Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 “Ayo, Menjadi Penemu”

Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 “Ayo, Menjadi Penemu”

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 dengan kajian tentang Ayo, Menjadi Penemu. Indonesia mempunyai sosok ilmuwan yang juga diakui sebagai penemu dunia, beliau dijuluki Mr. Crack karane temuannya itu. Siapakah beliau?

Prof. DR. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie adalah Presiden ketiga RI yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Beliau dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, tanggal 25 Juni 1936.

Habibie menyumbang berbagai penemuan dan sejumlah teori di bidang konstruksi pesawat terbang, seperti “Habibie Factor“, “Habibie Theorem” dan “Habibie Method“ yang dipakai oleh universitas di seluruh dunia. Ia dijuluki sebagai “Mr. Crack” karena menemukan rumus untuk menghitung cacat badan pesawat terbang.

Beliau juga menerima banyak penghargaan dan prestasinya diakui berbagai lembaga internasional seperti di Jerman, Inggris, Swedia, Prancis, dan Amerika Serikat serta menerima penghargaan yang hampir setara dengan Hadiah Nobel.

Rangkaian Lampu di Kelasku

Rangkaian listrik seri dan paralel banyak dipakai buat penerangan di berbagai tempat. Rangkaian seri sering kita lihat pada hiasan lampu saat 17-an, atau hiasan pada pohon-pohon besar di sepanjang jalan raya.

Pada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari, terutama di rumah, rangkaian listrik yang mengakomodasi arus energi buat penerangan adalah merupakan gabungan dari rangkaian listrik seri dan paralel. Rangkaian ini dikenal dengan nama rangkaian listrik campuran. Dengan demikian, kedua jenis rangkaian ini akan saling melengkapi satu sama lainnya.

Seperti halnya lampu di kelasku yang menggunakan rangkaian listrik campuran. Terdapat 3 buah sakelar dengan 4 buah lampu di kelas.

  • Saat sakelar 1 (S1) dinyalakan, maka yang menyala adalah hanya lampu 1 (L1).
  • Saat sakelar 2 (S2) dinyalakan, maka hanya lampu 2 (L2) yang menyala.
  • Saat sakelar 3 (S3) dinyalakan, maka lampu 3 (L3) dan 4 (L4) menyala.

Dengan kondisi tersebut, maka rangkaian seri pada lampu di kelas adalah L3 dan L4, sedangkan rangkaian paralel adalah L1, L2, dan L3-L4. Rangkaian paralel akan sangat membantu sekali penghematan biaya listrik. Karena kita tidak perlu menyalakan semua lampu saat cuaca tidak terlalu gelap. Kita hanya perlu untuk dapat menyalakan lampu sesuai kebutuhan.

Cara menghemat Energi Listrik

Berikut ini adalah beberapa contoh cara menghemat energi listrik yang bisa kita lakukan sehari-hari.

  1. Matikan peralatan listrik yang tidak digunakan. Contohnya antara lain sebagai berikut.
  2. Matikan lampu yang tidak digunakan.
  3. Menyalakan satu televisi dalam satu rumah.
  4. Mematikan radio yang tidak didengarkan.
  5. Mematikan kipas angin yang tidak digunakan.
  6. Menggunakan penerangan secukupnya. Jika cukup terang dengan satu lampu, gunakan satu lampu. Selain itu, tidurlah menggunakan lampu yang redup.
  7. Gunakan lampu hemat energi. Misalnya, mengganti lampu pijar dengan lampu neon. Atau saat ini telah banyak tersedia lampu LED. Lampu LED jauh lebih hemat energi.
  8. Jika di rumah menggunakan pompa air, gunakan seperlunya. Jangan terlalu sering menghidupkan pompa air. Isilah tandon air sampai penuh.
  9. Menggunakan peralatan listrik secara bergantian.
  10. 6. Tutup rapat pintu kulkas jika tidak diperlukan. Pintu kulkas yang sering dibuka akan boros energi.
  11. Jika di rumah terdapat AC, gunakan seperlunya. Matikan AC jika di ruangan tidak ada orang. Tutup rapat ventilasi udara selama AC menyala.
  12. Setrikalah pakaian dalam jumlah banyak sekaligus. Cara ini lebih hemat energi daripada menyetrika pakaian berulang-ulang.

 

Video Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 “Ayo, Menjadi Penemu”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 tentang Ayo, Menjadi Penemu di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 “Ayo, Menjadi Penemu”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 tentang Ayo, Menjadi Penemu di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5d8f4ac89a8195001aad423b/start

Demikianlah Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 tentang Ayo, Menjadi Penemu yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

%%footer%%