Pengertian, Azas, dan Ciri Komunikasi Interpersonal

Pengertian, Azas, dan Ciri Komunikasi Interpersonal

Pengertian, Azas, dan Ciri Komunikasi Interpersonal – Di tengah dunia yang dilukiskan sebagai dunia sesak-media (mediasaturated world), kata komunikasi, biasanya identik dengan kegiatan komunikasi massa. Begitu kata komunikasi diucapkan atau terdengar, biasanya terbayang dalam benak kita kegiatan komunikasi massa.

Dalam kehidupan sehari-hari, minat dan perhatian orang terhadap kegiatan komunikasi massa memang sungguh besar. Padahal ada satu kegiatan komunikasi lain yang juga penting dalam menjaga kehidupan bersama kita, yakni Komunikasi Antarpribadi (KAP).

Inilah kegiatan komunikasi yang penting yang membuat kita masih menjaga hubungan antarpribadi atau relasi antar personal dengan sesama. Kemampuan menjalin komunikasi antarpribadi merupakan salah satu kompetensi penting yang harus kita kuasai baik untuk menjaga relasi sosial kita maupun relasi fungsional.

Pengertian Komunikasi Interpersonal

Komunikasi interpersonal atau disebut juga dengan komunikasi antar personal atau komunikasi antarpribadi adalah komunikasi yang dilakukan oleh individu untuk saling bertukar gagasan ataupun pemikiran kepada individu lainnya.

Kita bisa membuat definisi komunikasi antarpribadi dengan memahami dua kata yang membentuk istilah ini, yakni komunikasi dan antarpribadi. Komunikasi, secara sederhana bisa kita artikan, sebagai proses pertukaran pesan antara komunikator dan komunikan untuk mencapai tujuan tertentu.

Sedangkan antarpribadi dapat diartikan sebagai “berhubungan dengan atau melibatkan relasi personal atau sosial yang mengembangkan sistem-sistem ekspektasi bersama, pola-pola keterikatan emosional dan cara-cara penyesuaian sosial.”

Bila dipadukan, kedua kata itu dalam istilah komunikasi antarpribadi maka bisa diartikan sebagai proses pertukaran pesan antara komunikator dan komunikan untuk mengembangkan sistem ekspektasi bersama, pola-pola keterikatan secara emosional dan cara-cara penyesuaian sosial”.

Ini berarti, dalam komunikasi antarpribadi ada relasi yang sifatnya pribadi di antara pihak-pihak yang berkomunikasi. Bila di antara pihak-pihak yang terlibat saling mengenal secara pribadi maka komunikasinya makin bersifat personal (mempribadi).

Roloff (dalam Berger & Chaffe, 1987:490) menyebut komunikasi antarpribadi sebagai produksi, transmisi, dan interpretasi simbol-simbol oleh mitra-mitra yang berelasi. Sedangkan Baskin dan Aronoff (1980:4) menyebut komunikasi antarpribadi adalah “pertukaran pesan di antara pribadi-pribadi yang bertujuan membangun kesamaan makna”.

Pengertian komunikasi iterpersonal dari definisi Baskin dan Aronoff ini agak dekat dengan definisi Griffin (2003:52) yang menyatakan bahwa komunikasi antarpribadi adalah “proses menciptakan makna bersama yang unik”. Rubin dan Rubin (2001) dengan tegas menyebutkan komunikasi antarpribadi itu merupakan perilaku yang diarahkan tujuan (goal-directed).

Tujuan di sini muncul mengikuti motif yang menjadi dasar tindakan. Motiflah yang mendorong seseorang berperilaku untuk mencapai tujuannya. Sebenarnya, baik Baskin dan Aronoff maupun Griffin, dalam definisi di atas juga menunjukkan secara implisit bahwa tujuan komunikasi merupakan pokok komunikasi antarpribadi.

