oleh tubuh. Hormon ini sangat diperlukan karena berhubungan dengan kebugaran tubuh.

Kelebihan Hormon Melatonin akan menyebabkan lemas, gampang capek, kurang konsentrasi, mood tidak stabil, hingga gangguan hati. Sementara kekurangan Hormon ini akan menyebabkan siklus haid tidak teratur, susah tidur, darah tinggi, depresi hingga serangan jantung.

Serotonin

Ternyata suasana hati manusia, nafsu makan dan fase tidur manusia dipengaruhi oleh hormon. Hormon yang dimaksud adalah serotonin. Hormon jenis ini diproduksi di bagian pencernaan. Hormon ini harus berada pada kadar seimbang agar tidak berdampak buruk untuk tubuh.

Kekurangan Serotonin akan berdampak pada tingkat kecemasan yang tinggi, insomnia, pusing hingga pms. Sementara kelebihan hormon ini berakibat detak jantung tidak stabil, koordinasi otot terganggu, kelelahan hingga pingsan.

Tiroid

Hormon penting yang ada di dalam tubuh manusia yang selanjutnya adalah tiroid. Protein dan metabolisme ternyata tidak diatur sendiri oleh tubuh. Ternyata ada hormon yang mengatur dua hal penting untuk kesehatan manusia tersebut. Hormon yang mengatur keduanya adalah tiroid.

Hormon ini diproduksi pada kelenjar tiroid. Dengan kadar tepat hormon ini akan meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan bakteri. Hal sebaliknya terjadi bila jumlahnya kurang tubuh akan cepat lelah, gampang sakit, kurang konsentrasi hingga mood tidak stabil.

Hormon Tiroid yang berlebihan juga berdampak akan mengakibatkan gangguan pencernaan, dada sesak hingga insomnia.

Adrenalin

Hormon ini bertanggung jawab atas perubahan detak jantung, membuat debaran karena rangsangan sesuatu yang menakutkan atau menantang. Hormon adrenalin ini sangat penting keberadaannya sebagai bentuk pertahanan tubuh dari situasi bahaya.

Hormon adrenalin bekerja meningkatkan daya oksigen ke otak dan otot , meningkatkan katalis dan mempercepat metabolisme tubuh. Kadar Hormon Adrenalin yang kurang akan berakibat pada lambannya refleks tubuh terhadap rangsangan luar.

Dopamin

Hormon dopamin merupakan salah satu hormon yang penting dalam tubuh manusia. Hormon dopamin mengatur segala aktivitas mulai dari ingatan, gerak tubuh hingga pengendali emosi.

Hormon dopamin diproduksi dari hipotalamus dan ginjal.  Bekerja sebagai penghambat pelepasan prolaktin dan pengatur gerak jantung.

Dopamin juga memiliki dampak buruk bila kadarnya berlebihan gejala nyeri tubuh, kaku-kaku dan keluhan fisik lainnya bisa saja terjadi. Jika kadarnya di bawah kadar normal akan membuat psikis terganggu, gangguan impotensi, hilang semangat dan sebagainya.

Hormon Gastrin

Hormon gastrin adalah salah satu hormon penting yang harus ada di dalam tubuh manusia. Hormon ini juga berperan vital terutama pada bagian pencernaan. Gastrin adalah hormon yang bekerja untuk merangsang sekresi asam lambung dan membuat pergerakan lambung lebih elastis. Hormon gastrin diperlihatkan untuk memperlancar proses pembuangan. Baik buang air besar maupun buang air kecil.

Sebagai besar hormon gastrin diproduksi oleh Sel g yang letaknya berada di antrum lambung. Jika hormon ini tidak tersedia secara cukup akan mengakibatkan berbagai masalah perut seperti sembelit, mules, bab tak lancar dan yang lainnya.

Hormon Pertumbuhan

Somatotropin atau lebih dikenal sebagai hormon pertumbuhan juga sangat diperlukan terutama dalam mempercepat pertumbuhan fisik manusia. Hormon pertumbuhan adalah hormon peptida yang berfungsi merangsang produksi sel, meregenerasi jaringan dan mengembangkan fisik manusia.

Hormon pertumbuhan akan mencapai puncak-puncaknya saat umur manusia 20an tahun. Sementara pada saat usia 30an fungsi hormon ini berangsur menurun.

Hormon Pertumbuhan juga bisa menyebabkan tumor bila kadarnya tidak terkendali. Sementara bila kadarnya kurang akan membuat pertumbuhan menjadi lamban.

Sumber makanan yang bagus untuk produksi hormon ini adalah sumber kalsium seperti susu dan yogurt. Olahraga secara teratur juga bisa mempercepat proses perkembangan tubuh dan memperlambat penuaan.

Kesimpulan

Hormon penting yang harus ada di dalam tubuh manusia sangatlah banyak, bahkan hingga ratusan. Hormon penting seperti Adrenalin, Pertumbuhan, Gastrin, Dopamin dan Serotonin mempunyai fungsi penting untuk kelangsungan hidup manusia. Namun begitu kadar dari setiap hormon harus dijaga, agar tidak berdampak buruk untuk kesehatan (maglearning.id).

%%footer%%

One comment

Tinggalkan Balasan