cara mencapai karir yang sukses

Cara Mencapai Karir Sukses, Sebuah Langkah Penting!

Cara Mencapai Karir Sukses, Sebuah Langkah Penting! – Siapa pun orangnya tentu ingin memiliki karir yang sukses, baik itu karir bekerja dalam perusahaan atau organisasi maupun karir sebagai pengusaha atau pekerjaan wirausaha lainnya. Lalu apa saja yang perlu dilakukan agar kita mencapai kesuksesan karir kita sampai batas maksimal yang kita mampu?

Tulisan ini akan membahas sebuah langkah dasar untuk memindai potensi terbaik kita dalam mencapai kesuksesan karir. Cara mencapai karir yang sukses ini mungkin dianggap sepele oleh banyak orang namun sangatlah penting. Memang cara ini bukanlah cara yang instan namun siapa pun yang mempraktikkannya akan mendapatkan hasil yang gemilang di kemudian hari.

Langkah Penting Pertama

Baiklah kita mulai dari modal dasarnya, yaitu belajar. Siapa pun yang belajar makan akan selalu memenangkan persaingan dengan yang tidak belajar, cepat atau lambat itu pasti akan terjadi. Blog ini dinamai maglearning.id ya karena admin ingin terus selalu belajar dan belajar. Istilah kerennya adalah pembelajaran berkelanjutan atau pembelajaran sepanjang hayat.

Pembelajaran berkelanjutan sepanjang hayat penting bagi siapa pun, baik itu bagi kita sebagai pribadi dan organisasi kita tempat kita mengabdi. Organisasi bisa sangat berubah secara dramatis, yang berarti bahwa karyawan atau siapa saja yang ada di situ membutuhkan keahlian dan pengetahuan baru.

Untuk berkembang, kita mau tidak mau harus berada dalam mode pembelajaran berkelanjutan. Ketika kita menjadi pebelajar sepanjang hayat, kita akan siap untuk dan berkembang di masa depan tidak peduli apa pun yang menghadang kita.

Kita harus mengambil kendali atas pembelajaran kita dengan mengetahui cara menilai apa yang ingin kita lakukan, mengidentifikasi kebutuhan perkembangan kita, menetapkan tujuan, merencanakan strategi, memilih beragam peluang belajar untuk mendukung karier kita, dan akhirnya menuju pada pengembangan perencanaan karier kita.

Langkah Penting Kedua

Nah sampai di sini ada hal yang paling penting selanjutnya setelah pembelajaran berkelanjutan sebagai nyawa cara mencapai karir sukses, yaitu cara untuk menentukan apa yang ingin kita lakukan. Dan langkah inilah yang membantu kita untuk menetapkan tujuan potensial kita pencapaian puncak karir.

Mencari tahu di mana kita akan meniti karir kita adalah langkah penting yang harus diambil. Tidak mungkin kita bisa mengembangkan karir tanpa tahu bidang apa yang akan kita geluti. Itu sama saja dengan naik Bus di terminal tetapi ketika ditanya kondektur mau kemana, kita tidak bisa menjawabnya, kan konyol! Catat ini penting untuk kematangan karier siapa pun.

Jika kita sudah tahu apa yang ingin kita lakukan dan sudah memiliki karir impian, kita dapat melewati bagian ini. Jika demikian halnya, maka kita dapat pengembangan keterampilan yang akan meningkatkan potensi kita untuk tanggung jawab yang lebih besar dan promosi di masa depan.

Orang-orang yang paling bahagia dalam pekerjaan adalah mereka yang memiliki keselarasan, yaitu nilai-nilai mereka selaras dengan misi dan nilai-nilai organisasi. Mereka menemukan makna dalam apa yang mereka lakukan. Mereka terlibat di tempat kerja. Biasanya ini terjadi ketika individu memiliki kesempatan untuk menggunakan kekuatan mereka untuk melakukan pekerjaan yang mereka sukai.

Apa yang Anda suka lakukan bukanlah apa yang saya suka lakukan. Karena kita masing-masing memiliki pekerjaan unik yang harus sesuai dengan preferensi kita. Sebelum kita melangkah terlalu jauh, ada dua hal penting yang perlu kita internalisasikan:

  1. Kita tetap harus mengerjakan pekerjaan yang tidak kita sukai, walaupun tidak harus dominan. Kita harus menyukai 80 persen dari apa yang kita lakukan di tempat kerja. Dan, kita masih perlu melakukan 20 persen lainnya, walaupun kita tidak menyukainya.
  2. Kita tidak sepenuhnya bebas mengembangkan kekuatan kita sendirian. Nggak! Tidak mungkin! Setiap orang memiliki kelemahan, dan organisasi mengharapkan kita untuk meningkat. Perusahaan / organisasi membayar kita untuk memanfaatkan kekuatan kita dan untuk memperbaiki kelemahan kita.