Baskin dan Aronoff menyebutnya dengan “membangun kesamaan makna” dan Griffin menyebutnya “menciptakan makna bersama yang unik”. Dalam pandangan Rubin dan Rubin, orang menggunakan komunikasi sebagai perangkat untuk membentuk konsep dirinya (seperti, kebutuhan ego) dan untuk memenuhi kebutuhan psiko-sosial pihak lain.

Asas-Asas Komunikasi Interpersonal

Komunikasi interpersonal melibatkan sekurang-kurangnya dua orang. Satu orang berperan sebagai pengirim informasi, dan seorang lainnya sebagai penerima. Secara teoritis, kelancaran komunikasi ditentukan oleh peran kedua orang tersebut dalam memformulasikan dan memahami pesan. Suranto (2011:13) mengemukakan lima asas komunikasi interpersonal, yaitu:

  1. Komunikasi berlangsung antara pikiran seseorang dengan pikiran orang lain. Komunikasi interpersonal melibatkan sekurangnya dua orang, dan masing-masing memiliki keunikan jalan pikiran.
  2. Orang hanya bisa mengerti sesuatu yang menghubungkannya pada sesuatu hal lain yang telah dimengertinya.
  3. Setiap orang berkomunikasi memiliki tujuan.
  4. Orang yang telah melakukan komunikasi mempunyai suatu kewajiban untuk meyakinkan dirinya bahwa ia memahami makna pesan yang akan disampaikan itu.
  5. Orang yang telah melakukan komunikasi mempunyai suatu kewajiban untuk meyakinkan dirinya bahwa ia memahami pesan yang akan disampaikannya itu.

Ciri-Ciri Komunikasi Interpersonal

Terdapat beberapa karakteristik dalam komunikasi interpersonal. Menurut Agus M. Hardjana ada tujuh karakteristik yang menunjukkan bahwa suatu komunikasi antara dua individu merupakan komunikasi interpersonal, antara lain :

  1. Melibatkan di dalamnya perilaku verbal dan non verbal.
  2. Melibatkan perilaku spontan, kebiasaan dan sadar.
  3. Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang berproses pengembangan Komunikasi interpersonal berbeda-beda tergantung dari tingkat hubungan pihak-pihak yang terlibat dalam komunikasi, pesan yang dikomunikasikan dan cara pesan dikomunikasikan.
  4. Melibatkan umpan balik pribadi, hubungan interaksi, dan koherensi (pernyataan yang satu harus berkaitan dengan yang lain sebelumnya).
  5. Komunikasi interpersonal berjalan menurut peraturan tertentu. Peraturan itu ada yang bersifat intrinsik dan ada yang bersifat ekstrinsik.
  6. Komunikasi interpersonal adalah kegiatan aktif.
  7. Komunikasi interpersonal saling mengubah.

Tujuan Komunikasi Interpersonal

Komunikasi antarpribadi dapat kita gunakan dalam beberapa tujuan. Terdapat 6 (enam) tujuan dari komunikasi antarpribadi yang rasanya penting untuk kita pelajari bersama, di antaranya:

  1. Mengenal diri sendiri dan orang lain.
  2. Mengetahui dunia luar.
  3. Menciptakan dan memelihara hubungan.
  4. Mengubah sikap dan perilaku.
  5. Bermain dan mencari hiburan.
  6. Membantu orang lain

Ebook Online Pengertian, Azas, dan Ciri Komunikasi Interpersonal

Berikut ini adalah ebook online komunikasi Interpersonal, Intrapersonal, Impersonal, Kelompok yang berisi materi lebih lengkap dan detail.

Latihan Soal Online Komunikasi Interpersonal

Untuk melengkapi pembelajaran Anda silakan lakukan asesmen secara mandiri menggunakan kuis latihan soal berikut ini.

https://quizizz.com/join/quiz/5dca36ce03f145001d1f1073/start

Demikianlah bahasan kami mengenai pengertian, azas, dan ciri komunikasi interpersonal. Semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi di lain kesempatan (maglearning.id).

%%footer%%

Tinggalkan Balasan