Tanaman Hias yang Cocok Untuk Mengusir Nyamuk

Tanaman Hias yang Cocok Untuk Mengusir Nyamuk

Tanaman Hias yang Cocok Untuk Mengusir Nyamuk – Tanaman Hias memang memiliki pesona yang indah, baik berupa corak, warna, dan bentuk yang pas ditaruh sebagai dekorasi rumah. Tanaman Hias memiliki nilai estetika yang bagus sebagai pelengkap halaman atau ruangan di dalam rumah.

Selain dipelihara karena keindahannya itu, ada beberapa tanaman hias yang memiliki fungsi lain salah satunya untuk mengusir nyamuk. Nah, menarik bukan? Selain menambah keindahan dan kesejukan rumah, juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk, yang tak jarang menjadi sumber penyakit berbahaya.

Nyamuk dikenal sebagai hewan yang gampang berkembang biak. Jika jumlahnya terlampau banyak bisa menimbulkan beragam penyakit seperti demam berdarah dan chikungunya.

Sebagai solusinya, bisa memelihara tanaman hias dengan kemampuan mengusir nyamuk. So, tanaman hias apa saja yang bisa Anda pilih? Simak beberapa jenis tanaman hias yang cocok untuk mengusir nyamuk berikut ini.

Lemon Balm

Tanaman Hias Yang efektif membasmi nyamuk adalah Lemon Balm. Meskipun bernama lemon, ternyata tanaman hias ini bukan termasuk dalam keluarga jeruk lho. Lemon Balm merupakan tanaman hias yang masih memiliki kekerabatan dengan daun mint.

Jika daun mint memiliki aroma “Semriwing’, sementara daun lemon balm mengeluarkan aromanya sepertinya jeruk yang tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman harus rajin dipotong karena cepat bertumbuhnya besar.

Bunga Geranium

Tanaman hias yang cocok untuk mengusir nyamuk berikutnya adalah Bunga Geranium. Bunga ini memiliki mahkota yang sangat cantik dengan warna yang indah untuk dipandang. Bunga geranium memiliki fungsi ganda selain mempercantik rumah, bunga ini juga bisa dimanfaatkan untuk membasmi nyamuk.

Nyamuk tidak suka dengan aroma menyengat yang dihasilkan tanaman hias ini. Karena manfaatnya ini, bunga geranium sering menjadi bahan campuran lotion anti nyamuk.

Catnip

Catnip merupakan  tanaman hias selanjutnya yang akan mengamankan rumah kita dari serangan nyamuk. Bagi yang masih asing dengan namanya, catnip adalah sejenis tanaman yang sering dipakai untuk makanan kucing. Kucing menyukai rasa dari tumbuhan ini.

Sebaliknya dengan nyamuk yang tidak menyukai tumbuhan ini dikarenakan aromanya yang cukup menyengat. Jadi tanaman ini bisa menjadi salah satu referensi Anda.

Rosemary

Tumbuhan hijau ini dikenal memiliki banyak manfaat. Tumbuhan ini bisa meramaikan rumah karena bentuknya yang rimbun. Selain itu, daun dari rosemary juga bisa dimanfaatkan sebagai kuliner yang lezat. Dan yang paling penting nyamuk-nyamuk juga akan enggan mendekati rumah karena baunya yang cukup khas.

Bunga Lavender

Jika ditanya tanaman hias apa yang paling banyak dikenal untuk mengusir nyamuk, mungkin sebagian orang akan menjawab bunga lavender. Bunga yang memiliki ciri khas warna ungu ini memang sudah lazim dipakai untuk menetralisir kedatangan nyamuk.

Warnanya yang indah  juga bagus digunakan sebagai dekorasi. Bunga lavender memiliki aroma yang harum untuk aroma terapi. Namun bau ini tidak disukai oleh sekawanan nyamuk. Bunga ini akan melindungi keluarga dari risiko gigitan nyamuk yang berbahaya.

Demikianlah ulasan singkat kami mengenai beberapa jenis tanaman hias yang cocok untuk mengusir nyamuk. Selain indah dan menyehatkan, ternyata tanaman hias punya manfaat yang tak kalah penting, yaitu menjaga kita dan keluarga dari serangan nyamuk. Semoga bermanfaat (maglearning.id).

%%footer%%

Tinggalkan Balasan