Cara Mengirim Pesan Yang Baik dan Sopan Pada Dosen

Cara Mengirim Pesan Yang Baik dan Sopan Pada Dosen

Cara Mengirim Pesan Yang Baik dan Sopan Pada DosenEtika dalam berkomunikasi itu penting termasuk saat berkirim pesan pada dosen. Biasanya mahasiswa itu sering menanyakan tugas atau berkonsultasi akademik pada dosen. Tapi tetap harus pakai etika lho, menggunakan kata-kata yang sopan, mengirimkan pesan diwaktu jam kerja dan yang lainnya.

Dengan berpegang pada prinsip etika berkomunikasi, kita sudah menghormati lawan bicara dan tentu meminimalisir terjadinya mis komunikasi antara mahasiswa dan dosen. Secara teori, sebenarnya komunikasi mahasiswa dengan dosen masuk pada kategori komunikasi interpersonal.

Lalu seperti apa sih, cara mengirim pesan yang baik dan sopan pada dosen ? Silakan simak artikel ulasan singkatnya di bawah ini:

Perkenalkan dirimu

Ya, setiap kamu mengirim pesan sebaiknya kamu memperkenalkan diri terlebih dahulu. Dosen tentu punya banyak mahasiswa, jumlahnya bisa ribuan. Tentu saja dosen tidak akan hafal seluruh mahasiswanya, apalagi sampai menyimpan nomor teleponnya semua, bisa ngehang tuh hp Dosen kita.

Itulah sebabnya kamu harus memperkenalkan diri waktu kali pertama mengirim pesan. Bila sudah beberapa waktu tidak mengirim pesan, kamu juga perlu mengulangi perkenalan diri lagi, sebab bisa jadi pesan yang lama sudah terhapus.

Perkenalan diri juga tidak perlu lebay, cukup nama lengkap dan kelas atau angkatan. Bila dosen kamu adalah dosen yang super sibuk dan mengajar di berbagai kampus, maka perlu juga untuk menambahkan informasi dari kampus mana kamu berasal.

Perhatikan waktu mengirim pesan

Hindari mengirimkan pesan di luar waktu kerja, karena akan menganggu dosen. Mereka juga manusia yang tentunya punya aktivitas lain selain mengajar. Kirimlah pesan di jam kerja, sekitar jam 07.00 – 16.00, agar dosen juga lebih fokus merespons pesan kita.

Waktu terbaik cara mengirim pesan yang baik dan sopan pada dosen adalah sekitar jam 07.00 sampai jam 10.00 karena biasanya para dosen masih fresh tenaga dan pikirannya.

Selalu awali dengan salam

Apapun keperluan kita kepada dosen selalu awali pesan dengan salam. Assalamualaikum, Selamat pagi dan sebagainya. Ini akan memberikan kesan positif kepada dosen, karena kita bersikap sopan. Hindari menggunakan singkatan-singkatan seperti : P, PING !!! dan sejenisnya.

Kadang kebiasaan berkomunikasi dengan teman ini terbawa saat mengirim pesan ke dosen. Ini tentu hal yang tidak baik untuk dilakukan. Segera minta maaf bila kamu salah ketik atau salah kirim.

Ceritakan keperluan kita menghubungi dosen

Hubungi dosen jika kita memang butuh, mau berkonsultasi, mau revisi tugas atau urgensi penting lainnya. Setelah mengucapkan salam, langsung saja ceritakan keperluan kita. Hindari spam yang bisa menganggu dosen. Pakailah bahasa yang sopan, tidak menyinggung, tunjukkan bahwa kita adalah mahasiswa beradab.

Jangan Spam

Misal Dosen belum menjawab pesan, sabar tunggu sampai beliau menjawab. Jangan spam chat karena dosen juga memiliki kesibukan lain. Karena banyak kasus, mahasiswa spam chat karena pesannya tidak balas.

Apabila kita memang butuh banget jawaban dosen, cukup kirim pesan sekali lagi. Mungkin pesan sebelumnya, belum diterima atau masalah teknis lainnya.

Jangan Memberi Kesan Perintah

Jangan sekali-sekali memberi pesan yang sifatnya memerintah. Misalnya, “kami tunggu jawabannya ya Pak/Bu”, atau “mohon dibalas”. Kata-kata itu dan semacamnya tidak perlu kamu tuliskan, dosen akan membalas ketika dia sudah waktunya membalas pesan kamu.

Kamu harus sabar menunggu, namun jika sudah kelewat dari 24 jam, kamu bisa mengirim pesan ulang.

Akhiri dengan Terimakasih dan Salam

Jika dosen sudah menjawab pertanyaan, dan kita sudah puas dengan jawabannya, ucapkan Terimakasih dan salam. Walau sepele, adab-adab dalam berkirim pesan ini memang harus diperhatikan. Etika membuat kita dinilai positif oleh orang lain, kita akan dihargai juga. Apalagi dengan dosen, orang yang membimbing kita saat berkuliah.

Demikianlah bahasan kami tentang cara mengirim pesan yang baik dan sopan pada dosen. Semoga bermanfaat, dan sukses selalu (maglearning.id).

%%footer%%

Tinggalkan Balasan