Jadi, jika saat ini kita tidak bekerja dalam pekerjaan yang menjadi impian kita, namun kita tetap berada di salah satu dari banyak tempat dalam karier kita. Mungkin kita baru saja lulus (fresh graduate) dan menerima pekerjaan karena memang itu yang tersedia, tetapi tidak cocok. Mungkin kita telah berada dalam karir kita untuk sementara waktu dan kita ingin beralih ke karir lain yang pernah kita alami atau selama rotasi di organisasi.

Mungkin kita tidak menyukai apa yang kita lakukan, tetapi kita tidak tahu apa yang ingin kita lakukan. Atau mungkin kita menghadapi selusin ketidakpastian lainnya. Nah, di sinilah kita perlu menentukan apa yang perlu kita lakukan sebagai cara mencapai karir yang sukses. Kita harus punya cara dan menyediakan sumber daya, aktivitas, dan pertanyaan sehingga kita dapat merenungkan apa yang ingin kita lakukan?

Mengidentifikasi Kemampuan Terbaik Kita

Menemukan misi, tujuan, hasrat, karier yang sempurna, profesi yang cocok, maka cari saja pekerjaan yang Anda sukai! Apakah itu begitu sulit? Tidak. Mari kita mulai dengan mencari tahu apa arti atau sesuatu yang cocok bagi kita.

Biarlah pikiran kita menerawang jauh dan meninjau pemikiran masa lalu kita, apa yang kita sukai, apaa saja dukungan karir yang tersedia, dan penilaian serta alat untuk memahami diri sendiri dengan lebih baik. Lalu lakukan beberapa latihan.

Mari kita latihan untuk menempatkan semua hal yang disebutkan di atas dalam tumpukan dan kemudian pilah semuanya. Kita dapat menggabungkan hasil dari latihan serupa yang dilakukan sebelumnya. Mari kita keluarkan semuanya.

  • Pertama, tinjau semua dokumentasi yang telah kita selesaikan. Tentang visi dan misi pribadi atau mungkin kita telah mengidentifikasi tujuan hidup kita. Pada titik tertentu kita mungkin mencantumkan nilai-nilai yang paling berarti bagi kita. Kita mungkin telah mengidentifikasi personal brand kita atau menulis proposisi nilai atau bahkan membuat kisah karier. Tarik keluar semua renungan itu dan baca ulang. Sorot hingga 10 nilai yang paling berarti bagi kita.
  • Kedua, pikirkan kembali semua yang telah kita lakukan dalam beberapa tahun terakhir: pekerjaan, amal, kegiatan, acara keluarga, dan proyek khusus. Buat daftar semua tugas dan tanggung jawab, pisahkan menjadi dua kategori: apa yang kita sukai dan apa yang tidak Anda sukai. Tema apa yang muncul? Sorot tema tersebut.
  • Ketiga, buat daftar semua hal yang kita sukai. Setidaknya seperti: karakteristik orang, aktivitas pekerjaan, deskripsi geografis, kondisi kerja, tanggung jawab, hobi, topik yang diminati, buku yang dibaca, orang yang disukai dan diikuti di media sosial, podcast yang didengarkan, channel Youtube yang sering dilihat, dan apa yang saja yang lakukan di waktu luang. Sekarang lihat daftar itu, dan sorot hingga 10 hal favorit kita. Tema apa yang muncul? Apakah beberapa kata terdaftar di lebih dari satu kategori?
  • Ketiga, warisan apa yang ingin kita tinggalkan? Bagaimana dunia akan menjadi lebih baik karena kita telah hidup dan tinggal di sini?

Sekarang tarik semuanya. Lima atau enam hal apa yang tampaknya berulang? Apa yang dikatakan tentang tujuan hidup kita atau gairah karir kita?

Misalnya, Saya memutuskan ketika saya berusia 30 tahun, inilah saatnya untuk mencari tahu apa yang saya inginkan ketika saya dewasa. Saya menyelesaikan latihan seperti yang tercantum di sini. Tema yang muncul bagi saya adalah saya suka dan pandai berorganisasi. Saya juga suka menulis dan membaca dan tidak menginginkan bos mengatur kerja saya.

Itu sepertinya bukan rencana yang bagus. Tapi itu cukup untuk fokus untuk merancang sebuah rencana karir. Hal yang sama akan terjadi pada kita semua. Jika tidak ada yang cocok, simpan catatan itu. Dua hal yang kemungkinan akan terjadi. Pertama, kita akan mulai melihat koneksi, dan kedua, kita akan menciptakan makna tak terduga dari semua itu.

Demikianlah uraian ringkas kami mengenai langkah penting sebagai modal dasar cara mencapai karir yang sukses. Semoga bermanfaat (maglearning.id).

%%footer%%

One comment

Tinggalkan Balasan