Cara Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad Saw

Cara Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad Saw

Cara Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad Saw – Kesehatan adalah aset penting yang harus dijaga oleh siapa pun. Dengan tubuh yang sehat tentu akan meningkatkan kualitas hidup kita. Jasmani dan rohani akan selalu tampak bugar dan bisa bekerja serta beribadah dengan prima.

Manfaat tubuh yang sehat juga bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga bisa dimanfaatkan untuk membantu sesama. Seperti membantu orang yang terkena bencana, membantu seseorang menyeberang jalan dan sebagainya.

Bagi seorang muslim contoh terbaik untuk hidup sehat adalah Nabi Muhammad Saw. Beliau dikenal jarang sakit karena menjalankan pola hidup sehat. Lalu seperti apa pola hidup sehat dan panjang umur ala Rosulullah ?

Silakan simak ulasan kami tentang cara hidup sehat ala Nabi Muhammad Saw di bawah ini:

Makan Secukupnya

Kebiasaan makan Rosulullah tentu bisa kita tiru. Beliau sangat fokus pada porsinya. Beliau menganjurkan pada umatnya untuk makan secukupnya. Hindari makan secara berlebihan karena akan membawa dampak buruk untuk kesehatan. Salah satu dampak buruknya adalah obesitas dan diabetes.

Anjuran Rosulullah ini juga dibenarkan oleh penelitian ilmiah yang dilakukan oleh The University Of Texas, yang menyatakan makan tidak terkontrol akan membuat Kegemukan dan gangguan kronis lainnya. Makan yang berlebihan juga akan mengganggu kesehatan psikologis kita. Biasanya orang seperti ini adalah orang yang tidak sabaran, cepat marah, dan sulit mengendalikan emosi.

Rosulullah juga punya tips khusus dalam mengatur porsi yaitu: sepertiga untuk makan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga untuk udara. Dengan cara ini kita akan terhindar dari berbagai resiko penyakit.

Waktu makan juga perlu diatur dengan baik. Patokan sederhana dari Rosulullah adalah “jangan makan sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang”.

Rajin Berolahraga

Kunci Hidup Rosulullah juga berasal dari kebiasaannya yang rutin berolahraga. Di tengah aktivitas dakwahnya, Rosulullah masih menyempatkan waktu untuk berolahraga seperti berenang, berlari, berkuda dan memanah. Semua aktivitas tersebut akan menggerakkan anggota tubuh dan membakar lemak.

Menurut studi dari European Journal of Applied Physiology menyatakan bahwa olahraga seperti berenang akan memperlancar aliran darah, mengontrol gula darah dan memperbaiki postur tubuh. Berolahraga juga akan meningkatkan sistem imun.

Tidur yang Cukup

Tips hidup sehat ala Nabi Muhammad selanjutnya adalah tidur yang cukup. Banyak orang terbiasa dengan begadang. Padahal kebiasaan ini berdampak buruk pada kesehatan. Bahkan Nabi pun menganjurkan tidur secukupnya. Tidur dan bangun dengan durasi yang pas tidak terlalu singkat juga tidak terlalu lama.

Jangan pernah menyepelekan tidur karena ini akan mengistirahatkan mayoritas anggota tubuh kita dan memilihkan sel-sel tubuh. Bahkan dalam sebuah jurnal klinis menyatakan bahwa tidur mampu meningkatkan kinerja syaraf, menstabilkan emosi dan memperpanjang umur.

Puasa

Puasa selain merupakan unsur ibadah dalam agama Islam namun juga punya hikmah untuk memperbaiki kesehatan. Nabi Muhammad dalam hidupnya selain mengerjakan Puasa Ramadhan juga mengerjakan puasa Sunnah seperti puasa Senin Kamis, puasa daud dan yang lainnya.

Puasa akan meringankan kerja metabolisme tubuh khususnya pencernaan. Puasa juga akan melatih psikis kita dalam menjaga hawa nafsu.

Shalat

Dilansir dari laman Islamic Finder, sholat juga merupakan ibadah yang memiliki pengaruh baik untuk kesehatan. Selain berfungsi sebagai tiang agama, gerak-gerakan sholat juga memberikan dampak positif untuk kesehatan seperti memperlancar aliran darah, mengatasi rematik, nyeri punggung dan menguatkan jantung.

Bila kita rajin melaksanakan sholat tepat waktu, maka tubuh kita akan secara rutin bergerak dan melakukan aktivitas perenggangan yang cukup. Peredaran darah juga menjadi dinamis serta mencukupi semua kebutuhan anggota tubuh terutama kepala.

Demikianlah ulasan ringkas kami tentang cara hidup sehat ala Nabi Muhammad Saw. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat dan membuat hidup sobat semakin sehat dan menyenangkan (maglearning.id).

%%footer%%

One comment

Tinggalkan Balasan