IPA Kelas 4 Tema 4 Subtema 3 “Mengolah Sampah untuk Mengurangi Dampak Eksploitasi Hutan yang Berlebihan”

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 4 Tema 4 Subtema 3 dengan kajian Mengolah Sampah untuk Mengurangi Dampak Eksploitasi Hutan yang Berlebihan.

Bayak sekali sumber daya dari hutan yang diambil untuk kebutuhan manusia. Salah satu hutan di Indonesia yang sering diambil pohonnya adalah hutan di Kalimantan.

Dahulu hutan Kalimantan sangat lebat dan merupakan paru-paru dunia (penghasil oksigen). Akan tetapi, kini pohon-pohonnya semakin berkurang. Sering sekali karena kebakaran hutan.

Kebakaran hutan dapat terjadi jika ada yang membuka hutan dengan cara membakar hutan. Dampak pengambilan bahan alam secara sembarang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan. Beberapa contoh kerusakan lingkungan adalah sebagai berikut.

  1. Pembukaan lahan untuk pertanian dan pemukiman kadang-kadang dilakukan dengan cara membakar hutan. Kebakaran hutan dapat menyebabkan kabut asap yang mencemari udara. Asap dapat menyebar ke perkotaan bahkan sampai ke negara tetangga. Kebakaran hutan menyebabkan hewan-hewan dan tumbuhan hutan mati atau lari ke daerah pemukiman.
  2. Penebangan hutan secara sembarangan menyebabkan hutan gundul. Akar pohon yang berfungsi untuk menahan air hujan tidak ada lagi, maka dapat timbul erosi dan banjir. Hutan gundul mengakibatkan hewan-hewan di hutan kekurangan tempat hidupnya, hewan tidak dapat berkembang biak lagi sehingga dapat menyebabkan kepunahan berbagai jenis hewan.

Mengolah Sampah untuk Mengurangi Dampak Eksploitasi Hutan yang Berlebihan

Mengolah sampah dengan baik akan membantu mengurangi dampak eksploitasi hutan yang berlebihan, sebab akan mengurangi sumber daya yang diambil dari hutan terutama kayu. Misalnya mengurangi penggunaan kertas yang bahan bakunya adalah kayu.

Mengolah sampah bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Silakan simak baik-baik ya…

Cara yang pertama, kita bisa mengurangi pemakaiannya. Istilah ini dikenal dengan nama reduce (mengurangi). Sebisa mungkin kita kurangi penggunaan kemasan barang. Semakin banyak kita menggunakan kemasan barang, semakin banyak sampah yang dihasilkan.

Cara yang kedua, kita bisa memakai kembali. Istilah ini dikenal dengan reuse (memakai kembali). Sebisa mungkin pilihlah barang-barang yang bisa dipakai kembali. Hindari pemakaian barang-barang yang disposable (sekali pakai). Hal itu dapat memperpanjang waktu pemakaian barang sebelum ia menjadi sampah.

Cara yang ketiga, kita bisa mendaur ulang. Istilah ini dikenal dengan recycle (mendaur ulang). Sebisa mungkin, barang-barang yang sudah tidak berguna lagi, bisa didaur ulang. Tidak semua barang bisa didaur ulang, namun saat ini sudah banyak industri yang memanfaatkan sampah menjadi barang lain.

Cara yang keempat, kita bisa mengganti ulang. Istilah ini dikenal dengan replace (mengganti). Teliti barang yang kita pakai sehari-hari. Gantilah barang-barang yang hanya bisa dipakai sekali dengan barang yang lebih tahan lama. Telitilah agar kita hanya memakai barang-barang yang lebih ramah lingkungan, misalnya ganti kantong keresek kita dengan keranjang bila berbelanja.

Video Materi IPA Kelas 4 Tema 4 Subtema 3 “Mengolah Sampah untuk Mengurangi Dampak Eksploitasi Hutan yang Berlebihan”

Dampak Eksploitasi Hutan yang Berlebihan

Cara Pengolahan Sampah Kelas 4 Tema 4 Subtema 3 Muatan IPA

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 4 Tema 4 Subtema 3 tentang Mengolah Sampah untuk Mengurangi Dampak Eksploitasi Hutan yang Berlebihan di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal “Mengolah Sampah untuk Mengurangi Dampak Eksploitasi Hutan yang Berlebihan”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 4 Tema 4 Subtema 3 tentang Mengolah Sampah untuk Mengurangi Dampak Eksploitasi Hutan yang Berlebihan di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5fa3733d52b047001bba43d9/start

Bila Ingin membaca Buku Temanya silakan baca di sini:

E-Book Tema 4 Kelas 4

Download PDF buku tema 4 silakan klik DI SINI.

Demikianlah Materi IPA Kelas 4 Tema 4 Subtema 3 “Mengolah Sampah untuk Mengurangi Dampak Eksploitasi Hutan yang Berlebihan” yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

%%footer%%

One comment

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan