Artikel Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Artikel Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Artikel Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan Tubuh Kita – Sebagai manusia kita memerlukan tidur untuk memulihkan tenaga dan mengistirahatkan organ-organ tubuh. Kualitas tidur akan mempengaruhi performa dalam beraktivitas. Tidur cukup akan membuat tubuh lebih bugar, berat badan lebih ideal dan membuat hati lebih rileks.

Maka dari itu meskipun kita punya beragam perkerjaan, jangan sampai menyepelekan tidur, karena tubuh tidak bisa bekerja selama 24 Jam. Kebiasaan begadang dalam jangka panjang juga akan berdampak buruk untuk kesehatan.

Berikut ini adalah artikel manfaat tidur cukup bagi kesehatan tubuh kita yang bisa dijadikan referensi untuk menjalani hidup sehat dan menyenangkan.

Menguatkan jantung

Dengan tidur yang cukup, kita juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Jantung adalah organ vital yang perlu untuk diperhatikan. Tidur mampu mensirkulasi aliran darah menjadi normal sehingga meringankan fungsi jantung. Gangguan seperti sleep apnea juga bisa teratasi dengan tidur teratur setidaknya 7-8 Jam sehari.

Menurut Jurnal European Heart Journal, menyatakan bahwa orang yang jarang tidur lebih memiliki resiko 3 kali lebih besar terkena penyakit jantung daripada orang yang tidur teratur.

Membentuk badan ideal

Tidur juga bisa mengatasi masalah kegemukan berat badan. Ada hubungan antara kualitas tidur dan berat badan manusia. Ketika seseorang tidur dalam waktu cukup cenderung akan memiliki ukuran tubuh yang normal, sementara untuk orang yang susah tidur cenderung lebih mudah mengalami obesitas.

Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa salah satu faktor orang tidak dalam bentuk tubuh ideal adalah karena durasi tidur yang tidak cukup. Masalah ini sering menimpa anak-anak dari pada orang dewasa.

Kalori lebih terjaga

Orang yang tidurnya tidak cukup cenderung lebih mudah merasa lapar. Nafsu makan yang tinggi juga membuat konsumsi kalori menjadi tinggi. Dari kalori yang tidak terkontrol ini akhirnya timbul masalah kesehatan seperti obesitas, kencing manis dan diabetes.

Penelitian yang dimuat di “ Proceedings of the national of science America “ menyimpulkan adanya keterkaitan antara pola tidur dan hormon nafsu makan. Ketika tidur tidak optimal, hormon nafsu makan akan mengalami peningkatan produksi.

Menambah fokus dan produktivitas

Kaitan tidur dengan konsentrasi otak diuraikan dalam sebuah jurnal berjudul journal of child psychology and psychiatry. Jurnal itu berisi laporan tentang penelitian murid sekolah yang tidur dalam waktu cukup dan murid yang tidur dalam waktu tidak cukup. Hasilnya murid yang tidurnya cukup memiliki fokus dan konsentrasi lebih baik daripada murid yang kekurangan waktu tidur.

Tidur membantu merefresh pikiran agar terjaga fokus dan produktivitasnya.

Meningkatkan kecerdasan sosial dan emosional

Manfaat tidur cukup yang terakhir adalah meningkatkan kecerdasan sosial dan emosional. Orang yang memiliki gangguan tidur cenderung mengalami kesulitan dalam menangkap reaksi emosional orang lain. Ini diperkuat dengan hasil penelitian jurnal ilmiah di Journal Of Sleep Research. Salah satu artikel di jurnal ini menyatakan gangguan tidur yang tidak kunjung teratasi akan mengganggu kondisi emosional seseorang. Berkurangnya kemampuan simpati dan empati terhadap orang lain.

Demikianlah artikel manfaat tidur cukup bagi kesehatan tubuh kita yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kesehatan dengan tidur yang cukup (maglearning.id)

%%footer%%

Tinggalkan Balasan